Cara Menghitung Persenan Di Excel

Prinsip Berbuat Analisis Regresi Multiples (Berganda) dengan SPSS
| Kajian regresi merupakan suatu metode atau teknik analisis hipotesis penajaman buat menguji ada tidaknya pengaruh antara variabel suatu dengan variabel tak nan dinyatakan dalam bentuk persamaan matematik (regresi). Kajian regresi linear multiples atau berganda berfungsi buat berburu pengaruh dari dua atau lebih variabel independent (variabel bebas maupun X) terhadap variabel dependent (variabel tertambat atau Y).

Cara Melakukan Analisis Regresi Multiples (Berganda) dengan SPSS

Dengan demikian, secara terlambat dapat dikatakan bahwa, apabila kita ingin mengetahui terserah tidaknya pengaruh satu variabel X terhadap variabel Y maka digunakan amatan regresi primitif. Tentatif apabila kita kepingin mengerti pengaruh dua lentur X atau lebih terhadap variabel Y maka digunakan analisis regresi linear ganda (multiples).

Asumsi Analisis Regresi Multiples (Berganda)

Sebelum kita mengamalkan analisis regresi multiples ataupun regresi linear berganda untuk uji dugaan penelitian, maka ada beberapa asumsi atau persyaratan yang harus terwujud dalam model regresi. Persyaratan ataupun asumsi ini dibuktikan melalui serangkaian uji presumsi klasik mencakup:

  1. Uji normalitas, dimana asumsi yang harus terpenuhi yaitu contoh regresi berdistribusi normal.
  2. Uji linearitas, dimana hubungan yang terbentuk antara variabel independent dengan variabel dependent secara segmental adalah linear.
  3. Uji multikolinearitas, dimana pola regresi nan baik ialah tidak terjadi gejala multikolinearitas.
  4. Uji heteroskedastisitas, dalam paradigma regresi tak terjadi gejala heteroskedastisitas.
  5. Uji autokorelasi (khusus lakukan data time series), persyaratan yang harus tersalurkan adalah enggak terjadi autokorelasi.

Pada kesempatan kali ini kita bukan akan membahas secara detail mengenai uji asumsi klasik di atas, karena fokus kita kerumahtanggaan pembahasan artikel ini adalah analisis regresi multiples (ganda). Mengenai rumus kemiripan analisis regresi multiples adalah sebagai berikut:

“Theoremanya: Y = a+b1x1+b2x2….bn”

Teladan Kasus Analisis Regresi Multiples

Setelah kita mengetahui teori alias konsep dasar mengenai amatan regresi multiples ini, sekarang kita timbrung ke fragmen prinsip melakukan analisis regresi multiples dengan SPSS versi 21. Sebagai contoh, kita ingin mengetahui apakah ada pengaruh variabel Motivasi (X1) dan variabel Minat (X2), terhadap luwes Performa (Y), data studi ini mempunyai spesimen sebanyak 12 orang siswa. Adapun data lengkapnya boleh dia lihat lega gambar di bawah ini.

Cara Melakukan Analisis Regresi Multiples (Berganda) dengan SPSS

[Download Data excel, Input-Output SPSS]


Persiapan-Ancang Analisis Regresi Multiples (Berganda) dengan SPSS

1.
Beber program SPSS, klikVariable View, selanjutnya, pada babak
Name
tulis Lecut, Minat dan Kinerja. Pada
Decimals
ubah semua menjadi ponten 0. Pada babak
Label
tuliskan Ki dorongan (X1), Minat (X2), dan Prestasi (Y). Pada bagian
Measure
pilih
Scale. Maka tampak dilayar sebagaimana gambar berikut ini.

Cara Melakukan Analisis Regresi Multiples (Berganda) dengan SPSS

2.
Sehabis itu, klik
Data View, suntuk masukkan data Motivasi (X1), Minat (X2) dan Prestasi (Y) yang mutakadim dipersiapkan tadi. Tampak dilayar SPSS.

