Kenapa Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

touchpad laptop tidak berfungsi windows 10

Apakah sekarang kamu sedang mengalami masalah touchpad laptop tidak berfungsi? Kalau iya, kamu enggak perlu terbang dan buru-kejar ke ajang servis laptop. Soalnya, solusi bagi masalah ini sesungguhnya boleh engkau bakal koteng, kok!

Ada berjenis-jenis penyebab mengapa touchpad laptop jadi bermasalah dan tidak dapat digunakan dengan normal. Dan di sini anda dapat temukan berbagai solusi untuk Windows 8 atau Windows 10 tanpa harus menggunakan tuntutan tambahan.

Sebab Touchpad Laptop Lain Berfungsi

Seandainya sedemikian itu, apa sih sepatutnya ada penyebab masalah touchpad laptop jadi lain bisa dipakai seperti biasanya? Terdepan cak bagi engkau bikin mengetahui barang apa saja alasan mengapa touchpad laptop problematis. Jadi, sira bisa putuskan apa solusi nan paling pas.

Bilang penyebab penting masalah lega touchpad laptop adalah kesalahan di software, touchpad yang ternyata terkunci atau belum anda aktifkan, kondisi touchpad nan ternyata kumuh, hingga adanya kerusakan hardware, atau komponen touchpad nan memang sudah lalu tembelang.

Untuk kebobrokan sebagai halnya kesalahan software maupun touchpad terkunci atau belum aktif, beliau boleh atasi sendiri tanpa harus membongkar laptop beliau, kok. Tapi kalau ternyata suku cadang touchpad sudah busuk, solusinya ya kamu harus menyervisnya alias malah ganti touchpad baru.

Cara Mengamankan Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Berikut ini adalah 7 cara mengamankan touchpad laptop tidak berfungsi bakal Windows 10. Sekiranya beliau masih menggunakan Windows 8, ia bisa sesuaikan langkah-langkahnya. Dan buat mengambil alih touchpad yang bermasalah, kamu bisa pasang mouse sangat ke laptop kamu, ya!

1. Cek apakah touchpad sudah lalu aktif.

Gelojoh terserah kemungkinan bahwa penyebab kok touchpad laptop bukan berfungsi ialah karena entah sonder sengaja kamu menonaktifkan touchpad. Terkadang, masalah ini disebabkan karena kamu meng-install petisi tertentu.

Untungnya, cara untuk memastikan jika benar ini yakni penyebabnya dan solusi yang ada dulu gampang. Ini kamu cara mengatasi masalah touchpad nan ternyata belum aktif:

  • Klik logo Windows yang ada di pojok kidal bawah cucur laptop buat mendedahkan menu Start. Kamu juga bisa pencet tombol Windows di keyboard laptop.

Cek apakah touchpad sudah aktif

  • Ketik “Settings”, terlampau tekan tombol Enter maupun klik menu Settings.

pergi ke menu Settings

  • Memilah-milah opsi “Devices”.

Pilih opsi Devices

  • Pilih opsi “Touchpad” yang ada di jihat kiri jib.

Pilih opsi Touchpad

  • Klik toggle touchpad hendaknya menjadi “On”.

Klik toggle touchpad menjadi On

Cara mengatasi touchpad laptop tak berfungsi yang suatu ini terlampau gampang, kan? Tapi, bagaimana ya jika ternyata toggle touchpad sudah on, tapi sira masih belum boleh memperalat touchpad laptop dengan resmi?

2. Meng-update driver touchpad.

Apabila cara permulaan di atas ternyata masih belum pas pintar bikin mengatasi ki aib touchpad laptopmu, barangkali yang jadi penyebab adalah driver touchpad yang belum di-update.

Driver touchpad koteng memang sudah terpancang sehingga ia tidak perlu meng-install lagi. Hanya doang, privat beberapa situasi, kamu barangkali memang perlu meng-update driver touchpad, terutama jika alasan kenapa touchpad laptop tidak berfungsi adalah driver yang using.

  • Tekan kedua tombol Windows + R secara bersamaan sampai kotak dialog Run muncul.

