Polisi Bisa Melacak Nomor Hp

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSEL – Semakin banyaknya kegiatan orang, yang menunggangi akun jejaring sosial, kini dimanfaatkan kreator aplikasi telepon seluler (ponsel) dan detektif swasta bikin melacak keberadaan mereka melangkaui obrolan dan foto ‘daring’ (intern jaringan).

Lega Maret, perusahaan teknologi komputer jinjing Apple mengetem mengunduh aplikasi ‘penguntit’ pada ponsel, yang dapat memberitahukan kepada para pria di mana kabilah wanita ‘mengetem’ di sekitar mereka, namun dengan menggunakan informasi dari akun jejaring sosial.

Doang permohonan lain yang tersaji boleh mengerjakan peristiwa setimpal dan bahkan kian, prolog peneliti daring yang menunggangi petisi itu.

Ketika seseorang berkicau di akun mikroblog Twitter atau mengunggah foto di situs web daring Flickr dengan menggunakan ponsel, data lokasi geografis, maupun ‘geolocation’, tempat mereka menggunggah itu sekali-kali boleh ditemukan bersembunyi di dasar kicauan maupun foto yang diunggah.

Hal itu boleh digunakan kerjakan melacak keberadaan tempatan mereka, tercatat kondominium maupun sekolah. “Kadang-kadang sangat mudah bagi menemukan rumah asal omelan tersebut diunggah,” kata Neil Smith, keluaran polisi yang beralih menjadi peneliti daring di Inggris.

Penelitian geolocation yaitu area penelitian yang berkembang pesat seiring dengan munculnya perlengkapan panjang hati lintas platform secara independen. Keseleo satu aplikasi favorit Smith dikembangkan maka itu ahli mesin teknologi laporan berusia 27 tahun bawah Yunani, Ioannis Kakavas, yang menamainya Creepy.

Aplikasi gratis itu mengusut kedatangan data lokasi geografis nan melekat pada kicauan dan gambar seseorang di Twitter, untuk mencari luang wadah kerja seseorang, pengenalan Smith. Dia bersedia dan menerima menggunakan aplikasi Creepy tersebut kerjakan melacak kehadiran pelaku penipuan asuransi terhadap klien perusahaan.

Petugas kepolisian di Vancouver, Kanada serta di Arizona dan Coloradi, Amerika Serikat pula mengatakan bahwa mereka sudah lalu memperalat aplikasi Creepy dalam tugas riset. Jajaran situs jejaring sosial, begitu juga Twitter, Foursquare, Twitpic, Flickr, YFrog, Gowalla, dan Lockerz menyediakan akomodasi data lokasi geografis, pengenalan Kakavas.

Pelacakan Sonder Disadari

Beberapa situs jejaring sosial tersebut memungkinkan para konsumen lakukan bukan mengaktifkan data lokasi geografis, tapi situs seperti Foursquare dan Gowalla dulu bergantung pada akomodasi itu.

Para konsumen Twitter dapat melembarkan kerjakan mengaktifkannya saat mereka bergabung ke akun mikroblog itu, dan Facebook mengatakan data lokasi foto yang diunggah memang ditanggalkan.

Smith, yang menanggung hijau-yunior ini disewa beberapa kuli tinta untuk kondusif menggunakan data lokasi geografis privat pengkajian mereka, mengatakan bahwa pekerjaannya bertujuan membantu proses syariat dan luhur.

Bagi kebanyakan orang tua, aplikasi ponsel yang memperalat kemudahan data lokasi geografis juga dapat menjadi sumber terpercaya bagi mengerti keberadaan anak-anak mereka, begitu juga aplikasi FamilyTracker dan Life360.

Tapi Smith dan petugas mata-alat penglihatan profesional tidak menyepakati bahwa banyak orang yang tak mengingat-ingat akomodasi data lokasi geografis dapat mengungkap lokasi keberadaan mereka tanpa mereka sadari.

“Sejumlah taruna putri memotret diri mereka seorang minus mengenakan busana dan mengirimnya ke inai mereka,” kata Chris Hadnagy, tukang keamanan dan tuan social-engineer.com, situs layanan yang dapat menunjukkan peluang perusahaan rentan terhadap peretasan.

“Gambar-gambar tersebut dapat memuat data lokasi tempat foto itu diambil. Qanun di Amerika Kongsi (AS) dan Mbak Eropa (UE) telah memberlakukan pendirian baru untuk mereservasi sendi pribadi seseorang intern mengerjakan kegiatan daring. Namun fasilitas data lokasi geografis lega situs jejaring sosial mempermudah turunan mengarifi privasi orang enggak tanpa melanggar hukum,” tuturnya.

“Kami memiliki laporan lokasi geografis yang secara sadar dan sengaja digunakan orang bikin dipublikasikan,” perkenalan awal Kakavas menambahkan.

Kakavas juga mengatakan bahwa dia melebarkan tuntutan Creepy bikin menunjukkan kepada orang-sosok betapa mudahnya para pengintai menginvestigasi kehidupan pribadi mereka. Namun Smith memperingatkan, “Jika kalian tidak peduli terhadap keamanan pribadi per, maka jangan tergegau jika petisi semacam Creepy dapat mengorek informasi pribadi kalian.”

Pembuat peraturan di AS dan UE sepakat bahwa pemukim yang menggunakan internet harus punya pilihan lakukan menghentikan situs web mengumpulkan data pribadi mereka dan menjadikannya bahan iklan.

Buat menyempurnakan permintaan perusahaan periklanan tersebut, para penerbit web dan juru privasi telah mengerjakan pertemuan di bawah pataka Konsorsium Web di Seluruh Dunia (World Wide Web Consortium ataupun W3C), lakukan batik versi terbaru ‘Jangan Lacak’ (Do Not Track) pada penguberan daring (browser).

Para pengguna ponsel dapat memasang radas tersebut di pencarian daring ponsel mereka buat menghentikan perusahaan pemasaran daring mengumpulkan data riwayat situs web. Tapi data lokasi geografis lebih jarang untuk ditangani.

“Karena ketika seseorang bakir di suatu tempat yang berpengaruh terhadap situasi hukumnya, maka kami tidak dapat menghalangi semua data lokasi geografis,” kata Aleecia McDonald berasal perusahaan peramban web lintas platform Mozilla Firefox, salah satu anggota W3C.

“Namun kami semupakat jika lokasi geografis yang sangat akurat, nan membuat kesal sekira lusinan rumah tinggi, tidak sesuai dengan semangat ketentuan ‘Jangan Lacak’,” ujar Aleecia McDonald.

sumber : Antara/Reuters

Source: https://www.republika.co.id/berita/m3qw0i/awas-polisi-internet-bisa-lacak-keberadaan-anda-via-jejaring-sosial

Posted by: and-make.com