Skor Tenis Meja: Aturan dan Cara Mendapatkan Poin


Ilustrasi (Huskyherz/Pixabay)

YOGYAKARTA – Resan mengenai biji tenis meja maupun pingpong adalah kejadian yang harus diketahui maka dari itu para pemain.

Asal tau saja, tenis meja yaitu
sport
yang sangat merakyat dan bisa dimainkan kerjakan mengisi hari luang dengan cara tersisa.

Pingpong purwa kali dimainkan di Inggris dan menjadi gerak badan nan dimainkan sesudah pesta.

Detik ini, pingpong menjadi olahraga yang dipertandingkan di turnamen internasional, dan masuk ke kerumahtanggaan pelecok satu simpang olahraga dalam Olimpiade.

Untuk yang belum pernah menjajal permainan ini, Dia mungkin berpikir peraturan dan pendirian dolan tenis meja sama dengan tenis tanah lapang. Padahal, kedua olahraga ini sangatlah berbeda.

Sifat Kredit Tenis Meja

Disadur

VOI

dari laman
Killer Spin, Minggu, 20 November 2022, tenis meja bisa dimainkan dalam 3, 5 atau 7 set (game). Akan belaka, umumnya, olahraga pingpong dimainkan dalam 5 set atau best of five dengan sistem penghitungan poinnya adalah rally point.

Permainan tenis meja akan berakhir detik pelecok satu pemain berhasil mendapatkan 11 poin dengan sistem rally point.

Artinya, jumlah poin maksimal untuk satu set (game) adalah 11 poin. Pemenang satu set pertandingan pingpong ialah pemain yang berkelun 11 poin lebih lalu.

Sekiranya terjadi deuce (angka 10-10), maka pemang pada set tersebut adalah nan boleh mendapatkan merek 2 (dua) nilai, contohnya, 12-10, 13-11, dan 14-12, dan selanjutnya.

Cara Mendapatkan Poin Tenis meja

Pendirian mendapatkan skor atau kredit intern permainan pingpong adalah seumpama berikut:

  • Apabila bola tenis meja dilempar dan dipukul, tetapi ternyata ketukan meleset maka biji akan menjadi milik lawan.
  • Anda bisa mendapatkan poin saat bola pingpong nan dipukul memantul dua kelihatannya maupun makin di area teman. Skor juga bisa didapatkan momen bola mengantul ke samping, bahkan menyentuh garis riol.
  • Apabila bola terkena serok atau jejala momen rally point (permainan berlanjut lama karena pemain mempertahankan posisi bola), maka lontaran itu akan dianggap lumrah.
  • Bola pingpong terbiasa dipukul detik melantun plong meja. Apabila Engkau memukul bola sebelum mengenyal, maka poin akan menjadi properti jodoh.
  • Ketika berbuat service, dan bola memegas ke atas pukat, tetapi mengenai distrik lawan, dan padanan tidak memberikan serangan miring, maka dari itu akan menjadi poin tambahan bagi Anda.
  • Anggota tubuh yang diperbolehkan kejangkitan bola dalam permainan pingpong adalah area di bawah pergelangan tangan dan jemari. Apabila bola tekena tangan atau paddle, maka poin akan tetap diangap sah.
  • Bola pingpong yang melantun ke samping dan adapun bagian got atas permukaan meja akan tetap dianggap sah. Jika hal tersebut terjadi, Kamu akan mendapatkan skor.

Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

Ilustrasi permainan tenis meja
Ilustrasi permainan pingpong (jimenezhdez/Pixabay)

Menyadur
VOI, Ada bilang teknik dasar yang harus dipelajari oleh pemain pemula tenis meja. Berikut bilang teknik yang harus dikuasai, antara tak:

  1. Teknik Memegang Pemukul bola pingpong

Sebelum mulai mempelajari teknik ketukan, peristiwa mendasar nan harus dikuasai maka itu pemain tenis meja adalah pendirian memegang bet. Teknik memegang bet dibedakan menjadi tiga macam.

  1. Shakehand Grip

Teknik ini disebut pula dengan teknik berjabat tangang. Teknik ini bisa digunakan kerjakan memegang bet berusul dua sisi. Shakehand grip sekata untuk permainan atau birama jarak jauh.

Cara mempraktikan shakehand qalam cukup mudah. Permulaan bet dipengan di antara ibu jari dan deriji telunjuk. Jari telunjuk diletakkan di bagian bawah rataan bet. Bet digenggang menggunakan tiga jari.

  1. Penhold Mopit

Teknik ini juga disebut Asia Grip. Posisi tangan dalam teknik ini mirip sebagaimana memegang sebuah pena. Cara mempraktikannya yakni semata-mata memakai satu jihat bet. Pemukul bola pingpong diarahkan ke bawah. Posisi pegangan pemukul bola pingpong kaya di antarany jari telunjuk dan ibu jari yang berada di atas permukaan bet.

  1. Seemiller Grip

Teknik ini juga dikenal dengan sebutan American Qalam. Teknik ini damping menyerupai shakehand mopit. Cara memperalat teknik ini dengan jemari telunjuk berada tepat pada posisi pemukul bola pingpong. Posisi tungkai intern teknik ini bernas dalam sudut 90 derajat dari posisi tubuh pemain.

  1. Teknik Service

Teknik servis digunakan pron bila memulai permainan atau melayangkan pukulan permulaan. Ada sejumlah teknik yang teristiadat dipelajari buat bisa melakukan servis secara tepat. Pertama, lambungkan bola hingga ke ketinggian 16 cm tanpa adanya putara vertikal. Kemudian pukulan bola dilakukan setelah bola turun dan sebelum menjejak meja.

  1. Teknik Stroke ataupun Birama

Terserah dua keberagaman teknik pukulan, yaitu pukulan backhand dan pukulan forehand. Berikut pendirian mempraktikan kedua teknik ini.

  1. Pukulan Backhand

Teknik ini dilakukan kerjakan ki melarikan pukulan gentur menggunakan kekuatan ayunan tangan. Posisi bola pada teknik backhand harus subur puas posisi tangan yang tidak madya memegang pemukul bola pingpong.

  1. Pukulan Forehand

Teknik ini digunakan untuk berlarut-larut bola secara cepat. Teknik ini dipakai bikin menyerang atau menekan lawan. Teknik forehand dilakukan dengan bola berkecukupan di posisi momen tangan memegang bet. Bola kemudian dipukul mengarah ke sisi lainnya.

  1. Teknik Stance atau Pengembalian

Selain pukulan atau terjangan, anak tonsil tenis bidang datar lagi harus piawai n domestik melakukan pengembalian. Teknik stance terbagi dalam tiga macam laksana berikut.

  1. Square Stance

Teknik ini digunakan bikin mengakui servis dan langsung bersiap menerima serangan lawan pun. Posisi tubuh dalam square stance yaitu mengarah tepat ke arah tanah lapang. Badan bertumpu pada kedua tungkai, dengan dengkul sedikit ditekuk dan badan agak dicondongkan ke depan. Posisi lengah bawah makmur horisontal dan lengan atas dalam posisi vertikal.

  1. Side Stance

Teknik ini digunakan untuk mengembalikan bola kontan menaha pukulan berusul padanan. Teknik side stance dilakukan dengan posisi fisik berada di sisi bidang datar alun-alun.

  1. Open Stance

Teknik ini digunakan bikin melakukan backhand block. Open stance dilakukan dengan posisi bada dan suku kiri terka terbuka dan sedikit ke dapan. Darurat itu posisi tungkai kanan kaya di pantat.

Demikian informasi seputar poin
tenis meja. Semoga bermanfaat!