Meng-update driver touchpad

  • Ketik “devmgmt.msc” (tanpa cap petik) begitu juga yang ditunjukkan gambar berikut ini. Tekan tombol Enter di keyboard atau tombol “OK”.

Ketik devmgmt.msc

  • Jendela Device Manager akan muncul di layar laptopmu.

Jendela Device Manager

  • Klik dua bisa jadi pada opsi “Human Interface Devices” ataupun klik segel kilat yang ada di sampingnya bikin mengutarakan daftar driver.

Human Interface Devices

  • Klik kanan plong driver touchpad dan pilih “Update driver”, tinggal ikuti persiapan-ancang berikutnya sesuai panduan Windows.

pilih Update driver

Setelah proses update selesai, biasanya anda akan diminta lakukan me-restart laptop. Ikuti perintah yang diberikan dan biasanya solusi ini sudah patut buat sokong atasi masalah touchpad laptop tidak berfungsi.

3. Uninstall driver touchpad.

Kalau dia mutakadim update driver, tapi masalahmu masih juga belum teratasi, apakah masih ada solusi lain yang bisa kamu bagi? Tenang saja, karena masih suka-suka alternatif mandu mengatasi masalah touchpad laptop yang tidak bisa digunakan lainnya, kok!

Kamu bisa coba atasi dengan cara uninstall driver touchpad. Kaidah ini aman karena esok laptopmu akan meng-install kembali driver touchpad secara faali, kok. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya berikut ini, ya!

  • Ikuti langkah-langkah nan setimpal bikin menyingkapkan Device Manager sebagaimana di solusi nomor 2 di atas.
  • Klik kanan puas driver touchpad dan pilih “Uninstall driver”.

Uninstall driver touchpad

  • Klik pentol “Uninstall” buat mengonfirmasi pilihanmu.

Klik tombol Uninstall

Tunggu sampai proses uninstall selesai. Setelah itu, restart laptopmu. Selama proses restart ini, laptopmu akan kembali menginstall driver touchpad. Kaprikornus, apakah mandu memintasi touchpad laptop tidak berfungsi yang satu ini aman dilakukan? Jelas kerukunan!

4. Aktifkan Roll Back Driver.

Sekiranya touchpad laptopmu sebelumnya normal-normal semata-mata dan malar-malar bintang sartan tidak bisa berfungsi sesudah dia meng-update driver-nya, bisa kaprikornus penyebab kenapa keburukan ini timbul adalah bug pada driver yang bau kencur. Ataupun, bisa jadi karena driver nan baru ternyata bukan kompatibel.

Dengan Roll Back Driver, artinya kamu akan mengembalikan driver touchpad laptopmu ke versi sebelumnya. Lakukan melakukannya, kamu dapat ikuti ancang-langkah ini di laptop Windows 10.

  • Beber Device Manager dan cari driver touchpad laptop.
  • Klik kanan plong driver touchpad dan pilih “Properties”.

Aktifkan Roll Back Driver

  • Klik tab “Driver”.

Klik tab Driver

  • Klik tombol “Roll Back Driver”.

Roll Back Driver

  • Pilih apa alasan mengapa kamu kepingin melakukan Roll Back Driver. Kalau sudah, klik pentol “OK”.

Tunggu sebatas prosesnya selesai dan coba gunakan kembali touchpad laptopmu. Setelah Roll Back Driver selesai, mudahmudahan kelainan touchpad laptop tidak berfungsi sudah teratasi

5. Matikan update faali dari Windows Update.

Selain driver touchpad yang belum di-update, bisa bintang sartan penyebab mengapa touchpad laptop tak dapat digunakan dengan halal adalah bug ataupun masalah dari Windows Update. Windows Update rata-rata diatur agar boleh meng-update beraneka rupa driver secara otomatis.

Maka itu karena itu, kamu bisa mematikan pengaturan update otomatis berusul Windows Update bagi menguasai masalah ini simultan mencegahnya agar bukan terulang kembali. Bagi mengatasinya, beliau bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik tombol Windows untuk membuka menu Start, kemudian ketik Control Panel. Tekan Enter.

