Belajar Dasar-dasar Ilmu Komputer Bagian 3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Aji-aji komputer
(bahasa Inggris:

Computer Science
), Secara mahajana diartikan laksana ilmu yang mempelajari baik akan halnya komputasi, perangkat keras (hardware) ataupun perangkat sabar (software). Mantra komputer mencengap beragam topik yang berkaitan dengan komputer, menginjak dari algoritma hingga subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, organ lunak dan perabot keras.[1]
Ibarat satu disiplin hobatan, Aji-aji Komputer jinjing makin menekankan pada pemrograman komputer jinjing, dan persekongkolan perangkat lunak (software), tentatif teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan kejadian-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Saja, kedua istilah tersebut cak acap disalah artikan oleh banyak khalayak.[2]
[3]

Tesis Church-Turing menyatakan bahwa semua perabot komputasi yang sudah lalu mahajana diketahui senyatanya sebanding dalam hal apa nan boleh mereka lakukan, sekalipun dengan efisiensi yang berbeda. Tesis ini sewaktu-waktu dianggap seumpama prinsip dasar dari ilmu komputer. Para ahli ilmu komputer rata-rata menonjolkan komputer von Neumann alias mesin Turing (komputer jinjing nan melakukan tugas nan boncel dan deterministik puas suatu waktu tertentu), karena kejadian seperti itulah kebanyakan komputer jinjing digunakan sekarang ini.[4]
[5]
Para pandai ilmu komputer pun mempelajari diversifikasi mesin nan tidak, beberapa diantaranya belum boleh dipakai secara praktikal (begitu juga komputer neural, komputer DNA, dan komputer kuantum) serta bilang diantaranya masih memadai teoretis (sebagaimana komputer random and komputer oracle).

Hobatan komputer mempelajari segala yang boleh dilakukan oleh sejumlah program, dan apa nan bukan (komputabilitas dan kecerdikan buatan), bagaimana programa itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritme), bagaimana program harus menyimpan dan cekut bit tertentu semenjak satu takrif (struktur data), dan bagaimana programa dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).

Ilmu komputer berurat dari elektronika, ilmu hitung dan ilmu bahasa. Dalam tiga dekade terakhir berusul abad ke-20, ilmu komputer sudah lalu menjadi suatu disiplin mantra baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri.

Departemen hobatan komputer jinjing pertama didirikan di Perhimpunan Purdue sreg musim 1962. Hampir semua universitas sekarang punya departemen ilmu komputer.

Penghargaan termulia dalam aji-aji komputer yakni Turing Award, juara sanjungan ini adalah semua pionir di bidangnya.

Edsger Dijkstra mengatakan:

Ilmu komputer lain mengenai komputer sebagaimana astronomi lain tentang teleskop

Fisikawan Richard Feynman mengatakan:

Ilmu komputer umurnya tidak setua fisika; bertambah muda sejumlah ratus tahun. Walaupun begitu, ini tidak berarti bahwa “saji” sarjana komputer jauh lebih abnormal dibanding fisikawan. Memang lebih mulai dewasa, tapi dibesarkan secara jauh bertambah intensif!


Catatan mengenai istilah ‘informatika’ dan ‘ilmu komputer’

[sunting
|
sunting sendang]

Dalam bahasa Indonesia, istilah
informatika
diturunkan berusul bahasa Prancis
informatique, yang dalam bahasa Jerman disebut
informatik. Sebenarnya, prolog ini identik dengan istilah
computer science
di Amerika Kongsi dan
computing science
di Inggris. Sekadar, istilah
informatics
dalam bahasa Inggris n kepunyaan makna yang rendah berbeda, yaitu makin menekankan pada aspek pengolahan informasi secara sistematis dan rasional.

Perikatan informatika dengan bidang tak

[sunting
|
sunting sumur]

Ilmu komputer jinjing berkaitan erat dengan beberapa bidang lain. Bidang-bidang ini tidak khusyuk terpisah, sekalipun n kepunyaan perbedaan berjasa.

