Bahan Ajar Semester 2 Pemrograman Dasar Untuk Tkj

Modul Pemrograman Pangkal
– Pemrograman dasar adalah guna-guna nan mempelajari tentang pemrograman komputer memperalat bahasa pemrograman populer seperti Java, pascal,PHP, Python atau C++. Oiya, materi Pemrograman dasar kelas 10 semester 1 dan 2 ini peruntukan penggunaannya makanya para peserta di kompetensi keahlian TKJ, RPL dan Multimedia yang berfokuskan ke materi sumber akar-dasar Algoritma pemrograman, flowchart, dan logika pemrograman.

Bahasa pemrograman nan akan dipakai umpama pengantar pemrograman pangkal yaitu Python dan PHP. Bahasa pemrograman ini dipilih karena tersohor dan mudah dipelajari
Pada postingan kali ini akan saya sampaikan garis besar materi Pemrograman dasar kelas 10 semester 1 dan 2 kurikulum 2013 revisi 2017 kompetensi keahlian TKJ, RPL dan Multimedia

Materi Pemrograman Dasar kelas bawah 10 ini memiliki
14 Kompetensi Radiks atau modul
pengetahuan dan ketrampilan yang dapat dia pelajari melalui berbagai kendaraan.

Misal informasi untuk siswa TKJ, RPL dan Multimedia, jika ada yang bertanya
Pemrograman Dasar
ini tujuan kompetensinya buat segala apa? Skill keahliannya bisa untuk kerja gak? Manfaat belajar PD barang apa aja? Silahkan lanjut bacanya…

Padalah, supaya anda dapat bayangan, modul Pemrograman Radiks itu banyak ceratai tentang algoritma pemrograman, logika pemrograman, flowchart, bahasa pemrograman PHP dan Python dan melakukan koding (memprogram) komputer jinjing.

14 Modul materi Pemrograman dasar SMK kelas 10 semester 1 dan 2


Pemrograman dasar SMK kelas 10 SMK TKJ, RPL dan Multimedia nan berkaitan dengan keahlian mantan

Secara awam, keahlian yang bersambung dengan materi pemrograman yakni menjadi Programmer Komputer.

Pelajar TKJ, RPL dan Multimedia diharapkan dapat menempati posisi bak juru sedang pemrograman komputer. Layak seru ‘cerek?

Kenapa harus sparing pemrograman komputer?

  1. Berfikir secara logik
  2. Kemampuan keburukan solving (pemisahan ki kesulitan)
  3. Subur berfikir secara sistematis
  4. Kemampuan menganalisa dan membagi solusi
  5. Kemampuan administratif (mengelola tim)
  6. Kemampuan berkomunikasi
  7. Penguasaan bahasa asing
  8. Pemilikan bahasa pemrograman komputer

Segala saja keahlian pemrograman komputer?

  1. menciptakan menjadikan acara dengan bahasa pemrgraman populer sebagai halnya PHP ataupun python
  2. membuat sistem informasi memperalat bahasa pemrograman

Bidang-latar pegangan Programmer

Bidang-latar tiang penghidupan seorang calon Programmer memadai banyak.

Segala saja satah karier yang relevan dengan materi pemrograman dasar?

  1. Junior Office Programmer
  2. Help Desk programmer
  3. Senior Programmer
  4. Junior Techical Support system information programmer
  5. Technical Support Programmer
  6. Tentunya masih banyak lagi sesuai perkembangan jaman

Tunggu tambahan pula, simak kompetensi dasarnya dibawah ini. Ayo!


Materi Pemrograman dasar kelas 10 | Silabus kompetensi kepiawaian TKJ, RPL dan Multimedia

Ada 14 kompetensi dasar yang ditampilkan pada mata pelajaran pemrograman pangkal, 14 materi ini bakal anda sampaikan semua dalam 2 semester.

Apa hanya?

Materi Pemrograman dasar kelas bawah 10 semester 1

Tabel dan link dibawah ini yakni materi resep kompetensi dasar yang akan di raih siswa. Buya beri perigi bacaan cak bagi teori. Tugas dan kegiatan belajar dapat dibaca sesuai materi yang akan dibahas.

Selamat belajar.

3.1 Menerapkan silsilah logika pemrograman komputer

  1. Menerapkan Alur Ilmu mantik pemrograman komputer
  2. Cara penulisan algoritma pemrograman

4.1 Membuat alur ilmu mantik pemrograman komputer jinjing

  1. Cara membuat flowchart online di google draw
  2. Cara membuat flowchart di MS-Word

3.2 Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman komputer

  1. Belajar Python: bahasa pemrograman intepreter
  2. Belajar PHP: bahasa pemrograman web

4.2 Berbuat instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman komputer

  1. Prinsip install LARAGON di Windows 10 buat Localhost server Apache, PHP, MySQL
  2. Cara install XAMPP di Windows 10 kerjakan Localhost server Apache, PHP, MySQL
  3. Cara install Editor Python IDLE di Windows 10
  4. Cara install Editor QPython di Android
  5. Cara install Visual Studio Code di Windows 10 | Editor pemrograman okuler
  6. Praktik instalasi extension PHP di Visual Bengkel seni Code

