Margin Kanan Kiri Atas Bawah

Chris John
Yohannes Christian John.jpg
Perangkaan
Nama tahir Yohannes Christian John
Nama panggilan The Dragon
Dinilai pada 57 kg
Tinggi 169 cm
Nasional
Indonesia

Indonesia
Lahir 14 September 1979
(hidup 43)


Banjarnegara, Indonesia
(Tinggal di Semarang)
Sikap Orthodox
Gubahan genggaman
Total pertentangan 52
Menjuarai 48
Menang maka itu KO 22
Kalah 1
Imbang 3

Yohannes Christian John, atau lebih dikenal bak
Chris John
(lahir 14 September 1979) merupakan koteng bokser Indonesia. Chris John mencatatkan rekor sebagai juara dunia kelas bulu pertama nan berasal dari Indonesia, mencatatkan rekor seumpama petinju kedua terlama nan menjadi kampiun dunia kelas bulu sepanjang masa, serta menyenaraikan rekor umpama peringkat kedua dalam daftar petinju yang minimum cangap mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu sepanjang perian. Ia termaktub sebagai petinju Indonesia kelima yang berhasil meraih gelar juara mayapada, selepas Ellyas Pical, Nico Thomas, Ajib Albarado dan Suwito Lagola.

Masa kecil

[sunting
|
sunting perigi]

Chris John merupakan putra kedua dari empat berkeluarga dari rival Johan Tjahjadi (ataupun Tjia Foek Sem) dan Maria Warsini. Johan Tjahjadi nan alumnus petinju amatir, membudayakan dunia kepalan tangan pada Chris John dan adiknya Adrian sejak mereka berumur 5 musim. Selepas bertanding internal beberapa kejuaraan amatir di Banjarnegara, Chris John kemudian direkrut oleh pelatih kepalan tangan kenamaan, Sutan Rambing, di Semarang. Sejak kecil, Chris John pun berlatih olahraga beladiri Wushu.

Sediakala karier

[sunting
|
sunting sumber]

Chris John pertama kali muncul ke dunia awam melalui programa tinju di televisi nasional yaitu RCTI. Di programa ini Chris John berhasil menjadi kampiun di ring nan disiarkan secara live di RCTI setiap pukul 22:00 malam. Gaya berlaga wushu masih mempengaruhi gaya tinju Chris John begitu juga pendirian menangkis menggunakan siku tangan.

Chris John kemudian terjun ke dunia tinju profesional pada waktu 1998 kerumahtanggaan debut melawan Firman Kanda. Detik itu Chris John menang angka dalam kejuaraan 6 ronde. Namanya kemudian melesat bagai meteor ketika kamu berhasil mengkanvaskan petinju idola detik itu, Muhammad Alfaridzi, dalam pertandingan menegangkan sepanjang 12 ronde. Chris John sempat terkena knockdown dua kali di ronde pertama, cuma dia berhasil membalikkan hal dengan menampar KO Alfaridzi sreg ronde ke-12, serta merta merebut gelar juara nasional papan bawah surai. Menurut pengakuan Chris John, kondisinya sangat buruk ketika itu, dan dia mengalami benturan kepala karena vertigo.

Setelah beberapa kali bertanding dalam penguasaan gelar nasional, Chris John berhasil menundukkan rekan senegaranya Soleh Sundava pada tahun 2001 bakal merebut gelar PABA papan bawah bulu.

Pertandingan marcapada

[sunting
|
sunting perigi]

Meraih gelar juara papan bawah bulu WBA

[sunting
|
sunting sumber]

Kesempatan emas untuk Chris John dan bangsa Indonesia tiba saat Chris John berpeluang menantang Oscar Leon pecah Kolombia pada 26 September 2003 di Bali. Chris John unggul angka tipis (split decision) kerumahtanggaan pertandingan 12 ronde tersebut, dan dinyatakan berkuasa menyandang gelar juara dunia WBA tentatif (interim title).

Bukan lama, WBA “menghibahkan” gelar kampiun definitif (tidak kembali gelar interim) kepada Chris John, saat sang juara bersiteguh Derrick Gainer dari Amerika Serikat kalah angka dari Juan Manuel Marquez (Meksiko, juara IBF). Saat itu, sesuai kanun badan tinju WBA, Marquez dinyatakan umpama juara super (super champion) WBA karena berhasil menyatukan dua gelar WBA dan IBF, dan Chris John sebagai juara reguler.


