Belajar Arsitektur Jaringan Komputer Dasar


Alat penglihatan Pelajaran Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ini spesifik bakal bahan pembelajaran bikin siswa /siswi SMK Kompetensi Jurusan TKJ. Teknik Komputer dan Informatika merupakan sebuah keahlian dibidang  Teknologi, Pengetahuan, dan Komunikasi.

Untuk Materi bahan ajaran masing – masig mata pelajaran disusun maka itu guru bidang pengkhususan (Master Pengajar). dibawah ini saya hanya membagikan materi kursus khusus dibidang kompetensinya yaitu Teknik Komputer Jaringan.



MATERI PELAJARAN SMK TEKNIK Komputer JARINGAN

KELAS 10 – 11 – 12 SMK TKJ

Daftar Isi Materi

1. Gerakan System


Operasi System yang gegares disingkat OS adalah  Sistem perangkat lunak yang mengatur sumber daya mulai sejak hardware ataupun software dan berperan misal daemond cak bagi program komputer. Tanpa Sistem Kampanye komputer enggak bisa menjalankan programa aplikasi mereka, kecuali program booting. Materi ini siswa / siswi akan mempelajari tentang aplikasi berbasis open source dan close source. Dan belajar tentang
BIOS (Basic Input Output System).

2. Perakitan Komputer


Plong materi ini pelajar akan mengenal dan mempelajari peranti keras komputer jinjing lalu kemudian mereka akan membongkar dan merakitnya pun. Selain itu siswa akan mengenal tentang :
Hardware
Software
Peripheral y
ang menjadi suku cadang basic komputer.

3. Sistem Komputer

Materi ini akan mempelajari adapun bilangan, seperti mana biner, heksadesimal, oktal dan pengorvesiannya. Materi ini juga akan mempelajari dan memahami arsitektur komputer, dan organisasi komputer.

4. Pemograman Dasar


Materi Pemograman dasar akan membahas tentang seputar pangkal
Codingan
 Bahasa Pemrograman Pascal, C++, dan Java. yang diawali dengan membuat algoritma dan flowchart.

5. Pemrograman Web

Pemrograman Web berfokus puas dua peristiwa merupakan :


  • Pendirian mendesain tampilan Web

  • Mengatur program Web tersebut

Petatar membiasakan membuat kodingan itu Dengan menunggangi notepad++, sumblim Text, dan Atom,

6. Komputer jinjing Terapan

Komputer jinjing Terapan yang bermakna sekelompok komputer rekayasa  yang saling berbimbing antara satu dengan lainnya. Menunggangi Protokol komunikasi sehingga bisa tukar berbagi informasi dengan mempelajari macam jenis mikrokontroler.

7. Materi Radiks Jaringan

Materi Dasar Jaringan mempelajari tentang 7 layer OSI yang terdiri dari lapisan Physic, data LINK, Network, Transport, Session, presentation, dan Aplikation. dengan mempelajari ciri spesial puas lapisan network dan perhitungan ip adress.

8. Sumber akar Desain Grafis

Lega materi ini siswa akan mempelajari aplikasi graphic design seperti Book Maker and Reader, Microsoft Office, Vidio Maker, dan lainnya. Menerapkan aplikasi tersebut bilamana jam les dengan tugas nan diberikan membuat animasi surat, komidi gambar pendek, dan sebagainya.

9. Komunikasi Data

Mempelajari proses pengapalan dan pembelajaran data informasi berpangkal beberapa device komputer, ponsel, printer, dan perlengkapan lainnya. yang terhubung dalam satu kancah jaringan. Mentramisikan data dari beberapa media telegram coaksial, fiber optik, microwave, dan lainnya.

10. Teknologi berbasis luas (LAN – MAN – WAN)

Materi ini akan mengajarkan pesuluh bagaimana cara membuat dan membangun  satu jaringan dan konsep jaringan, sebagaimana LAN, MAN, WAN dengan mempelajari ISP, IP ADRESS, SUBNET MASK, Instalasi Server-Client.

11. System Operasi Jaringan

Materi ini adalah pengikatan dan sistem operasi dan jaringan, sebuah sistem operasi yang ditujukan menindak jaringan. umumnya terdiri dari beberapa layanan yang ditujukan bagi melayani pengguna seperti layanan jaras, Printer, DNS, Service HTTP, Service dan lain-lain.

12. Rancang Bangun Jaringan

Materi Rancang Sadar Jaringan mempelajari cara membangun sebuah jaringan dari sediakala konsep radiks, ISP, IP Adress, Subnet Mask, Instalasi Server – Client, menggunakan selongsong Tracer.

13. Jaringan Nirkabel

Ialah Materi pengajian pengkajian mengenai gelombang radio, perhitungan perambatan gelombang listrik, maupun perabot wireless lainnya.

14. Administrasi Server

Materi administrasi server yaitu pengontrolan atau pengelolaan akses jaringan dan sumber sosi yang terwalak didalamnya dalam satu server administrasi. Memperalat arsitektu client/peladen seperti DNS – DHCP – dan sebagainya.

15. Keamanan Jaringan

Keamanan Jaringan adalah proses untuk mencegah dan mengidentifikasi konsumen yang tidak sah dari jaringan komputer jinjing begitu juga penyelinap yang mengakses setiap bagian dari sistem jaringan komputer.

16. Troubleshooting Jaringan

Lega materi ini mengajarkan siswa cara mengidentifikasi masalah yang ada pada jaringan komputer jinjing, dan bisa memecahkan masalahnya seorang.

Intiha

Source: https://www.odimera.com/2022/06/materi-pelajaran-smk-teknik-komputer.html

Posted by: and-make.com