Cara Melakukan Analisis Regresi Multiples (Berganda) dengan SPSS

3.
Selanjutnya, dari menu utama SPSS, pilihAnalyze – Regression – Linear

Cara Melakukan Analisis Regresi Multiples (Berganda) dengan SPSS

4.
Muncul kotak dialog dengan label “Linear Regression”, masukkan luwes Pecut (X1), Minat (X2) ke kotak
Independent(s), masukkan variabel Prestasi (Y) pada kotak
Dependent, puas adeganMethod
pilih
Enter, selanjutnya klik
Statistics…

Cara Melakukan Analisis Regresi Multiples (Berganda) dengan SPSS

5. Pada penggalan “Linear Regression: Statistics”, berikan tanda centang pada
Estimates
dan
Model fit
kemudian klik
Continue

Cara Melakukan Analisis Regresi Multiples (Berganda) dengan SPSS

6.
Ancang keladak adalah klik
Ok, maka akan muncul output SPSS

Diagram Output SPSS Analisis Regresi Multiples (Berganda)

Output SPSS Analisis Regresi Multiples (Berganda)

Tabel output “Variables Entered/Removed” di atas memberikan informasi tentang lentur penelitian serta metode yang digunakan intern analisis regresi. Adapun elastis independent nan dipakai dalam analisis ini yakni plastis Minat dan Ki dorongan. Sementara variabel dependent adalah lentur Penampakan. Amatan regresi menggunakan metode Enter. Enggak suka-suka plastis yang dibuang sehingga lega rubrik Variables Removed tak cak semau angkanya atau kosong.

Output SPSS Analisis Regresi Multiples (Berganda)

Tabel “Model Summary” memberikan informasi tentang poin koefisien determinasi, yakni kontribusi alias sumbangan pengaruh laur minat dan pecut secara simultan (bersama-sama) terhadap elastis prestasi. Pembahasan adapun diagram di atas bisa anda simak sreg artikel: Makna Koefisien Determinasi [R Square] dalam Amatan Regresi Linear

Output SPSS Analisis Regresi Multiples (Berganda)

Diagram “ANOVA” memberikan informasi mengenai ada tidaknya pengaturan variabel minat dan motivasi secara simultan (bersama-sama) terhadap variabel prestasi. Pembahasan mengenai dominasi serempak ini dapat kamu simak plong artikel: Pendirian Melakukan Uji F Simultan dalam Analisis Regresi

Output SPSS Analisis Regresi Multiples (Berganda)

Diagram “Coefficients” memberikan informasi tentang persamaan regresi dan terserah tidaknya dominasi variabel minat dan cemeti secara parsial (sendiri-koteng) terhadap variabel prestasi. Adapun rumus persamaan regresi kerumahtanggaan analisis maupun investigasi ini adalah bak berikut:

Y = a+b1x1+b2x2 atau Y = 2,612 + 0,192 + 0,888

Darurat, untuk mengetahui suka-suka tidaknya supremsi fleksibel minat dan pecut secara parsial (sendiri-sendiri) terhadap variabel prestasi, maka pembahasannya dapat anda simak pada artikel berikut: Cara Melakukan Uji lengkung langit Fragmentaris kerumahtanggaan Amatan Regresi dengan SPSS

Berdasarkan keempat output di atas, maka kita dapat membuat ringkasan hasil analisis regresi multiples sebagai halnya gambar di pangkal ini.

Ringkasan Output SPSS Analisis Regresi Multiples (Berganda)

Ringkasan tabel di atas penting untuk mempermudah para mengaji dalam melihat cerminan hasil analisis regresi yang terwalak dalam penajaman kita. Dengan demikian tabel output amatan regresi multiples tersebut tak wajib dimasukkan secara utuh dalam BAB pembahasan penyelidikan, sahaja cukup dicantumkan dalam pelengkap penelitian hanya.

Demikian panduan tentang

Cara Berbuat Analisis Regresi Multiples (Berganda) dengan SPSS


yang boleh saya tulis pada kesempatan kali ini. Semoga penting dan terimakasih.

[Prolog Sentral Pengejaran: Mandu melakukan analisis regresi multiples dengan SPSS alias sering disebut dengan uji analisis regresi linear berganda digunakan lakukan menguji pengaruh antara elastis bebas terhadap lentur tergiring] [Img: Dokumen program SPSS versi 21]

Lihat Lagi: VIDEO Uji t dan Uji F dalam Amatan Regresi Berganda

UPDATE DATA: JUM’AT, 19 FEBRUARI 2021

Source: http://www.spssindonesia.com/2014/02/analisis-regresi-multipes-dengan-spss.html

Posted by: and-make.com