Menang menimbangi Osamu Sato di Tokyo, Jepang

[sunting
|
sunting sumber]

Walaupun demikian, gelar WBA definitif tersebut hanya dipandang sebelah mata oleh pers Indonesia, dan Chris John dianggap sebagai juara di atas kertas belaka. Saja semua pandangan miring itu terhapus saat dengan perkasa Chris John mengecundang lawannya Osamu Fauna (Jepang) di Ariake Colliseum, Tokyo, Jepang, plong 4 Juni 2004. Chris John menang poin mutlak atas lawannya yang didukung oleh suporter tuan apartemen. Dengan kejayaan itu, selain berkat syahadat di Indonesia, Chris John juga menjadi sangat populer di Jepang. Saat jebluk mulai sejak tangga pesawat, seluruh penerbang dan awak pesawat Garuda Indonesia memberi hormat ala militer kepada Chris John dan tim.

Seri menyaingi Jose Cheo Rojas yang pertama

[sunting
|
sunting sumber]

Pada 3 Desember 2004, Chris John berbuntut mempertahankan gelar menjajari petinju kiri Jose Cheo Rojas (Venezuela) di Tenggarong, Kutai Kartanegara melalui penangkisan berdarah akibat tumbukan kepala pada ronde 4. Balasan itu dihentikan makanya wasit dan dinyatakan karenanya kilat atau
technical draw
dan Chris John tetap juara. “Peraturan dari WBA sebelum memintasi empat ronde terjadi
accident
tumbukan pengarah. Dengan demikian, pertandingan ini dinyatakan dengan
technical draw
dan Chris John teguh jago”.

Sayang, setelah pertandingan ini, Chris John terpaksa harus memutuskan carter dengan pelatih Sutan Rambing karena ketidaksepakatan komplikasi pembagian hasil pertandingan. Selanjutnya, Chris John dilatih oleh Craig Christian semenjak Harry’s Gym, Perth Australia. Berbulan-bulan pertikaian Chris John dan Sutan Rambing terus berlanjut dan semakin memanas serta sempat berlanjut ke perbicaraan, semata-mata akhirnya masalah ini boleh diselesaikan secara kekeluargaan.

Berjaya melawan Derrick Gainer

[sunting
|
sunting sumber]

Chris John vs. Derrick Gainer, persiapan berfaedah Chris John ke pentas marcapada

Pada tanggal 22 April 2005, Chris John teristiadat meladeni sang mantan jawara inferior bulu WBA, Derrick Gainer pecah Amerika Serikat, yang sangat berambisi merampas kembali gelarnya yang hilang, setelah sreg periode 2003 yang lalu, Gainer dikalahkan makanya Juan Manuel Marquez Mendez. Di perdua pesimisme publik tinju di tanah air karena ini adalah debut Chris John setelah ditangani Craig Christian, pelatih yunior asal Australia, sesudah konfilk antara dirinya dengan pelatih lamanya, Sutan Rambing. Chris John mampu tampil luar legal, dan berhasil mempecundangi sang mantan juara tersebut lampau kejayaan angka mutlak 12 ronde. Walaupun Chris John tahu terjatuh (knockdown) di ronde 1 akibat pukulan uppercut jarak dekat Gainer yang cepat, doang Chris John bisa takhlik sempoyongan Gainer di ronde kedua dan keempat. Gainer menyatakan bahwa ini hasil yang wajar karena Chris John pas menang, sedangkan pelatih kubu Gainer bercakap bahwa Chris John (yang detik itu masih cukup umur), “Bertinju seperti mesin,”. Nan mengejutkan semenjak kejuaraan ini adalah pada laga inilah Chris John mula-mula kalinya mengubah tendensi bertinjunya yang sreg mulanya kariernya seorang counter boxer, kecenderungan bertarung Chris John makanya Craig Christian pelatih barunya start diubah menjadi explosive fighter, kendati kepentingan pukulannya bukan nan terkuat di kelas bulu.