Sistem informasi

[sunting
|
sunting perigi]

Sistem pemberitaan adalah petisi komputer buat mendukung propaganda berbunga suatu organisasi yaitu: operasi, instalasi, dan pemeliharaan komputer jinjing, perangkat sabar, dan data.[6]
Sistem permakluman manajemen yaitu kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal pengelolaan. ‘Sistem pesiaran’ dapat nyata gayutan dari sejumlah elemen teknologi berbasis komputer yang tukar berinteraksi dan bermitra beralaskan suatu prosedur kerja (kebiasaan kerja) yang telah ditetapkan, dimana memproses dan merebus data menjadi satu bentuk informasi yang dapat digunakan dalam kontributif keputusan.

Ilmu Informasi

[sunting
|
sunting sumur]

Aji-aji informasi
merupakan hobatan yang mempelajari data dan informasi, mencakup bagaimana menginterpretasi, menganalisis, menyimpan, dan mencekit kembali. Hobatan informasi dimulai umpama asal pecah kajian komunikasi dan basis data.[7]

Rekayasa alat lunak

[sunting
|
sunting sumber]

Kolusi perangkat lunak pada prinsipnya menitikberatkan pada tahapan-hierarki ekspansi satu perabot panjang hati yakni: analisis, desain, implementasi, testing, dan maintenance. Puas tahap nan lebih luas, kolusi perangkat lunak mengacu pada penyelenggaraan kiriman pengembangan perkakas panjang usus itu sendiri dengan tetap kecam jenjang-tahapan pengembangan sebelumnya.[8]

N domestik pengembangannya, perangkat panjang hati memiliki berbagai model, yaitu teoretis
water fall
(‘paradigma stereotip’ sebagai contoh utama nan dikembangkan dan karena model water fall nyaris sekelas dengan siklus arwah pengembangan sistem), model prototype (‘cermin yang disukai makanya user dan bendung), model sequensial linear, model RAD ‘rapid application transendental’, model ‘jamak method’ ataupun ‘metode formal’ disini sebelum diadakannya implementasi terlebih dahulu rencana model yang dibuat diverifikasi terlebih dahulu sehingga tidak cak semau kembali kesalahan – kesalahan pron bila implementasi.


Rekayasa komputer jinjing (rekayasa perangkat gentur)

[sunting
|
sunting sumur]

Rekayasa komputer ialah ilmu yang mempelajari amatan, desain, dan konstruksi dari perangkat keras komputer jinjing.

Ilmu yang mempelajari segala aspek pembuatan, konstruksi, penjagaan perangkat lunak.

Keamanan publikasi

[sunting
|
sunting sumber]

Keamanan informasi adalah ilmu yang mempelajari analisis dan implementasi berpangkal keamanan sistem manifesto. Adapun materi yang dipelajari dalam keadaan keamanan proklamasi yaitu kriptografi, steganografi, dan watermark.

Ilmu penting teknik informatika

[sunting
|
sunting sendang]

Dasar matematika

[sunting
|
sunting sumber]

  • Aljabar boolean
  • Ilmu hitung diskrit
  • Kalkulus
  • Teori graf
  • Teori mualamat
  • Logika simbolik
  • Kemungkinan dan statistik

Teori hobatan komputer

[sunting
|
sunting sumber]

  • Teori informasi algoritmik
  • Kompilator
    • Analisis leksikal
    • Presentasi
  • Kriptografi
  • Semantik denotasional
  • Teori komputasi (atau
    aji-aji komputer pola)

    • analisis dari algoritme dan kekeruhan berpokok kebobrokan
    • logika dan manfaat berbunga program
    • logika matematika dan bahasa lazim
  • Teori tipe

Perangkat lunak

[sunting
|
sunting sendang]

