Siluman Kerbau Sun Go Kong








Selincam Radiks Usul dan Kisah Qi Tian Da Sheng 齊天大聖 (Sun Go Kong)


Qi Tian Da Sheng 齊天大聖( Ce Thian Tay Seng – Hokkian ) secara umum di sebut Da Sheng Ye 大聖爷( Tay Seng Ya – Hokkian), atau Hou Qi Tian 高齊天( Khauw Ce Thian – Hokkian). Hari lahimya pada rontok 12 bulan 10 Imlik. Sira adalah Dewa Pelindung Anak – anak terutama menginjak umur 3 setakat 7 periode, sebab pada hayat tersebut momongan medium nakal-nakalnya.


Hari perkembangan ini disebut “Hari Kenakalan Kera” ( sebutan ini naik daun di Taiwan dan Propinsi Fujian ). Denganperlindungan Da Sheng Ye 大聖爷, anak – anak asuh akan selamat menerobos masa ini. Kalau ada anak-momongan dalam hidup tersebut yang terkejut lalu roboh gempa bumi, nafsu makan lain ada, cucu adam tuanya segera peri ke altar pemujaan Da Sheng Ye 大聖爷 bakal memohon kesembuhannya. Bisa jadi sesungguhnya Qi Tian Da Sheng atau Da Sheng Ye ini? Dia enggak tak dan tak tak yakni Si Tuanku Cengkok yang berisi Sun Wu Kong 孫悟空( Sun Gouw Kong – Hokkian ), tokoh utama dalam novel Xi You Ji 西遊記 maupun Perjalanan Ke Barat.


Sebagai halnya telah kita singgung sedikit, novel Xi You Ji ( Si Yu Gerbang – Hokkian ) merupakan sebuah Adikarya Sastra pada masa permula dinasti Ming nan ditulis oleh Wu Cheng En 吳承恩( 1500 – 1582 ). Sungguhpun garis besarnya novel ini dibuat bersendikan kejadian bersejarah yang menceritakan pengelanaan Pater Xuan Zang 玄奘 ke India bikin mencekit Kitab Tripitaka pada jaman dinasti Tang 唐朝(abad 7 M), cuma dapat dikatakan seluruhannya isi buku, mengalir – putar pada satu pelopor ini sekadar, yaitu si Cengkok Sakti Sun Wu Kong 孫悟空.




Dikisahkan privat siasat ini, bahwa Sun Wu Kong semula lahir berbunga sebuah batu ki akbar di ancala Hua Guo Shan 花果山. Kelahirannya menimbulkan panah terang nan menyembur sampai ke kahyangan, Yu Huang Shang Di 玉皇上帝 lalu memerintahkan Qian Li Yan 千里眼( Si Mata Sewu Li ) dan Kecupan Feng Er 顺风耳 ( Sang Telinga Kilangangin kincir Baik ) untuk menyelidiki segala apa yang teijadi. Tapi ketika diketahuinya semarak itu bermula semenjak seekor kera, beliau merasa plong.


Sang kera batu, karena keberaniannya kemudian diangkat menjadi raja oleh segerombolan ketek – ketek, dengan gelar Mei Hou Wang 美猴王( Bi Kaow On – Hokkian) atau Prabu Monyet yang baik. Karena melihat rakyatnya mulai banyak yang sakit dan mati, sang Syah Kera
mencatat bahwa dirinya pun takkan lepas berpunca hukum umbul-umbul. Tapi tidak cak hendak semacam itu saja menyerah sreg kodratnya. Ia pergi mencari obat abadi dan hobatan bersih bagi mendapatkan umur tingkatan. Internal berkelana sepanjang 18 tahun itu, dia sebatas dipegunungan Zhong Nan Shan 终南 山 dan berguru pada seorang Pendeta Taois. Di situ ia memperoleh berbagai ilmu kanuragan dan ilmu berubah bentuk menjadi 72 rupa. Kemudian ia pula mempelajari hobatan lompatan awan. Dengan sekali loncat jungkir balik, ia dapat nempuh jarak 9000 km. Gurunya memberi etiket Sun Wu Kong 孫悟空( Kecupan Go Kong – Hokkian ) nan berharga “Menyadari Kekosongan”.