Menang membandingbanding Tommy Browne di Australia

[sunting
|
sunting sumber]

7 Agustus 2005, Chris John unggul TKO ronde 10 membandingbanding Tommy Browne di Penrith, Australia. Wasit yang memimpin pertandingan tersebut menyarankan kubu Browne agar menyerah, karena melihat pertandingan sudah lain seimbang. Kubu Browne menyepakati saran wasit itu, dan Chris John dinyatakan memenangi TKO ronde 10. Wasit level dunia Stanley Christodoulou yang memimpin laga ini menasehati kubu Chris John bahwa Juan Manuel Marquez lain lebih hebat dari Chris John (apabila Chris John berperan seperti momen menghadapi Tommy Browne ini).

Menang mengimbangi Juan Manuel Marquez Mendez

[sunting
|
sunting sumber]

Pasca- keberuntungan mudah di Australia, barangkali ini Chris John harus bertanding melawan lulusan aji kelas surai WBA dan IBF nan sangat ditakuti karena ketajaman pukulannya, yakni Juan Manuel Marquez berpokok Meksiko. Walau berstatus mantan juara, belaka Marquez masih dinyatakan sebagai petinju kelas bawah bulu terkuat saat itu.

Lewat negosiasi yang alot, balasannya Marquez yang merupakan salah satu petinju terbaik Meksiko (dan bumi) saat itu, bersedia meladeni Chris John di Indonesia. Promotor Muhammad Arsyad memboyong hak pertandingan Chris John vs JM Marquez ke Tenggarong, Kalimantan Timur.

Dalam kompetisi yang sangat menarik dan mumbung dengan tanding teknik dan
skill
tingkat tinggi, Chris John akhirnya mampu menundukkan bokser dari Meksiko nan dikenal dengan pukulan kerasnya tersebut dengan kemenangan angka mutlak. Pukulan satu dua Chris John berakibat mendarat lebih cepat dari sergapan buas Marquez. Menjelang kompetisi melawan Marquez ini, Chris John memproklamirkan julukan barunya andai
“The Dragon”
alias “Sang Dragon” menggantikan julukan lamanya “The Indonesian Thin Man”, karena laksana pemuda keturunan Tionghoa, Chris John mempercayai bahwa binatang naga kerap membawa kesuksesan dalam roh.

Kesuksesan atas Marquez dinilai sebagai keberhasilan terbesar Si Naga. Tak sahaja karena kelebihan pukulan Marquez yang habis terkenal, semata-mata lagi penampakan Marquez yang saat itu disebut-sebut sebagai petinju #1 di kelas bulu. Malahan, kendati sudah lalu kalah dari Chris John, Marquez menanjak kelas dan menjadi jago di inferior ringan yunior.

Unggul melawan Renan Acosta

[sunting
|
sunting sumber]

Pada 9 September 2006, Chris John bersemuka dengan lawan yang relatif ringan, Renan Acosta dari Panama, di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta. Chris John ulung hampir di semua ronde, doang dia gagal memukul KO lawannya tersebut, sehingga dia dinyatakan menang poin mutlak dengan penilaian wasit hampir seluruh ronde dimenangi oleh Chris John.

Menang menimbangi Jose Cheo Rojas yang kedua

[sunting
|
sunting sumber]

Chris John vs. Jose Cheo Rojas II

Lega tanggal 3 Maret 2007 Sang Dragon berhasil tanggulang rasa penasarannya atas amung teman nan berhasil menahan seri, merupakan Jose Cheo Rojas. N domestik suatu kejuaraan yang berlangsung tinggal tegang dan heroik, Chris John berhasil menang skor mutlak atas Rojas di Istora Senayan, Jakarta. Sempat terjadi kekisruhan mengenai keterlambatan penyerahan honor dari cukong, tetapi semua keburukan jadinya bisa diselesaikan dengan baik. Kompetisi ini mengundang perhatian banyak sponsor, yaitu Surya Memihak Mild, Ceker Bima Ener-G, serta pasta persneling Formula Aksi Proteksi. Kompetisi ini dimirip-miripkan dengan Iklan Formula Usaha Proteksi versi Pertandingan Tinju Formo vs Pasto yang pernah mengudara pada bulan Juli 2006-Januari 2007.

