Bahan Ajar Pemrograman Dasar Smk Kelas X

Materi Pemrograman Bawah kelas 10 – diperuntukan penggunaannya oleh para siswa di kompetensi keahlian TKJ, RPL dan Multimedia yang berfokuskan ke materi dasar-dasar Algoritma pemrograman, flowchart, dan logika pemrograman.

Materi Pemrograman Dasar kelas 10 ini memiliki 14 Kompetensi Dasar maupun modul pengetahuan dan ketrampilan yang dapat dipelajari melalui berbagai ki alat.

Aplikasi komputer jinjing tersebut dibuat dengan software-softwrae pengembangan petisi seperti Java, Visual basic, Delphi, dan sebagainya. N domestik pembuatan sebuah tuntutan, dam software harus terlebih lewat mengenali permasalahan dan tujuan tuntutan, untuk kemudian memformulasikan solusi permasalahan dalam bagan anju-awalan yang disebut dengan algoritma, kemudian menuangkannya dalam kode-kode pemrograman sesuai dengan teknologi nan digunakan apakah Java, VB, Delphi alias yang lain.

Menerapkan alur logika pemrograman komputer

Pemrograman Dasar merupakan pemrograman nan mengasihkan dasar-asal logika dimana sintak-sintak nan diberikan berperangai universal dan lebih mengedepankan pembentukan pola pikir Siswa didik tentang bagaimana membuat sebuah program nan efektif dan efisien.

Dengan menguasai sumber akar-radiks algoritma diharapkan terbentuk cermin pikir Peserta didik tentang bagaimana menyelesaikan komplikasi nyata internal bentuk gabungan anju-langkah algoritma dan menyajikannya dalam bahasa natural, pseudocode dan flowchart. Kerumahtanggaan pembahasan buku ini pun dikenalkan struktur percabangan dan tautologi yang sering muncul dalam masalah pemrograman komputer jinjing.

  • Diharapkan Pesuluh didik bakir :
  • Memahami konsep algoritma dan struktur algoritma
  • Melayani algoritma memperalat bahasa natural
  • Menentukan fleksibel dan variasi data dalam sebuah algoritma
  • Memahami operator-ahli mesin berbagai jenis data dalam algoritma
  • Menyuguhkan algoritma dengan pseudocode dan flowchart
  • Menggunakan Tool alias software lakukan membuat flowchart
  • Mengerti algoritma percabangan dengan 1 kondisi, 2 kondisi atau lebih
  • Mengerti algoritma percabangan bersarang
  • Mengetahui Perulangan dengan kondisi diawal alias di akhir
  • Memahami Perulangan dengan kondisi diinputkan pengguna
  • Memahami algoritma perulangan dengan pencacah menaiki atau turun

Perkembangan teknologi saat ini berjalan silam cepat, terutama teknologi mualamat dan komunikasi. Kebutuhan akan kecepatan akses dan pengolahan pemberitahuan menjadi satu kebutuhan masyarakat berbudaya. Ibarat contoh detik ini karib semua layanan baik yang diberikan pemerintah, swasta, perusahaan, toko dan sebagainya sudah memanfaatkan sistem amanat, baik n domestik bentuk programa aplikasi komputer (tuntutan komputer jinjing), web, dan sebagainya.

program-program komputer ini sangat membantu baik penyedia layanan, ataupun masyarakat sebagai pihak konsumen, karena pelayanan menjadi lebih cepat dan mudah. Kalian bisa mengandaikan, bagaimana jika sebuah supermarket tanpa dilengkapi dengan permintaan kasir. Satu persatu barang harus dilengkapi harganya, kasa harus cak menjumlah semua belanjannya dengan kalkulator, seandainya pelanggan membeli produk satu troli munjung, berapa lama waktu yang diperlukan kerjakan, melayani satu pembeli? Tentu ini akan menghabiskan tenaga dan hari nan banyak. Dengan adanya aplikasi kasa contoh dengan barcode reader semua menjadi silam mudah dan cepat. Pelanggan kembali tidak perlu lama-lama menunggu dan mengantri.

Aplikasi komputer jinjing tersebut dibuat dengan software-softwrae pengembangan permohonan seperti Java, Visual basic, Delphi, dan sebagainya. Dalam pembuatan sebuah permohonan, pengembang software harus tambahan pula dahulu mengidentifikasi permasalahan dan tujuan petisi, untuk kemudian menyusun solusi permasalahan n domestik rangka langkah-anju yang disebut dengan algoritma, kemudian menuangkannya dalam kode-kode pemrograman sesuai dengan teknologi yang digunakan apakah Java, VB, Delphi atau nan lain.

