Media Pembelajaran Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya












A.
Analisis Kurikulum



Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Tingkat Rincih Pendidikan (KTSP) 2006. Standar kompetensi dan kompetensi dasar nan diacu.



a.



Barometer Kompetensi


Menggolongkan sato, berdasarkan jenis makanannya



b.



Kompetensi Dasar


Mengidentifikasi tipe makanan dabat



c.



Parameter


Membuat rancangan balok dan membuat gambar hewan serta macam makanannya


B.
Kajian Konsep Materi



1.



Ringkasan Materi


Penjenisan hewan menurut spesies makanannya, makanan hewan-dabat ada yang berasal dari tumbuhan dan cak semau yang berasal dari sato. Makanan yang bersal dari pokok kayu, diantaranya rumput, biji zakar-buahan dan biji-bijian. Adapun lambung yang berasal dari fauna, diantaranya daging. Berdasarkan tipe makanannya binatang-hewan dapat dikelompokan kedalam beberapa golongan. Penggolongan tersebut antara lain,
herbivora
(pemakan tumbuhan),
karnivora
(pemangsa daging), dan
omnivore
(pemakan tanaman dan daging).



a.



Hewan Herbivora


Hewan yang memakan tumbuhan disebut herbivora. Herbivora adalah hewan yang memakan tumbuhan tidak gado daging. Tumbuhan tersebut boleh nyata patera, batang, bini, juga umbi-umbian. Contoh hewan pemakan suket dan dedaunan misalnya aswa, sapi, kambing, panda, dll. Acuan hewan predator biji adalah zakar pipit, merpati, titit basilika. Lalu pemakan buah-buahan adalah kalam beo, dan jalak. Butuh mempunyai bentuk perdua yang sesuai dengan jenis makanannya. Paradigma hewan yang pemakan pangkal pohon-imbian ialah kelinci.


Satwa-hewan yang terdaftar herbivore umumnya memiliki gigi cahaya dan gigi baham. Transmisi sinar berguna untuk merancak makanan sebelum dikunyah. Gigi geraham dengan meres yang luas digunakan bagi gayem rezeki sampai subtil.



b.



Hewan Karnivora


Hewan nan memakan hewan tidak disebut karnivora. Karnivora adalah hewan yang makanannya lazimnya
konkret daging, baik yang dimakan vitalitas-usia ataupun berasal dari daging hewan yang mutakadim senyap. Kata karnivora semenjak dari bahasa latin
came
yang berharga daging dan
vorare
nan signifikan “meratah”. Hewan yang tercatat karnivora yakni meong, anjing, harimau, maung buaya, dll. Jenis kontol yang tertera karnivora yaitu burung elang dan zakar hantu yang n kepunyaan cakar juga kuku yang tajam dan kuat.


Ciri satwa yang termuat karnivora mempunyi indera pandangan, penciuman, dan pendengaran yang baik. Hewan karnivora dapat n kepunyaan racun (dapat) dan gigi taring yang awet seperti ular belang. Hewan karnivora memiliki transmisi gading dan persneling geraham yang drastis. Gigi gerahmnya nan tajam berguna lakukan mengunyah daging dan tulang.



c.



Satwa Omnivora


Satwa pemakan segala adalah hewan predator pokok kayu dan daging atau hewan yang meratah segalanya. Hewan omnivor tidak memiliki ciri khusus nan menunjang untuk jenis makanannya. Paradigma dabat omnivora adalah tikus, babi, belibis, iwak, ayam aduan, dll.




Hewan-hewan pemakan segala dapat memakan tumbuhan dan fauna, karena hewan omnivor punya organ pencernaan yang dapat digunakan lakukan gado makanan yang berusul semenjak pohon dan hewan.



2.



Politik Pelajaran yang sesuai dengan materi


Strategi latihan yang sesuai dengan materi pengelompokan binatang berlandaskan keberagaman makanannya yaitu:



a.



Ceramah


Master mengklarifikasi tentang fauna dan jenis-tipe makanannya, sehingga siswa dapat memahami dengan benar bagaimanan cara mengelompokan dabat berdasarkan jenis makanannya. Guru dibantu menjelaksan menggunakan ki alat rajah dan video hewan serta jenis makanannya.



b.



Demontrasi


Guru menerimakan contoh mandu mengelompokan binatang berdasarkan jenis makanannya, sehingga murid boleh membedakan antara hewan pemakan pokok kayu, hewan pemakan daging, dan hewan pemakan pohon.



c.



Tugas


Guru mengajak pesuluh untuk stady tour ke huma binatang kemudian guru memberikan tugas kepada siswa untuk menuliskan binatang-fauna yang ada di kebun fauna lalu dikelompokan berlandaskan macam makanannya.


3.
Desain Wahana Sederhana


Media ini digunakan bagi mengklarifikasi kepada siswa tentang kandungan hewan yang di kenal di lingkungannya dan dapat menggolongkan fauna di lingkungan sekitarnya bersendikan jenis makananya.


Media nan sesuai dengan materi kategorisasi hewan beralaskan spesies makanannya yaitu jenis media nan terlambat yaitu jenis wahana yang berbentuk nyata yang bisa sederum dilihat bertepatan digunakan makanya peserta. Jenis kendaraan ini pun sesuai dengan garis haluan pembelajaran pada materi ini. Merek dari jenis media ini adalah alat angkut “balok hewan” yang berati sebuah triplek berbentuk balok yang berisi buram fauna satwa beralaskan variasi makanannya. Dengan seperti itu, siswa boleh mudah memahami materi yang diberikan dan kendaraan tersebut juga menyeret sehingga boleh menciptakan menjadikan pesuluh memiliki arwah yang sepan besar dalam belajar pada materi ini. Gurupun bisa memberikan tugas kerubungan untuk membuat media tertinggal ini karena ki alat ini cukup mudah dan memadai melatih kecekatan peserta.


 bagi membuat media ini saya menyiapkan beberapa alat dan alamat pembuatan ialah sebagai berikut :



a.



Alat dan Bahan Pembuatan Kendaraan


Alat:



·



Gunting



·



Penggaris



·



Paku



·



Triplek



·


kayu


Bahan:



·



Kertas bergambar satwa


Cara Pembuatan:



1.



Pertama kita takhlik menyatukan triplek sehingga membentuk boks



2.



Sreg satu triplek kita buat lubang berbentuk persegi 3 buah



3.



Lalu satukan kembali kepada kotak tersebut



4.



Kita ambil triplek pula potong menjadi 3 untuk membuat sebuah persegi hanya enggak persegi sempurna karena cak semau satu putaran yang akan kita satukan dengan viber transparan agar kelihatan balok yang akan kita buat belakang hari



5.



Buatlah persegi itu menjadi 3 buah



6.



Dan terakhir buatlah balok kecil atau berdiameter bertambah katai dari persegi yang tadi kita buat agar balok tersebut dapar ikut ke privat persegi itu.



7.



Tempelkan balok itu dengan kertas begambar satwa.



b.



Sketsa Media


 pendirian eksploitasi wahana merupakan masukan





penggolongan hewan berdasarkan keberagaman makanannya kedalam kotak yang sesuai dengan nama penggolongannya.





Source: https://chikashania.blogspot.com/2018/01/media-penggolongan-hewan-berdasarkan.html

Posted by: and-make.com