Kesuksesan iklan kepalan tangan ini suntuk dimanfaatkan untuk pertandingan balas kejijikan antara Chris John dengan Jose Rojas. Setakat kesannya, patron pertandingan itu, Albert Reinhard Papilaya, malar-malar menciptakan menjadikan sayembara ini dengan memirip-miripkan dengan iklan Formula Aksi Proteksi.

Chris John dapat menggampar drop Jose Cheo Rojas pada ronde kedua dan ronde keempat, bervariasi percobaan untuk bisa mengecoh Jose Cheo Rojas sampai ronde ke dua belas kerap gagal. Namun, Chris John akhirnya bisa memenangkan semua ronde. Ketiga hakim semupakat memberikan ponten kepada Chris John makin panjang dengan selisih 10 poin dengan Jose Cheo Rojas.

Inilah hasil penilaian dari ketiga hakim:

Setelah kejayaan menimpali Jose Cheo Rojas ini, puas hari Minggu, 4 Maret 2007, Chris John diarak ke seluruh Indonesia.
Reward
nan dikabulkan sungguh luar biasa. Penampikan masyarakat lagi luar formal meriah. Inilah yang disebut “pertarungan setimpal” kerjakan partisan kemajuan tinju di Indonesia.


Menang menimpali Zaiki Takemoto di Kobe, Jepang

[sunting
|
sunting sumber]

Lega tanggal 19 Agustus 2007, hak siar sayembara Chris John pindah membawa menanai dari TVRI ke SCTV. Chris John lagi mempertahankan gelarnya. Bertanding di Kobe Fashion Mart, Pulau Rokko, Kobe, Jepang Chris John lain menemukan kesulitan berjasa untuk mengalahkan penantangnya, Zaiki Takemoto dengan TKO di ronde kesepuluh, setelah sebelumnya Takemoto dijalari
knockdown
dua mana tahu, pada ronde 6 dan 8. Kubu Takemoto nan sudah berbilang bahwa Takemoto tidak akan mampu cundang Chris John, akhirnya memutuskan Takemoto menyerah kapan pause istirahat menjelang ronde 10 dimulai. Zaiki Takemoto adalah penantang peringkat 8 kelas bulu WBA, yang merupakan petinju keturunan Korea kelahiran Kobe. Lain kurang 300 suporter dari Indonesia nan terdiri berusul para peserta dan karyawan di Jepang, termasuk Menpora Adhyaksa Dault hadir di arena pertandingan untuk memasrahkan dukungan moral kepada Chris John.

Sukses mempertahankan gelar cak bagi kedelapan kalinya dan kelihatannya ini di luar daerah, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ulem Chris John ke Istana Negara bersama empat pemain rambut sanggep yang memenangi kejuaraan dunia di Malaysia pada waktu nan hampir bersamaan. Sreg kesempatan tersebut, Presiden Yudhoyono memberikan hormat ala militer kepada Chris John laksana apresiasi pribadi yang jenjang atas keberhasilannya mempertahankan gelar. Presiden pula menganjurkan rasa bangga atas prestasi Chris John.


Menang melawan Roinet Caballero di Jakarta, Indonesia

[sunting
|
sunting sumur]

26 Januari 2008: Kompetisi teradat membandingbanding peringkat 1 Roinet Caballero dari Panama. Sayembara berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Indonesia. Pertandingan dipromotori oleh Zaenal Thayeb bekerjasama dengan skuat penyelenggaraan Chris John, dan disiarkan langsung makanya RCTI yang direlay sekaligus oleh TV4 Panama. Pertandingan dimenangkan maka itu Chris John dengan TKO di ronde ketujuh. Dengan kemenangan ini, Chris John sudah mempertahankan gelar sebanyak 9 kali, dan 4 di antaranya adalah sambutan wajib.

Menjuarai mengimbangi Hiroyuki Enoki

[sunting
|
sunting sumber]

Setelah beberapa mungkin batil mempertahankan gelar melawan Jackson Asiku berusul Uganda di Australia dan Indonesia serta Michael Lozada di Meksiko, Chris John kesudahannya bertanding mempertahankan gelar kesepuluh kalinya di Tokyo, Jepang, mengembalikan bokser kelahiran Akita, Jepang Paksina, Hiroyuki Enoki, 24 Oktober 2008.

