Cara Mindahin Foto Ke Laptop

Saat kalian memperalat sebuah kamera digital misalnya kamera DSLR untuk mengambil foto, kodrati file hasil jepretan kamera tersebut akan di simpan sreg memory. Biasanya memory yang digunakan adalah memory external (silahkan baca varietas memory external). Kita ambil contoh merupakan memory SDHC seperti yang saya gunakan sekarang ini. Kapasitas memory external berbeda – beda, mulai berusul 8 GB, 16 GB, 32 GB dan seterusnya setakat dengan ratusan GB justru masa ini sudah hingga ke ribuan GB maupun TB (TeraByte). Kalian boleh cek serempak kapasitas memory yang kalian miliki pada cover memory card-nya.

Cara memindahkan data berupa Foto dan Video dari memory card kamera DSLR ke komputer (Laptop, Notebook, Netbook, PC), Flashdisk maupun Harddisk External dengan menggunakan kabel USB bawaan kamera secara langsung maupun dengan cara mencopot memory card (SD Card) dan memasukkan ke card reader agar terbaca oleh komputer.
Cara menjangkitkan data riil Foto dan Video dari memory card kamera DSLR ke komputer (Laptop, Notebook, Netbook, PC), Flashdisk maupun Harddisk External dengan menggunakan benang kuningan USB bawaan kamera secara serempak maupun dengan cara mencopot memory card (SD Card) dan memasukkan ke card reader agar terbaca maka itu komputer jinjing.

Semakin tataran kapasitas memory yang digunakan maka semakin banyak pula foto dan video yang boleh disimpan. Rata – rata foto nan dihasilkan kamera DSLR dengan fomat RAW lebih dari 5 MB per foto, tergantung berbunga settingan kualitas fotonya. Foto nan tersimpan pada memory card bisa dipindahkan ke media lain seperti mana PC, Notebook, Netbook, Flashdisk atau Hardisk External. Nan jadi pertanyaan adalah bagaimana cara memindahkan foto tersebut?

Bikin memindahkannya, dibutuhkan bilang gawai ialah :

  • Laptop (Notebook ataupun Netbook) atau PC dengan spesifikasi tunggul alias nan disarankan OS paling kecil Windows 7 32bit/ 64bit, RAM minimal 2 GB.
  • Kabel USB buah tangan Kamera DSLR.
  • Card Reader (Bila menunggangi PC bila menggunakan Laptop tidak diperlukan asal suka-suka port SD Card)

Terserah 2 cara menjangkitkan Foto dan Video berasal tustel DSLR ke Laptop ataupun PC yaitu :

  1. Langsung, denga menghubungkan kodak DSLR ke Laptop atau PC dengan media benang besi USB kamera.
  2. Tidak Langsung, dengan cara mengonyot memory card sederum terbit kamera kemudian dimasukkan ke port SD Card sreg laptop atau Card Reader. Baiklah sambil saja Saya telaah satu persatu.

Menularkan Foto dan Video terbit DSLR Secara Langsung

Keadaan pertama bisa jadi nan harus dilakukan merupakan membuka karet penutup port usb lega kamera DSLR, biasanya terdapat pada bagian samping body. Kalau yang standar Canon terdapat 3 port merupakan yang pertama port berbentuk bulat yaitu kerjakan benang tembaga remote shutter, port kedua adalah  untuk HDMI dan yang ketiga adalah port USB.

Letak port USB kamera DSLR Canon biasanya pada samping body dan terdapat penutup karetnya
Letak port USB kamera DSLR Canon galibnya pada samping body dan terwalak penghabisan karetnya
Contoh pada kamera DSLR Canon EOS 1100D terdapat 3 port, yaitu USB, HDMI dan remote
Acuan lega kamera DSLR Canon EOS 1100D terdapat 3 port, yaitu USB, HDMI dan remote

Tidak usah risau riuk colok karena lubang portnya berbeda- beda dari segi rang dan cak semau namanya. Kemudian colokkan kabel USB yang ujungnya kecil ke kamera dan ujung satunya lagi yang bentuknya agak pecak dicolokkan ke port USB pada Laptop (Port ini terletak pada bagian samping Laptop ataupun jika plong PC terdapat pada penggalan depan dan pinggul).

Kabel USB original bawaan Canon
Dawai USB original oleh-oleh Canon
Colokkan kabel USB yang ujungnya lebih kecil ke port kamera DSLR
Colokkan kawat USB yang ujungnya bertambah kerdil ke port tustel DSLR
Port yang ujungnya agak pipih colokkan ke port USB pada Laptop atau PC
Port nan ujungnya duga pecak colokkan ke port USB sreg Laptop atau PC
Setelah Port USB terpasang, power pada kamera DSLR harus dalam posisi ON agar file terbaca oleh komputer
Setelah Port USB terpancang, power plong kamera DSLR harus kerumahtanggaan posisi ON agar file terbaca oleh komputer jinjing

Sesudah masing-masing ujung benang besi USB tercolok pada kamera dan Laptop, atau dengan kata enggak kedua perangkat sudah terhubung melampaui broker kabel tersebut, jangan sebatas lupa bikin menyalakan power ON pada kamera kalian. Setelah ON otomatis SD Card akan terbaca oleh Laptop atau PC. Lakukan memastikan telah terbaca atau belum, buka windows Explorer dengan pendirian klik kanan lega tombol start dan pilih spontan klik Open Windows Explorer.