3.3 Menerapkan silsilah pemrograman dengan struktur pemrograman

  1. Belajar Python: fungsi print()
  2. Berlatih Python: Takhlik Komentar puas script

3.4 Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta,operator dan ekspresi

  1. Sparing Python: Tipe data
  2. Berlatih Python: Variabel

4.4 Menciptakan menjadikan kode acara dengan keberagaman data, laur, konstanta,operator dan ekspresi

3.5 Menerapkan operasi aritmatika dan logika

4.5 Membuat kode programa dengan aksi aritmatika dan logika

3.6 Menerapkan struktur yuridiksi percabangan intern bahasa pemrograman

4.6 Membentuk kode acara dengan struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman

3.7 Menerapkan struktur otoritas kemubaziran dalam bahasa pemrograman

4.7 Membuat kode program struktur otoritas perulangan dalam bahasa pemrograman

Materi Pemrograman dasar kelas 10 semester 2

Tabel dan link dibawah ini adalah materi kancing kompetensi dasar yang akan di gapai siswa. Bapak beri sumber bacaan cak bagi teori. Tugas dan kegiatan membiasakan dapat dibaca sesuai materi yang akan dibahas.

Selamat belajar.

3.8 Menganalisis pendayagunaan array untuk penyimpanan data di memory

4.8 Takhlik kode program menyodorkan data array

3.9 Menerapkan penggunaan fungsi

4.9 Mewujudkan kode program eksploitasi fungsi

3.10 Menerapkan pembuatan antar cahaya muka (User Intreface) sreg aplikasi

4.10 Membuat antar muka (User Intreface) pada aplikasi

3.11 Menerapkan beragam struktur kontrol dalam aplikasi antar wajah (User Intreface)

4.11 Membentuk kode program heterogen struktur pengaturan intern petisi antar muka (User Intreface)

3.12 Menganalisis pembuatan aplikasi terbelakang berbasis antar muka (User Intreface)

4.12 Membuat aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)

3.13 Mengevaluasi debuging pada aplikasi tertinggal

4.13 Menunggangi debuging pada aplikasi terlambat

3.14 Mengevalusai paket installer aplikasi sederhana

4.14 Menyusun kelongsong installer aplikasi terlambat

  1. 14 Modul materi Pemrograman sumber akar SMK inferior 10 semester 1 dan 2
  2. Pemrograman bawah SMK kelas 10 SMK TKJ, RPL dan Multimedia yang berkaitan dengan keahlian bekas
  3. Kenapa harus berlatih pemrograman komputer?
  4. Apa saja kepiawaian pemrograman komputer?
  5. Bidang-bidang tiang penghidupan Programmer
  6. Materi Pemrograman radiks kelas 10 | Silabus kompetensi keahlian TKJ, RPL dan Multimedia
  7. Materi Pemrograman bawah kelas 10 semester 1
    • 3.1 Menerapkan alur logika pemrograman komputer jinjing
    • 4.1 Membuat alur logika pemrograman komputer
    • 3.2 Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman komputer jinjing
    • 4.2 Melakukan instalasi perabot lunak bahasa pemrograman komputer
    • 3.3 Menerapkan alur pemrograman dengan struktur pemrograman
    • 4.3 Menulis kode acara sesuai dengan sifat dan sintaks bahasa pemrograman
    • 3.4 Menerapkan pemanfaatan tipe data, variabel, konstanta,operator dan ekspresi
    • 4.4 Membentuk kode programa dengan tipe data, luwes, konstanta,insinyur dan ekspresi
    • 3.5 Menerapkan operasi aritmatika dan akal sehat
    • 4.5 Membuat kode program dengan gerakan aritmatika dan akal sehat
    • 3.6 Menerapkan struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman
    • 4.6 Membuat kode program dengan struktur pengaruh percabangan dalam bahasa pemrograman
    • 3.7 Menerapkan struktur kontrol perulangan intern bahasa pemrograman
    • 4.7 Membentuk kode program struktur kontrol repetisi dalam bahasa pemrograman
  8. Materi Pemrograman radiks kelas 10 semester 2
    • 3.8 Menganalisis pemanfaatan array untuk penyimpanan data di memory
    • 4.8 Takhlik kode program menampilkan data array
    • 3.9 Menerapkan penggunaan fungsi
    • 4.9 Membuat kode acara penggunaan kebaikan
    • 3.10 Menerapkan pembuatan antar tampang (User Intreface) pada aplikasi
    • 4.10 Membentuk antar muka (User Intreface) plong permintaan
    • 3.11 Menerapkan majemuk struktur kontrol intern permohonan antar muka (User Intreface)
    • 4.11 Takhlik kode program beraneka ragam struktur kontrol dalam aplikasi antar paras (User Intreface)
    • 3.12 Menganalisis pembuatan permohonan terlambat berbasis antar durja (User Intreface)
    • 4.12 Mewujudkan petisi tersisa berbasis antar muka (User Intreface)
    • 3.13 Mengevaluasi debuging sreg aplikasi tercecer
    • 4.13 Menggunakan debuging pada aplikasi sederhana
    • 3.14 Mengevalusai paket installer tuntutan sederhana
    • 4.14 Memformulasikan paket installer petisi terlambat

Source: https://www.rsetiawan.com/2018/08/pemrograman-dasar.html

Posted by: and-make.com