Wujudkan Kelas yang Menyenangkan Melalui Video Pembelajaran





Proses pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bisa dibangun dengan menghadirkan media pembelajaran internal bentuk video (audio visual). Belajar melalui video akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, pula melampiaskan peserta bimbing memahami konteks mata latihan.







Ada bilang aspek nan harus dipahami oleh master intern menyajikan video sebagai media pembelajaran. Yaitu pengajuan materi yang benar, teknik penyajian nan tepat, produksi video dengan kualitas yang optimal, dan kelincahan pembuatan video sesuai perkembangan terkini.







Untuk itulah Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama GNLD Siberkreasi dan Kemendikbudristek menyelenggarakan Inferior Mengajar Online Sesi 3 dengan tema “Membuat Video Belajar yang Menggandeng dan Ki menenangkan amarah Sebagai Media Pembelajaran” nan ditayangkan di channel Youtube Siberkreasi, pada Kamis, 14 Oktober 2021. Webinar ini dapat ditonton ulang di link berikut ini:




https://youtu.be/OtALFunZf-M



.







“Dalam mewujudkan proses penataran yang interaktif dan ki menenangkan amarah dibutuhkan media pembelajaran yang menarik dan enggak monoton. Video yakni contoh kendaraan pendedahan berbasis multimedia yang dapat dimanfaatkan untuk pengajuan materi pelajaran, lebih lagi di tahun pandemi Covid-19 ini,” kata Dr. Ketilang Suri, Widyaprada Pakar Sedang Direktorat Sekolah Dasar, Kemendikbudristek momen membuka kegiatan webinar.



Wujudkan Kelas yang Menyenangkan Melalui Video Pembelajaran





Nilam menggarisbawahi, kerumahtanggaan mewujudkan video pembelajaran terserah hal-hal yang harus diperhatikan. Keseleo satunya adalah aspek-aspek pengajaran. Ialah menyeret perhatian, mengistilahkan intensi pembelajaran, menstimulasi, melayani materi, menyediakan bimbingan pembelajaran, dan memberikan umpan pencong.







”Tentunya masih banyak lagi yang dapat di-eksplor bermula kegiatan webinar Mengajar Online Sesi Ketiga ini. Privat kegiatan ini peserta webinar bisa menggali segala apa belaka yang perlu dilakukan intern menciptakan menjadikan video sparing yang menarik dan menyenangkan,” kata Nilam.







Internal kesempatan nan sejajar, Estu Saputro,
Content Creator
nan menjadi narasumber webinar memajukan bahwa membuat video itu mudah. Tidak harus menggunakan alat yang canggih. Patut dengan menggunakan handphone mutakadim menjadi senjata bikin membuat video.




Wujudkan Kelas yang Menyenangkan Melalui Video Pembelajaran





“Dengan menumbuhkan handphone yang kita n kepunyaan, kita bisa membentuk video-video yang menarik. Kita bisa mengintensifkan konten ataupun aplikasi nan ada di HP sehingga video kita dapat lebih menarik dengan teoretis yang mampu,” tutur Estu.







Di masa pandemi ini hampir semua aspek bertransformasi menjadi dunia virtual. Sebagai sendiri hawa nan tidak bisa bertatap durja dengan peserta didik, dipaksa oleh situasi untuk beralih membawakan media pembelajaran secara virtual. Terimalah, dengan virtual sendiri tenaga pendidik tidak hanya hingga streaming sinkron di depan siswa didik, tapi dapat menunggangi video sebagai bahan pengajian pengkajian.







Estu menjelaskan ada tiga hal nan harus dilakukan bagi membuat video yang menarik misal wahana pembelajaran. Pertama, konsep pembuatan konten video. Kedua, alat produksinya sebagai halnya apa. Dan yang ketiga adalah software ataupun permohonan editor-nya.



Wujudkan Kelas yang Menyenangkan Melalui Video Pembelajaran





“Konsep membuat konten video itu ada beberapa proses yang lumayan repot dan juga terik, membutuhkan persiapan yang sangat banyak. Berangkat pecah ide dan konsepnya, gimana
storyboard-nya, menulis skrip, habis menentukan lokasi yang tepat, setup
lighting.
Kita menyiapkan kamera, menyiagakan skuat hingga proses editing. Tapi jangan sano kita bisa membuat video yang mudah dan simple,” kata Estu.








Video pendedahan banyak mengasihkan kepentingan, malah di channel YouTube sekarang sudah lalu banyak konten-konten wahana pengajian pengkajian. Entah itu tutorial, live streaming, podcast ataupun video-video lainnya yang boleh disisipkan buat sarana penelaahan.







Kurnia media video bagi pendidik itu yang pertama ialah, sebagai arsip dokumentasi materi yang diajarkan. Bintang sartan detik membuat konten, pemukim sekolah bisa menggudangkan video ini seumpama tembusan. Jadi suatu saat misal konten ini dibutuhkan di periode tertentu maupun arena tertentu, tinggal diputar asja.



Wujudkan Kelas yang Menyenangkan Melalui Video Pembelajaran





Kemudian yang kedua video penelaahan sangat mudah dibuat, bahkan hanya dengan handphone. Tenaga pendidik atau pelajar didik bisa dengan mudah membuat video media pengajian pengkajian. Guna yang ketiga adalah menciptakan menjadikan pelajaran jarak jauh menjadi efektif.







“Dan manfaat yang keempat adalah, materi yang dibuat dalam bentuk video akan sangat mudah dibagikan ke petatar jaga dengan berbagai macam aplikasi, seperti mana WA, Line dan seterusnya,” jelasnya. (Hendriyanto)