  • Programa komputer jinjing and pemrograman komputer
    • Pemrograman paralel
    • Spesifikasi program
    • Verifikasi programa
  • Teknik pemrograman
  • Instrumen komputer jinjing
  • Kolusi peranti lunak
    • Optimisasi
    • Metrik perangkat sabar
    • Paradigma desain
    • Metode pengembangan organ lunak
  • Bahasa pemrograman
  • Sistem operasi

Organisasi sistem komputer jinjing

[sunting
|
sunting perigi]

(lihat juga elektronika)

  • Arsitektur komputer
  • Jaringan komputer
  • Komputasi terdistribusi
  • Komputasi grid
  • Performa bermula sistem
  • Implementasi dari sistem komputer jinjing

Data dan sistem informasi

[sunting
|
sunting sendang]

  • Struktur data
  • Representasi penyimpan data
  • Enkripsi data
  • Kompresi data
  • Pengkodean dan teori siaran
  • Bebat
    • Ukuran berkas
  • Sistem proklamasi
    • Basis data
    • Data mining
    • Data warehouse (gudang data)
    • Penyimpanan dan pengutipan informasi
    • Antarmuka dan presentasi informasi

Metodologi komputasi

[sunting
|
sunting mata air]

  • Manipulasi simbolik dan aljabar
  • Kecerdasan sintetis
  • Diagram komputer jinjing
  • Pengolahan citra dan visi komputer jinjing
  • Pengenalan hipotetis
    • Pengenalan suara
  • Simulasi dan pemodelan
  • Pengolahan dokumen dan teks
  • Penggodokan sinyal digital

Permohonan komputer

[sunting
|
sunting mata air]

  • Pengolahan data administratif
  • Perangkat lunak matematika
    • Kajian numerik
    • Pembukti teori faali
    • Aljabar komputer
  • Ilmu dan teknik fisika
    • Ilmu pisah komputasional
    • Fisika Komputasional
  • Biologi dan medis
    • Bioinformatika
    • Ilmu hayat komputasional
    • Informatika medika
  • Sosiologi
  • Seni dan kemanusiaan
  • Kolusi berbantuan komputer
  • Robotik
  • Interaksi orang dan komputer
    • Sintesa suara
    • Rekayasa kedapatgunaan
  • Hiburan
    • Permainan komputer

Lingkungan komputasi

[sunting
|
sunting sendang]

  • Pabrik komputer jinjing
  • Memori mulai sejak perhitungan
  • Komputer jinjing dan pendidikan
  • Komputer dan masyarakat
    • Kerja kooperatif didukung komputer
  • Aspek syariat dari komputer
  • Manajemen dari komputasi dan sistem wara-wara
  • Komputer personal
  • Komputer jinjing dan keamanan informasi

Sejarah

[sunting
|
sunting sumber]

  • Ki kenangan berusul perhitungan
  • Projek pemrograman awal
  • Departemen ilmu komputer
  • Garis waktu pecah algoritme

Ahli populer ilmu komputer

[sunting
|
sunting perigi]

  • John Backus Penemu FORTRAN, bahasa pemrograman tingkat tahapan permulaan dan susunan Backus-Naur bakal mendeskripsikan bahasa resmi sintaks.
  • James Cooley dan John Tuckey Fourier Transform Cepat (Fast Fourier Transform) dan pengaruhnya puas riset keilmuan.
  • Ole-Johan Dahl dan Kristen Nygaard, penemu bahasa cenderung objek SIMULA.
  • Edsger Dijkstra untuk algoritme, Goto dianggap berbahaya.
  • Kenneth Iverson Penemu APL, bakal kontribusinya di perhitungan interaktif.
  • William Kahan untuk liwa IEEE floating-point.
  • Donald Knuth bakal seni dari pemrograman komputer jinjing
  • Ada Lovelace programmer terkenal pertama di dunia
  • John von Neumann yang telah mengembangkan arsitektur von Neumann.
  • Claude E. Shannon untuk teori informasi
  • Alan Turing bakal teori komputabilitas.
  • James Wilkinson Teknik “analisis kesalahan mulai sejak belakang” dan kesuksesan di bidang perhitungan matriks. Wilkinson yaitu juga penggerak internal ekspansi Pilot ACE, komputer di Inggris yang pertama, pada akhir 1940-an. (lihat Wilkinson pada biografi MacTutor.)
  • Konrad Zuse Pereka cipta binari komputer yang pertama pada 1930-an, di mana dia menrencanakan bahasa pemrograman jauh sebelum waktunya.