Chris John bagi ke-10 kalinya berhasil mempertahankan gelar jago dunia kelas bulu varian WBA. Melawan Hiroyuki Enoki di Korakuen Hall, Tokyo, Jepang, Jumat (24/10), petinju kebanggaan Indonesia itu menang angka sesudah melangkahi pertarungan berdarah sepanjang 12 ronde. Chris John tampil dengan berani, meladeni pertarungan jarak rapat dan ganti bertukar mentrum. Akibat kompetisi ini, Chris John menderita jejas di bawah netra kiri dan atas mata kanan, sehingga harus menjalani aksi kecil di RS MMC, Jakarta, dan mendapatkan sekitar 70 jahitan. Enoki sendiri mengalami pembengkakan mata kiri sejak ronde 4, dan praktis mata kirinya tertutup makanya bengkak tersebut. Menurut Chris John, Enoki ialah petinju Jepang yang paling kuat beliau pernah hadapi, dan dapat disetarakan dengan Juan Manuel Marquez, antagonis terberat yang pernah dihadapi Chris John sebelumnya.

Seri menandingi Ricardo Rocky Juarez

[sunting
|
sunting perigi]

Intern pertandingan sreg tanggal 28 Februari 2009 di Houston, Texas, Amerika Serikat bakal mempertahankan gelar melawan petinju tuan rumah Ricardo Rocky Juarez, Chris John meraih hasil seri selepas ketiga hakim sebabat-sama mengasihkan hasil 114-114. Di tengah tekanan pendukung bokser tuan flat, Chris John kreatif tampil baik, biarpun bererak seri, sesuai statuta tinju profesional, Chris John berhak mempertahankan gelar lamun hasilnya cuaca. Komentator televisi Amerika Serikat bersumber HBO pron bila itu mencatatkan skor 116-112 untuk keunggulan Chris John.

Menjuarai melawan Ricardo Rocky Juarez

[sunting
|
sunting sendang]

Karena merasa dicurangi atas hasil panah pertandingan purwa di Houston, Texas, asal Juarez, baluwarti CJ minta kejuaraan ulang diadakan di Los Angeles, California. Pihak promotor risikonya bersedia ki memengaruhi pertarungan ulang ke California, dijadwalkan lega 27 Juni 2009. Pertandingan ini kemudian ditunda, karena 7 hari jelang hari-h, Chris John terserang hypoxemia.[1]

Puas 19 September 2009, tanding ulang Chris John vs Rocky Juarez akibatnya dilangsungkan di MGM Grand, Las Vegas, Nevada, AS. Chris John berhasil menang dengan kemenangan nilai mutlak walaupun hampir terjatuh di ronde ragil oleh hook kidal Juarez. Dengan semangat bertanding yang luar biasa Chris John mampu menyelesaikan kejuaraan dengan mendapatkan keplokan dan standing ovation dari penonton nan memadati konstruksi tinju paling tenar di dunia MGM Grand Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Menang Menimbangi Fernando David Saucedo

[sunting
|
sunting sumur]

Selepas pertandingan ini ki bertambah hingga pengunci Juli akibat cedera bahu yang dialami Chris John saat pelajaran.[2]
Pada Minggu, 5 Desember 2010 diadakan pertandingan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Indonesia. Sebelum kejuaraan, Chris John mengatakan ambisinya menaklukan lawan sebelum ronde ke-10. Selepas melewati 12 ronde, Chris John dinyatakan ulung secara mutlak, 119-109, 119-109, dan 120-108. Chris John terlalu berupaya menang K.O. di kejuaraan ini, terlihat staminanya jauh melandai dan bentuk tubuhnya yang terpandang adv minim prima.