Cara mengecek apakah memory card kamera DSLR sudah terbaca oleh komputer atau belum
Cara menokoh apakah memory card kamera DSLR mutakadim terbaca maka dari itu komputer atau belum

Coba kalian lihat pada bagian Computer paling pangkal setelah drive partisi Laptop kalian, galibnya di situ terbaca jenis kodak DSLR yang kalian gunakan. Sebagai transendental di sini saya gunakan kodak Canon EOS 1100D. Lalu dimana letak foto atau videonya? Tidak usah ganar, kalian klik jenis kamera kalian, kemudian lihat pada window sebelah kanan seperti rancangan di sumber akar ini.

Memory Card pada kamera DSLR terdeteksi oleh komputer
Memory Card plong kamera DSLR terdeteksi maka itu komputer
Folder pada memory card yaitu tempat disimpannya Foto dan Video kamera DSLR
Folder pada memory card yaitu bekas disimpannya Foto dan Video kamera DSLR
Setelah folder diatat dibuka, maka muncul Foto-foto dan Video yang tersimpan pada SD Card kamera
Pasca- folder diatat dibuka, maka muncul Foto-foto dan Video yang tersimpan lega SD Card kodak

Menjangkitkan Foto dan Video bersumber DSLR Secara Tidak Sambil

Cara yang satu ini dilakukan dengan mencopot SD Card yang ada pada tustel DSLR kalian. Kaidah melepas SD Card atau memory card dari tustel silam mudah, kejadian pertama yang harus kalian untuk adalah mencari tutup tempat dipasangnya SD Card, pada lazimnya terletak pada bagian asal kamera, bersebelahan dengan tempat Baterai kodak. Sahaja pada beberapa type kodak lainnya, letak SD Card dan Baterai terpisah, silahkan gunakan buku petunjuk yang disertakan di dalam box ketika kalian membeli tustel tersebut. Cabut memory card tersebut dengan menekannya terlebih terlampau untuk membuka kunci, setelah itu baru dicabut dari tempatnya.

Cara melepas SD Card pada kamera DSLR Canon
Cara melepas SD Card pada kamera DSLR Canon

Telaah port SD Card sreg Laptop kalian, bukan semua Laptop memiliki port ini, biasanya bakal jenis Netbook enggak ada. Bila memang tidak ada silahkan gunakan Card Reader. Masukkan SD Card ke port SD Card pada Laptop, tekan hingga terdengar bunyi “klik”. Setelah pencantuman dilakukan dengan benar maka SD Card tersebut otomatis terbaca (muncul seperti mana pop up AUTOPLAY). Bikin membukanya adv amat klik Open folder to view files. Setelah itu terbuka windows explorer sebagaimana gambar berikut.

Port SD card atau card reader pada Laptop
Port SD card atau card reader pada Laptop
AutoPlay muncul otomatis ketika SD card sudah terbaca oleh komputer
AutoPlay muncul otomatis detik SD card sudah terbaca oleh komputer
Setelah SD Card terbaca dan dibuka maka akan mucul 2 Foder DCIM dan MSC
Sesudah SD Card terbaca dan dibuka maka akan mucul 2 Foder DCIM dan MSC

Folder yang berilmu Foto dan Video merupakan Folder DCIM sedangkan folder MSC biasanya digdaya data system saja. Kerjakan meng-copy foto atau video ke Flashdisk alias Hardisk External caranya mudah, lalu memilah-milah foto yang akan di copy (tekan ctrl+klik foto yang dipilih) kemudian klik kanan – copy, paste pada Flashdisk ataupun Harddisk kalian nan sebelumnya sudah dihubungkan ke port Laptop. Mudah bukan cara melakukan pemindahan data Foto dan Video bermula kamera DSLR ke alat lainnya.

Cara di atas memang mudah lakukan yang sudah terbiasa, sekadar gimana akibatnya apabila memory card kamera kita terdapat keterangan error ataupun format? Padahal kalian belum sempat memindahkan foto maupun video kalian ke perangkat lain. Situasi ini akan saya bahas pada artikel seterusnya, karena terserah beberapa metode yang harus dilakukan dan membutuhkan software pelengkap yang harus kalian download terlebih dahulu. Demikian artikel saya kali ini, seharusnya bermanfaat bagi kalian, Syukur.

Source: https://www.digitografi.com/2017/06/cara-mudah-memindahkan-foto-video-dari-kamera-dslr-ke-laptop-komputer.html

Posted by: and-make.com