Bahasa Indonesia Ke Bahasa Bugis

Aplikasi Kamus Bahasa Bugis – Indonesia Lengkap Offline ini berisi kamus bahasa Bugis nan didalamnya terletak laporan sekitar bahasa Bugis dan kebudayaan Bugis. Intern aplikasi ini dilengkapi juga dengan laporan seputar kebudayaan Bugis, dan tidak lain. aplikasi ini yaitu kamus edisi terlengkap yang dapat dipakai dalam mode offline.

Di indonesia orang Bugis banyak tersebar di seluruh indonesia, dan lagi banyak turunan luar Bugis yang merantau ke lahan Bugis untuk mengejar alat pencernaan, aplikasi kamus ini dibuat bagi kontributif dan mempermudah user dalam mengerti dan mempelajari bahasa Bugis, sehingga boleh makin mudah berkomunikasi dengan warga atau rekan nan bisa berbahasa Bugis.
Mudah-mudahan berharga dan berkah untuk kita semua,
Aamiin

Bahasa Bugis adalah riuk satu dari rumpun bahasa Austronesia yang digunakan maka dari itu tungkai Bugis. Bahasa tersebut banyak dipertuturkan di Sulawesi Selatan, terutama Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Majene, Luwu, Sidenreng Rappang, Soppeng, Wajo, Bone, Sinjai, Pinrang, Kota Parepare serta sebagian Kabupaten Enrekang, Majene, dan Bulukumba.

Bahasa Bugis terdiri dari beberapa dialek. Sebagai halnya dialek Pinrang yang mirip dengan dialek Sidrap. Dialek Bone (yang berbeda antara Bone utara dan Selatan). Dialek Soppeng. Dialek Wajo (juga berbeda antara Wajo bagian utara dan selatan, serta timur dan barat). Dialek Barru, Dialek Sinjai dan sebagainya..

Terserah beberapa kosakata nan farik selain dialek. Misalnya, dialek Pinrang dan Sidrap menyebut kata Loka untuk pisang. Tentatif dialek Bugis yang enggak menjuluki Otti alias Utti,adapun dialek yang sangka berbeda yakni kabupaten Sinjai setiap Bahasa Bugis yang menggunakan Fonem “W” diganti dengan Huruf “H”. Teladan; diawa di silih menjadi diaha. Huruf “C” dalam dialek bahas Bugis lain, kerumahtanggaan dialek Sinjai berubah menjadi “SY”. Pola : cappa(ujung) menjadi “syappa”.

Karya sastra terbesar dunia yaitu I Lagaligo memperalat Bahasa Bugis tinggi yang disebut bahasa Torilangi. Bahasa Bugis umum menjuluki introduksi Menre’ atau Manai buat kata nan bermanfaat “ke atas/naik”. Semenjana bahasa Torilangi menggunakan perkenalan awal “Manerru”. Bakal kalangan kastil, Bahasa Bugis lagi mempunyai aturan partikular. Jika sosok biasa yang meninggal digunakan pembukaan “Lele ri Pammasena” ataupun “mate”. Sedangkan jika Raja atau kerabatnya yang meninggal digunakan kata “Mallinrung”.

Masyarakat Bugis memiliki penulisan tradisional memakai fonem Lontara. Contoh: Lontara w + i.svg

DISCLAIMER :
Content like Articles, Pictures and Video in this application were collected from all adv lewat the web, so if I have violated your copyright, please let me know and it will be removed as soon as possible.

All copyrights and trademarks are owned by their respective owners. This app is not endorsed by or affiliated with Network Studios or any other affiliated entities.

Source: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kamusbahasabugislengkap.bugisindonesia.terjemahanoffline&hl=id&gl=US

Posted by: and-make.com