Menang melawan Daud Cino Yordan

[sunting
|
sunting sumber]

Chris John berbuntut menjawab keraguan para penggemarnya bahwa stamina dia sudah lalu melandai, dengan menundukkan petinju muda berpembawaan Indonesia, Daud Cino Yordan asal Kayong, Kalimantan Barat internal pertandingan di Jakarta International Expo, 17 April 2011. Chris John berbuntut mendominasi serta menang angka secara mutlak atas Daud. Chris John nisbi mudah mendaratkan jab dan straight dengan telak, sementara Daud mengasakan penolakan tanding kekuatan, daya hindar Chris John masih berlebih bagus untuk pemuda 24 tahun ini. Perlombaan ini merupakan kali ke-14 Chris John mempertahankan gelar jago kelas bawah bulu WBA yang diperolehnya sejak waktu 2003. Buat Daud, ia berterimakasih kepada Chris John yang memberinya kesempatan, Craig Christian pelatih Chris John menilai Rocky Juarez adalah lawan nan lebih sulit dibanding Daud Yordan bagi Chris John, Daud berperan dengan kaki yang lamban, pemimpin dan tubuhnya bahkan terkena pukulan secara masif. Beruntung Daud mempunyai kecepatan tangan dan kekuatan untuk mengembari Chris John. Skor kesuksesan Chris John 116-112, 116-112, 117-111.

Menang melawan Stanyslav Merdov

[sunting
|
sunting sumber]

Chris John pada 30 September 2011 ditantang oleh bokser asal Ukraina, Stanyslav Merdov. Buat kedua kalinya Chris John yang banyak melewatkan waktu latihan di dunia Australia, bertanding di negara Kanguru tersebut. Sempat termendak di ronde kedua oleh hook kanan Chris John, Merdov akhirnya dikalahkan angka secara mutlak 12 ronde oleh Chris John. Chris John berupaya menghalusi Merdov di cirit pertandingan namun sampai-sampai Merdov maling tiga ronde terlambat, ini karena stamina Merdov yang lebih kuat kendati berumur kian tua. Merdov adalah petinju dengan postur jasad tertinggi yang aliansi dihadapi Chris John. Skor penghabisan 115-112, 116-111, 116-111.

Menang Angka Mutlak atas Shoji Kimura

[sunting
|
sunting sumber]

Chris John berhasil mempertahankan gelar WBA kelas bulu untuk ke-16 kali di Marina Bay Sands, Singapura sreg 5 Mei 2012, setelah menundukkan penantangnya Shoji Kimura asal Yokohama, Jepang dengan kredit mutlak selama 12 ronde. Kimura adalah petinju Jepang ke-4 yang menantang Chris John, 3 jodoh sebelumnya telah dikalahkan Chris John dalam pertandingan perebutan gelar yang diadakan di Jepang. Menghadapi Shoji Kimura, Chris John dolan sangat segeh dan lebih terorganisir dibanding detik mengimbangi Merdov, biar tahu terkemut-kemut karena kecolongan uppercut keras Kimura di ronde ke 7. Promotor pertandingan ini ialah Baginda Tujuh Oktohari bersama Dragon Fire Promotions, dan dipentaskan bersama dengan kejuaraan IBO kelas bulu lowong antara Daud Yordan dan Lorenzo Villanueva.

Menang Angka Mutlak atas Cholantarn Piriyapinyo

[sunting
|
sunting perigi]

Chris John mempertahankan gelar WBA inferior bulu dengan menaklukkan lawan dari Thailand, Cholantarn Piriyapinyo, petinju yang sebelumnya tidak terkalahkan, kerumahtanggaan duel pendudukan gelar di Marina Bay Sands, Singapura, 9 September 2012. Chris John yang kecepatan dan kelenturannya terlihat jauh sangat menurun dibanding musim mudanya, dalam sayembara ini jauh lebih lanjut pikiran dibanding Piriyapinyo, 10 ronde mulanya dimenangi Chris John lewat genggaman dan straightnya yang menghambat Piriyapinyo yang ingin bertarung jarak dekat. Di ronde ke 11 Chris John bersusila-benar kehabisan stamina dan berkali-mungkin Piriyapinyo mendesak Chris John dengan pertarungan jarak damping, ronde ini dicuri Piriyapinyo. Lega ronde 12 situasi kembali berubah, kali ini Chris John berhasil melakukan pembiasaan lamun staminanya habis, biar bertarung jarak dekat saja Chris John produktif bersitegang dan memenangi ronde ini dengan margin nan tipis. Angka total 119-109 dari 2 juri bagi kemenangan mutlak Chris John. 1 juri lainnya menjatah Piriyapinyo 3 ronde untuknya, sisanya dimenangi Chris John dengan poin mutlak.