Lihat Daftar Ahli ilmu Komputer bagi takrif lebih lanjut.

Lihat pula

[sunting
|
sunting sumber]

  • Kutu (Kekutu, EN: bug)
  • Bahasa pemrograman
  • Perhitungan
  • Album pecah perhitungan
  • Turing Award (ACM)
  • Medali IEEE John von Neumann
  • Hello world
  • Daftar istilah teknologi butir-butir
  • Topik terdepan mantra komputer
  • Simile rekaan
  • Internet
  • Multimedia
  • Akusisi data
  • Tolok
  • Jaringan pengawasan
  • Format suratan komputer

Referensi

[sunting
|
sunting sumur]


  1. ^


    Mushthofa (2021).
    Informatika bagi SMA Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan. hlm. 246. ISBN 978-602-244-506-7.





  2. ^


    “What is Computer Science? – Computer Science, The University of York”.
    www.cs.york.ac.uk
    . Diakses tanggal
    2020-08-04
    .





  3. ^


    “Wayback Machine”
    (PDF).
    web.archive.org. 2006-05-25. Archived from the original on 2006-05-25. Diakses tanggal
    2020-08-04
    .





  4. ^


    De Mol, Liesbeth (2019). Zalta, Edward Falak., ed.
    The Stanford Encyclopedia of Philosophy
    (edisi ke-Winter 2019). Metaphysics Research Lab, Stanford University.





    [
    pranala bebas tugas permanen
    ]



  5. ^


    “Turing machine | Definition & Facts”.
    Encyclopedia Britannica
    (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal
    2020-08-04
    .





  6. ^


    “Trustworthy Refinement Through Intrusion-Aware Design”.
    web.archive.org. 2007-09-03. Archived from the original on 2007-09-03. Diakses tanggal
    2020-08-04
    .





  7. ^


    Stock, Wolfgang G.; Stock, Mechtild (2013-07-31).
    Handbook of Information Science
    (dalam bahasa Inggris). Walter de Gruyter. ISBN 978-3-11-023500-5.





  8. ^


    Laplante, Philip A. (2007-04-25).
    What Every Engineer Should Know about Software Engineering
    (dalam bahasa Inggris). CRC Press. ISBN 978-1-4200-0674-2.




Pranala luar

[sunting
|
sunting mata air]

  • Kumpulan Informasi Guna-guna Komputer jinjing
  • Belajar Ilmu Komputer – tersedia puluhan ribu istilah
  • Daftar perguruan hierarki di Indonesia nan terakreditasi, berikut informasi akreditasinya (dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tangga):
    • Perhimpunan dengan program studi
      Ilmu Komputer
      Diarsipkan 2007-09-28 di Wayback Machine.
    • Perguruan tahapan dengan acara pengkhususan
      Teknik Informatika
      Diarsipkan 2007-09-28 di Wayback Machine.
    • Perguruan tinggi dengan program studi yang mengandung alas kata
      informatika
      (Teknik Informatika, Tata Informatika, dsb.) Diarsipkan 2007-09-28 di Wayback Machine.
    • Perguruan panjang dengan program studi yang mengandung kata
      komputer
      (Ilmu Komputer, Teknik Komputer jinjing, dsb.) Diarsipkan 2007-09-28 di Wayback Machine.



Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_komputer

Posted by: and-make.com