Dengan kesaktiannya ini, beliau kembali kekerajaannya di Hua Guo Shan 花果山 dan memimpin rakyatnya untuk memberontak terhadap kekuasaan para betara di kahyangan. Lakukan memperoleh senjata sira mengobrak -abrik lautan timur dan memaksa Raja Naga 东海龙王menyerahkan besi ajaib 如意金箍棒 yang bisa berubah besar kecilnya menurut kehendak sang pemakai. Akhirat dilabraknya pun karena mencoba memanggil arwahnya yang menurut tulisan mutakadim sebatas waktunya untuk mati. Sejak itu label Ciuman Wu Kong sangat disegani oleh para siluman di kawasan itu. Ada bilang Pangeran Siluman yang jumlahnya 72 turunan tunduk dan relamengangkatnya sebagai kepala perserikatan.


Karena gagap akan kekacauan yang ditimbulkannya, Yu Huang Da Di 玉皇上帝 kemudian memanggilnya lakukan menduduki jabatan di kahyangan. Tapi karena pada dasarnya para betara memandang rendah Sun Wu Kong, karena hanya seekor kera, maka beliau diberi takhta nan sangat adv minim pula, merupakan mengurus kandang aswa kahyangan. Mengetahui keadaan itu, Sun Wu Kong adv amat minggat pula ke gunung. Para rekan – rekan siluman mengangkatnya menjadi “Qi Tian Da Sheng” 齊天大聖yang berfaedah “Orang bijak yang proporsional dengan langit “. Panji – panji besar bertuliskan empat huruf ditegakkan Para betara sangat murka dan mengapalkan angkatan bala kahyangan untukmenghukumnya. Angkatan tentara langit nan dipimpin maka itu Li Tian Wang 李天王 dan putranya Li Ne Zha李哪咤 itu dipukul Tai Bai Jin Xing 太白星君( Tay Pek Kim Sing – Hokkian ) Sang Dewa Bintang Emas, sekali lagi Yu Huang memanggilnya ke langit dan memberkati gelar Qi TianDa Sheng 齊天大聖 seperti yang dikehendakinya.


Sebuah istana dibangun untuknya. Tetapi dasar wataknya usil dan nakal, maka beliau mencuri biji pelir persik Xi Wang Mu 西王母 dan menghabiskan makanan – rahim yang disediakan bakal pesta para dewa itu. Apartemen Tai Snang Lao Jun 太上老君( Thai Siang Lao Kun – Hokkian ) pun tak luput berpunca kenakalannya. Semua pembeli – pembeli ajaib cak bagi semangat abadi milik sang dewa dilahapnya. Para batara sangat murka. Sekali lagi para legiun legiun langit dikerahkan secara besar-besaran cak bagi menyirat Ciuman Wu Kong. Ardi Hua Guo Shan 花果山 dikepung bersebelahan – bersampingan, pertempuran besar – kuantitas teijadi antara balatentara kera dan terselubung melawan tentara langit. Tetap cuma mereka tak berbuah menundukkan Kecupan Wu Kong. Seorang perwira khayangan yang mandraguna dipanggil kerjakan menangkap Raja ketek .




Perwira tersebut ialah Er Lang Shen 二郎 神, yang bermata tiga dan dapat berubah
wujud menjadi 73 rupa. Dia doang mengungguli Ciuman Wu Kong sedikit, semata-mata anda tetap gagal menjinakkan bahkan menangkapnya. Akhirnya Tai Shang Lao Jun 太上老君 menenggelamkan bilang-bilang pusaka Panca Logam dan akan halnya kepala Kera Sakti. Dia tercatak dan bertelur di tawan. Di panggung pelaksanaan siksa dicoba dengan semua senjata pusaka,bahkan halilintar ternyata tidak mempan terhadap tubuhnya,para batara kehabisan akal. Atas usul Tai Shang Lao Jun, si Monyet Kebal direbus kerumahtanggaan bejana tempat ia biasa mengolah penawar jenjang semangat. 49 musim si monyet terbenam di telaga. Tapi bukannya iabinasa, ketika tutup bejana dibuka, sira meloncat keluar dan dengan kekuatannya yang luar biasa mengobrak – abrik kahyangan, sonder bisa dikendalikan lagi.


Di detik para dewa terbang arwah itulah datang Ru Lai Fo 如耒佛( Ji Lay Hud – Hokkian ). Ru Lai berhasil menangkap Sun Wu Kong dan mengurungnya di bawah gunung Lima Elemen 五行山.



Itulah penggalan atas cerita Xi You Ji 西遊記 yang menceritakan dasar – usul Qi Tian Da Sheng 齊天大聖 sampai dia di taklukkan oleh si Tatagatha alias Ru Lai.


Sumber: Buku Dewa Dewi Kelenteng kejadian 161 – 164 .

Source: http://www.kisahparadewa.com/2016/11/sekilas-asal-usul-dan-kisah-qi-tian-da.html

Posted by: and-make.com