Seri Menjajari Satoshi Hosono

[sunting
|
sunting sumber]

Dalam pertarungan mempertahankan gelar kelas bulu versi WBA yang ke 18, 14 April 2013 di Indoor Tennis Stadium, Chris John membukukan hasil seri technical draw akibat tumbukan kepala dengan lawannya dari Jepang, Satoshi Hosono. Chris John mengalami jejas pendarahan khusyuk di pelengan netra dan kening sisi kanan akibat serudukan Hasono. Hasono sekali lagi merupakan lawan yang juga cukup langgeng buat Chris John, kredit sreg ketika sayembara dihentikan merupakan 19-19 sama kuat. Sobekan di pelengan dan sobekan di jidat ini merupakan dua jejas koyak minimum panjang dan membutuhkan setik paling banyak dalam karier profesional Chris John, yang kelak jejas ini menjadi keseleo bintik lemah Chris John di pertandingan seterusnya, karena akan mudah sobek sekali lagi apabila terkena pukulan.

Kalah Melawan Simpiwe Vetyeka

[sunting
|
sunting sendang]

Setelah lama mencatatkan rekor belum gayutan kalah, Chris John harus rela gelarnya buncah ke Afrika Daksina. Di pertandingan unifikasi gelar WBA dan IBO, petinju berusia 34 musim dengan fisik yang terlihat sudah lalu kendur itu kalah technical knock out di ronde keenam dari petinju asal Afrika Daksina, Simpiwe Vetyeka. Pertarungan itu dilangsungkan di Metro City, Perth, Australia, Jumat (6/12/2013) lilin lebah. Pada ronde pertama, kedua petinju masih saling menjajaki. Chris John berusaha menyerang Simpiwe, bersama-sama sesekali melancarkan pukulan. Pada ronde ini, The Dragon berusaha menggampangkan ofensif dengan pukulan afiliasi kiri kanan. Chris John masih unggul tipis setakat ronde ke-4. Sreg ronde kelima, pukulan gigih Simpiwe mendarat di pelipis dan kening Chris John, yang silam pernah koyak dalam sayembara sebelumnya melawan Hasono, kini lagi tersobek dan mengucurkan banyak darah yang lain kunjung mengetem. Pukulan berurutan kemudian dilancarkan Simpiwe, terlihat The Ular besar sudah start mengendur. Simpiwe menghajar dengan pukulan-mentrum keras hingga Chris John guncang dan sempat mengendap detik berusaha merangkul Simpiwe. Puas ronde keenam, Simpiwe rani di atas angin sehingga Simpiwe kembali menggeser Chris John. Beberapa mentrum hook dan uppercut Simpiwe mendarat telak ke durja Chris John yang bergelimang darah, kemudian Chris John ketaton dan memilih meletakkan lututnya. Chris John angot dan masih mengkhususkan hook keras perumpamaan usaha bungsu, Simpiwe nan terpandang makin siap untuk kejuaraan ini bersiap bagi memikul birama melawan Chris John nan mutakadim tidak berenergi. Bernasib baik bel akhir ronde ke-6 berbunyi. Hanya di sudutnya, Chris John terlihat telah kehilangan tenaga, sehingga risikonya mengatakan enggak subur melanjutkan ronde ke-7. Chris John menyerah technical knock-out (TKO). Kemenangan itu membuat Simpiwe Vetyeka mendapatkan gelar di papan bawah bulu versi WBA. Sebelumnya, dia yaitu juara inferior surai versi IBO. Gelar itu diraihnya setelah menaklukkan petinju asal Indonesia, Daud Yordan pada April 2013 di Jakarta. Ini yakni kekalahan pertama sejauh karier Chris John di kepalan tangan profesional. Catatan rekor dia mempertahankan gelar juara dunia sebanyak 18 kali, akhirnya pupus di pertarungan ke-19. Chris John memperoleh gelar lowong momen tatap muka dengan petinju Kolombia Oscar Leon melewati perkelahian ad-interim di Bali, 26 September 2003. Dia gagal menyamai rekor petinju bawah Panama, Eusebio Pedroza yang sukses mempertahankan gelar sebanyak 19 boleh jadi di kelas rambut versi WBA. Sekuat-kuatnya seorang petinju, karuan juga bisa kalah. Chris John nan sesekali belum persaudaraan kalah hasilnya mengerti apa kekalahan itu.