1.1 KEGIATAN Sparing 1 KONSEP DAN STRUKTUR ALGORITMA (2 JP)

1.1.1. Tujuan Pembelajaran

Dengan Kegiatan Belajar ini diharapkan murid berlimpah memahami konsep dan struktur algoritma dan menerapkannya dalam atma sehari-periode.

1.1.2. Aktivitas Berlatih Murid

Pernahkan kalian mendengan perkenalan awal Algoritma sebelumnya? Apa itu algoritma? Kerjakan mengetahuinya ikuti kegiatan belajar berikut.

1.1.2.1. Mencaci

Coba perhatikan beberapa instruksi/persiapan-ancang kerja berikut.

CARA INSTALL PRINTER HP LASER JET P1006 DI WINDOWS 7

1) Install driver seperti biasa, install driver akan gagal momen komputer meminta buat mengkoneksikan printer ke komputer, lamun printer mutakadim dihidupkan. Biarkan saja sang installer gagal, nan bermakna driver sudah diekstrak di folder tersebut.

2) Puas halaman depan, Klik Tiba kemudian klik kanan Computer memilah-milah Manage.

3) Akan tampil Computer Management. Pilih Device Manager. Cari device printer HP yang masih bertanda „pentung‟ bercelup kuning, yang bermanfaat driver belum pas.

4) Klik kanan device tersebut, kemudian pilih Update Driver Software.. Cari dimana driver printer tersebut disimpan m\\isal: D:\master\driver HP.

5) Klik OK, dan ikuti langkah selanjutnya.

6) Printer siap dipakai.

Persiapan-langkah Menghitung Volume balok Input: panjang, lebar, dan tinggi balok dalam cm

1) Masukkan panjang balok

2) Masukkan pepat balok

3) Masukkantinggibalok

4) Hitungvolumebalokadalahhasildaripanjangxlebarxtinggibalok

1.1.2.2. Menanya

Terbit tiga paradigma ancang-langkah kerja atau instruksi di atas, untuk pertanyaan yang berkaitan dengan ketiganya, misalkan:

  • Apakah intensi masing-masing anju-langkah kerja?
  • Apakah ada tahap persiapan?
  • Apakah ada tahap proses?
  • Apakah hasil/output lega setiap langkah kerja?
  • Kalau ketiga persiapan-anju di atas disebut algortima, lampau barang apa itu algoritma, bagaimana merumuskan algoritma yang baik untuk menyelesaikan kelainan?

1.1.2.3. Mengumpulkan Informasi/Mencoba

Jika diperhatikan, 3 persiapan kerja di atas, cak semau beberapa ekuivalensi dalam bentuk penyajian uraian di atas. Masing-masing memiliki tujuan yang hendak dicapai, seperti menghasilkan puding loklok, menginstall printer pada sistem propaganda, dan menentukan volume suatu balok. Bikin mencapai situasi tersebut diperlukan persiapan-persiapan sama dengan perlengkapan dan target. Seumpama contoh buat membuat puding diperlukan target sepert serdak, mutu, gula, air, daun pandan dan santan perumpamaan bahannya dan peralatan seperti diperlukan kompor, panci untuk memantek dan gemblengan puding. Demikian juga dalam menginstall printer, tentu harus printer kabel koneksi, komputer lengkap dengan sistem kampanye. Cak bagi menentukan volume pun harus diketahui juga tinggi pepat dan tinggi balok.

Lebih jauh jika korban dan perlengkapan sudah siap maka perlu adanya suatu langkah-langkah atau proses. Langkah-anju atau proses ini pasti harus dapat dituliskan dengan jelas dan urut sehingga siapapun yang mengajuk anju-langkah tersebut dengan etis pasti hasilnya akan sama. Inilah inti bersumber segala apa yang disebut dengan ALGORITMA. Berikut ini penjelasan secara detail mengenai apa itu algoritma dan bagimana strukturnya.

Definisi Algoritma

Dilihat dari istilahnya algoritma, berasal dari nama koteng matematikawan mukminat bernama Abuk Ja‟far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi (780 M-850), yang oleh orang barat menamai Al- Khuwarizm sebagai Algorism, yang diartikan proses menghitung dengan ponten arab. Keseleo satu karya anda yang monumental yakni ki akal berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala nan artinya “Daya pemugaran dan ki pemotongan” (The book of restoration and reduction), yang menjadi kakek istilah “Aljabar” (Algebra) yang dipakai hingga sekarang ini. Seiring dengan kronologi jaman isitilah „Algorism‟ berubah menjadi algorithm yang kemudian diartikan laksana metode kalkulasi (komputasi) secara umum. Dalam bahasa Indonesia, introduksi algorithm diserap menjadi algoritma.