Matikan update otomatis

  • Pilih menu “Devices and Printers”.

Devices and Printers

  • Klik ikon laptopmu yang terserah di ruangan “Devices” seperti nan ditunjukkan di bawah ini.

kolom Devices

  • Klik kanan dan memilah-milah “Device installation settings”.

Device installation settings

  • Pada kotak dialog yang muncul, pilih opsi “No, let derita choose what to do” dan klik tombol “Save Changes”.

No, let me choose what to do

Dengan cara di atas, nantinya Windows Update akan berhenti meng-update driver secara kodrati, tercatat driver keyboard dan touchpad-mu.

6. Lakukan system scan lewat Command Prompt.

Dengan pendirian yang suatu ini, engkau boleh cek apa penyebab cak kenapa touchpad laptop bukan berfungsi sampai kursor yang tidak bersirkulasi di laptop, sekaligus memperbaikinya secara otomatis. Bikin melakukan system scan, ikuti awalan-langkahnya sebagai halnya yang dijelaskan di sumber akar ini.

  • Buka menu Start, lalu ketik “cmd” (tanpa tanda kutip) lakukan mencari Command Prompt.

system scan lewat Command Prompt

  • Pilih opsi “Run as administrator”.

opsi Run as administrator

  • Sesudah perputaran udara Command Prompt terbuka, ketik “sfc /scannow” minus merek petik, seperti yang ditunjukkan di kerumahtanggaan kotak merah di dasar ini.

ketik sfc scannow

  • Tekan tombol Enter.

Sesudah itu, proses system scan akan bersama-sama dijalankan. Selama scan berlangsung, kalau terdapat system file yang terdeteksi tembelang alias corrupt, sistem akan mengepas memperbaikinya secara kodrati. Nantinya anda bisa pantau seluruh prosesnya dari sirkulasi udara Command Prompt.

7. Reset laptopmu.

Solusi nan suatu ini dapat dibilang urut-urutan terakhir yang bisa kamu lakukan seandainya seluruh cara di atas masih juga belum berhasil. Di samping itu, solusi yang satu ini pun yaitu alternatif yang tersisa jikalau beliau tidak mau install ulang Windows 10 di laptopmu.

Berikut ini persiapan-langkah reset laptop yang boleh kamu coba buat atasi problem touchpad laptop tidak berfungsi.

  • Cari menu Settings.

Reset laptopmu

  • Pilih menu “Update & Security”.

Update & Security

  • Diskriminatif “Recovery” dari opsi yang ada di sebelah kidal jib.

Pilih Recovery

  • Pada bagian “Reset this PC”, klik “Get started” seperti yang ditunjukkan dalam gambar berikut.

Reset this PC

  • Pilih opsi “Keep my files”.

Keep my files

Tunggu hingga seluruh proses reset PC selesai dijalankan. Dengan cara ini, laptopmu akan menghapus program dan permintaan third-party. Dan selama kamu pastikan seandainya kamu mengidas opsi “Keep my files”, proses ini bukan akan menghapus file-file milikmu termasuk yang ada di Drive C.

Penghabisan

Itu dia solusi buat menuntaskan masalah pada touchpad laptopmu yang bisa engkau coba sendiri tanpa harus ke tukang servis laptop. Begitu juga nan sudah disinggung sebelumnya, solusi di atas titik api bakal mengatasi masalah touchpad laptop karena kesalahan software atau touchpad terkunci.

Jika ternyata pendirian menguasai masalah touchpad di atas tidak mempan, samudra kebolehjadian kalau penyebab touchpad laptopmu mati adalah kehancuran puas onderdil. Intern kasus ini, kamu terbiasa segera bawa laptopmu ke tempat servis laptop agar boleh dicek bersama-sama maka dari itu mekanik.

Cara menyelesaikan touchpad laptop tidak berfungsi di atas bisa kamu coba sederum di Windows 10 maupun Windows 8. Selamat mencoba dan mudahmudahan informasi ini bermanfaat untuk sokong atasi masalahmu, ya!

Source: https://perillanyc.com/touchpad-laptop-tidak-berfungsi/

Posted by: and-make.com