Keluarga

[sunting
|
sunting sumur]

Chris John menikah dengan Anna Maria Megawati, eks ahli olahraga wushu, pada tahun 2005, dan mutakadim dikaruniai dua insan pemudi bernama Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani.

Selain atlet bogem mentah, Chris John juga sempat dikenal sebagai atlet nasional wushu. Kemenangan Chris di dunia ketupat, membawanya ke profesi dalih, antara lain tanda jasa iklan untuk berjenis-jenis produk dan pengulas tinju di televisi.

Pencahanan di luar gelang-gelang

[sunting
|
sunting sumber]

Laksana bintang iklan

[sunting
|
sunting sumber]

  • Extra Joss – (Minuman berenergi) – TV dan non TV (kontrak sudah lalu selesai)
  • Kuku Bima Ener-G – (Minuman berdaya) – TV dan non TV
  • Iklan Kampanye anti HIV – TV
  • Fire Power – zat aditif bakal wahana (perusahaan Australia) – non TV

Film

[sunting
|
sunting sumber]

Masa Judul Peran Pengetahuan
2016 Triangle the Dark Side

Karier setelah hari pensiun

[sunting
|
sunting sumber]

  • Wakil ketua Publik (Waketum) IV Bidang Kerja Proporsional Asing Negeri, Media, dan Humas KONI 2019-2023
  • Membangun sebuah jasmani gerakan adalah PT. Chris John Indonesia
    [3]

Ki kenangan elektoral

[sunting
|
sunting sumber]

Pemilu Lembaga legislatif Daerah penyaringan Partai politik Akuisisi suara Hasil
2019 Dewan Agen Rakyat Republik Indonesia Jawa Tengah IX Partai Nasional Demokrat Tidak diketahui

[ceceh rujukan]


Ufuk
Lain Terseleksi

Referensi

[sunting
|
sunting sumber]


  1. ^

    [1]
    [
    pranala bebas tugas permanen
    ]



  2. ^

    http://www.boxing-indonesia.com/2010/04/chris-john-beda-bahu.html
    [
    pranala nonaktif permanen
    ]



  3. ^


    “Salinan arsip”. Archived from the original on 2020-06-08. Diakses tanggal
    2020-06-08
    .




Pranala luar

[sunting
|
sunting sumur]

  • (Inggris)
    Website Chris John Diarsipkan 2020-06-08 di Wayback Machine.
  • (Inggris)
    Rekor bertanding Chris John di Boxrec.com Diarsipkan 2006-04-27 di Wayback Machine.
  • (Inggris)
    Profil Chris John di Boxrec.com
    [
    pranala purnajabatan permanen
    ]

  • (Inggris)
    John-Hosono/Vetyeka-Yordan: Full Report & Gallery – Fightnews.com
    [
    pranala purnajabatan permanen
    ]

  • (Inggris)
    Interview Chris John di Fightnews.com
    [
    pranala nonaktif permanen
    ]

  • (Indonesia)
    Profil Chris John di Kompas.com
  • (Indonesia)
    Kata sandang Chris John di RRI-online.com
    [
    pranala nonaktif permanen
    ]

  • (Indonesia)
    Artikel mengenai sisi lain arwah Chris John di boxing-indonesia.com
    [
    pranala nonaktif permanen
    ]

  • (Inggris)
    artikel dan foto mengenai kelahiran putri kedua Chris John
    [
    pranala bebas tugas permanen
    ]

Persondata
Tera John, Chris
Logo alternatif
Deskripsi singkat Indonesian boxer
Tanggal lahir September 14, 1979
Medan lahir Banjarnegara, Indonesia
(Resides in Semarang)
Tanggal mortalitas
Tempat mortalitas



Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Chris_John

Posted by: and-make.com