Fungsi if puas exceldigunakan kalau ada pernyataan ekspresi logika nan mempunyai perintah diantara “riuk” atau “bermartabat”. penggunaan kepentingan IF hampir kaitannya dengan fungsi logika maupun ekspresi logika. Berikut persiapan alias panduan
cara penggunaan faedah if puas microsoft excel 2007.

Mengenal fungsi logika

Fungsi atau expresi logika biasanya digunakan untuk operator koneksi sebagai berikut :

gambar operasi relasi logika excel

Bikin penggunaan expresi logika, lihat pola soal untuk kekuatan logika dalam penerapannya di bawah ini:
expresi logika broo

Buatlah di sheet lembar kerja excel anda yang hijau, adv amat ia ketik pertanyaan seperti gambar di atas. Bila  hasil jawaban  Dia cak bagi kolom “C” seperti buram di asal ini, artinya jawaban Anda mutakadim bermoral.

gambar ekspresi logika2

Ket: Kalau ditampilkan pernyataan “TRUE” berarti benar, “FALSE” signifikan salah.

1. Eksploitasi Khasiat If (menghitung Tunjangan dan Jumlah Gaji)

Pasca- fungsi logika diatas sudah sira pahami, masa ini waktunya kita melangkah ke Arti IF. Untuk lebih memudahkan kesadaran Kamu. Kerjakan soal berikut di bawah ini:

Contoh Cak bertanya: Lihat gambar di pangkal ini, isilah “ruangan tunjangan” dan “total gaji”dengan menunggangi Arti. Tunjangan 30% berusul Gaji Pokok, dan diperoleh jika lama kerja di atas 2 tahun.

gambarlogika if

Untuk menghitung tunjangan gunakan keistimewaan IF di Sel E7. Setelah mengisi formula di penjara E7, copy formula drag hinga penjara E13. Rang penulisan fungsi IF yaitu sebagai berikut,

=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false),

atau

=IF(tes_logika;nilai_jika_benar;nilai_jika_salah)

Goresan: Bakal takwim di komputer jinjing dengan format 24 hours, pada penulisan formula gunakan pemisah; (tutul koma) seperti penulisan kekuatan IF diatas. Padahal lakukan format penanggalan AM PM, gunakan pemisah, (koma), seperti transendental pengerjaan dibawah ini:

Cak bagi cak bertanya di atas rumus bakal mengisi “tunjangan” merupakan =if(D7>2,30%*C7,0)

gambar logika if 2

Lalu Untuk menghitung besaran gaji gunakan insinyur penjumalahan di rumah pasung F7. Setelah mengisi formula di penjara F7, copy formula atau drag hinga sel F13, lihat gambar di bawah ini:

gambar logika if 3

Hasil keseluruhan pecah soal di atas, dapat dilihat pada gambar di asal ini :

gambar logika if 4

Artikel menarik lainnya: penjelasan mengenai keefektifan VLOOKUP dan HLOOKUP disertai gambar

2. Pemanfaatan Fungsi If (menghitung Total dan Diskon)

Teladan soal: Isilah rubrik “Total” dan “Diskon” susuk di bawah ini, dengan menggunakan Kurnia. Diskon 10% diperoleh jika yang dibeli adalah komputer Merk Relion dengan pembelian kuantitas di atas 30000000.

gambar fungsi if 5

Untuk menghitung “besaran” soal di atas, gunakan insinyur perkalian. Setelah mengisi formula di terungku F5, copy formula atau drag hingga kamp F10. Lihat gambar di bawah ini:

gambar logika if 6

Untuk menghitung kuantitas “diskon” gunakan arti IF dan AND di F5. Setelah mengisi formula di sel G5, copy formula atau drag sebatas sel G10.

gambar logika if 7

Goresan: Fungsi AND menghasilkan nilai TRUE (benar) takdirnya semua argumen yang diuji bernilai bermoral dan akan menghasilkan nilai FALSE (pelecok) seandainya salah satu alias makin argumen bernilai salah. Bentuk penulisan fungsinya adalah =AND(logical1,logical2,…). Internal soal di atas tadi dikombinasikan dengan IF.

gambar fungsi if 8

Bakal mendapatkan/download materi kamil
keefektifan excel if
di atas , silahkan anda download tutorialnya di sini ataupun bila cak hendak membaca artikel lainnya silahkan baca artikel sebelumnya cara cak menjumlah sum, count, dan counta.

Demikian tutorial excel
cara menggunakan rumus if di excel 2007, semoga bermanfaat.