Login Wifi Id Menggunakan Mikrotik

Segmentasi di jaringan akan diperlukan momen suka-suka kebutuhan untuk mebedakan layanan atau management di masing-masing client yang terkoneksi. Dengan adanya perbedaan segment ini akan mempermudah laksana administrator jaringan privat management client-clientnya, terlebih jika skala jaringan mutakadim cukup besar. Pendistribusian segment ini rata-rata juga banyak diterapkan bagi area sebagaimana hospitality, public WiFi.

Sreg artikel barangkali ini akan dibahas bagaimana mengelola jaringan WiFi dengan membedakan segment jaringan antar SSID. Seumpama contoh kasus akan diberikan koneksi cak bagi
karyawan
dan
pengunjung, dan tentunya pecah pembagian ini bisa dibedakan macam layanan dan management yang akan diterapkan. Bakal segementasi ini akan dikombinasikan dengan konfigurasi VLAN yang mana nantinya setiap SSID akan menggunakan VLAN-ID yang berbeda.

Untuk peranti Access Point (AP) yang digunakan adalah
Ruijie Reyee RAP2200(E). Dan instrumen router management menggunakan MikroTik RB450G.

Rang topologi berpokok jaringan yang akan dibuat,

Konfigurasi Router RB450G

Selanjutnya untuk konfigurasi pada router adalah cukup seting VLAN di interface tempatan yang tersambung ke AP, yaitu VLAN 99, VLAN 100, dan VLAN 200.

Dan masing-masing VLAN tersebut disetting IP Address dan juga diaktifkan DHCP Server.

Konfigurasi Ruijie Reyee

Sesuai di topologi akan ada dua SSID ialah Karyawan dan Tamu. Buat SSID karyawan akan menggunakan VLAN-ID 100 dan bakal Pengunjung akan memperalat VLAN-ID 200. Dan ada pelengkap pun untuk akses/remote akan memperalat VLAN koteng yaitu VLAN-ID 99.

Langkah pertama, kita konfigurasi terlebih lewat kerjakan distribusi VLAN akses/remote. Jadi nanti instrumen Ruijie Reyee akan mendapatkan alokasi IP Address dari segment VLAN-ID 99. Caranya pilih menu ‘Overview‘ -> pada Device Info pilih ‘Setup‘ ->
Network
->
WAN.

Pada bagian bawah pilih ‘Advanced Setting’ dan tertumbuk pandangan indeks VLAN ID nan masih nol. Secara default Ruijie menggunakan VLAN-ID 1 bagi port WAN. Untuk indeks tersebut kita isi dengan poin 99 (sesuai dengan VLAN-ID untuk akses/management).

Jangan lupa klik ‘SAVE‘  bakal menyimpan konfigurasi.

Selanjutnya bisa dilakuukan pengecekan apakah AP Euijie Reyee mendapatkan IP address sesuai dengan VLAN 99 ialah di segment jaringan
10.69.69.0/24.

Awalan kedua, konfigurasi WiFi dengan SSID ‘Fungsionaris‘ dan ‘Petandang‘ dan mengambahkan informasi VLAN-ID kerjakan sendirisendiri SSID sesuai topologi. Untuk mandu konfigurasi yaitu pilih menu ‘WLAN‘ ->
Wi-Fi
->
Wi-Fi Settings.

Tentukan pada paremeter SSID, BAND, Security.

Bagi koneksi dengan SSID Tamu bisa disetting pada menu ‘Guest Wi-Fi’.

Kemudian untuk assignment VLAN-ID, pilih ‘Expand’
dan akan terlihat parameter tambahan yang mana kita boleh setting maklumat VLAN. Memperbedakan opsi sreg parameter VLAN dengan ‘Other VLAN‘ dan tentukan VLAN-ID.

Bikin SSID ‘Karyawan’ menunggangi
VLAN-ID 100
dan SSID ‘Peziarah’ menggunakan
VLAN-ID 200.

Uji Coba Konfigurasi

Jika konfigurasi pada Ruijie dan RB450G sudah dilakukan, kita bisa melakukan pengetesan dengan terkoneksi memperalat perangkat mobile (Smartphone/Laptop) ke masing-masing SSID. Dan cek untuk alokasi IP Address yang didapat, apabila sesuai dengan masing-masing segment jaringannya maka konfigurasi mutakadim berbuah.

Source: https://www.mikrotik.co.id/artikel/508/

Posted by: and-make.com