Menurut definisi, algoritma adalah bujuk persiapan-langkah penyelesaian masalah nan disusun secara sistematis dan logis. Dalam bilang konteks, algoritma bisa diartikan gosokan awalan-langkah yang spesifik (tertentu) bakal melakukan suatu tiang penghidupan.

Struktur Algoritma

Inti dari algoritma yakni menemukan solusi dari suatu permasalahan. Bakal menyelesaikan masalah, algoritma membutuhkan spesifikasi input (masukan) sesuai yang diperlukan, memprosesnya melalui serangkaian anju-langkah dan menghasilkan output sebagai solusi berbunga permasalahan.

Konotasi Algoritma

Algoritma adalah sa-puan langkah-langkah logis nan digunakan untuk menyelesaikan masalah

Program yaitu antologi instruction set nan akan dijalankan oleh pemroses, merupakan aktual software

Algoritma pemrograman yaitu persiapan-langkah tersetruktur yang tepat dan terperinci nan digunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam proses perancangan sebuah program komputer

Bahasa pemrograman yang berarti bahasa yang digunakan n domestik pembuatan programa komputer. komplet bahasa pemrograman : C, C++, Pascal, Phyton, Qbasic, Optis Basic, Java, PHP. dll

Contoh Algoritma :

Algoritma memasak mie instan prosesnya adalah :

Memanaskan air, membuka pembungkus mie instant (tentunya), memasukkan mie ke n domestik air, taruh bumbu di piring, gotong mie jika telah menguning, campurkan dengan bumbu yang sudah lalu ada di piring dengan mie.

Teoretis Simile Algoritma 1 :

Algoritma utus surat prosesnya adalah :

Jika seseorang ingin mengirim piagam kepada kenalannya di tempat lain, ancang yang harus dilakukan adalah:

Langkah :

Menggambar manuskrip
Akta dimasukkan ke n domestik amplop tertutup
Amplop dikasih alamat penerima dan pengirim
Amplop ditempeli perangko ala kadarnya.
Pergi ke Kantor Pos terhampir untuk mengirimkannya

Contoh Analogi Algoritma 2 :

Algoritma mengambil uang jasa lega ATM prosesnya yaitu :

Sekiranya seseorang ingin mengambil uang pada ATM, langkah yang harus dilakukan adalah:

Ancang :

Masukkan karcis ATM puas tempat yang telah disediakan
Pilih bahasa yang akan digunakan
Masukkan PIN ATM
Pilih penarikan tunai
Masukkan nominal uang yang akan diambil
Tunggu sampai uang jasa keluar dari mesin ATM
Jangan tengung-tenging mencekit tiket ATM juga

Apa Itu Algoritma ?

Definisi :

Algoritma adalah serangkaian langkah-awalan yang disusun menjadi urutan membumi kegiatan untuk mencecah tujuan.

Kamus Segara Bahasa Indonesia: Algoritma merupakan gosokan logis pengambilan putusan lakukan pemisahan kelainan.

Dimana posisi Algoritma ?

Algoritma dibutuhkan untuk memerintah komputer menjeput anju-ancang tertentu privat mengamankan masalah.

Tujuan Algoritma
:
Masalah > Acara > Komputer > Solusi / hasil

Program adalah suatu implementasi berasal bahasa pemrograman.

Beberapa pakar menjatah formula bahwa :

Program
=
Algoritma + Bahasa Pemrograman (Struktur Data)

Komponen dalam merancang Algoritma
:
Input + Proses + Output

Struktur Penulisan Algoritma :

Ciri-ciri Algoritma

  1. Algoritma mempunyai mulanya dan akhir
  2. Setiap Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki kemujaraban ganda (ambigu)
  3. Punya masukan (input) atau kondisi awal
  4. Memiliki lepasan (output) ataupun kondisi akhir
  5. Algoritma harus efektif; bila digunakan bermartabat – benar menyelesaikan persoalan.
  6. Resan Penulisan Algoritma

Setiap Struktur Algoritma akan selalu terdiri terbit tiga bagian yaitu :

  • Episode Publikasi / Kamus
  • Bagian Algoritma

Secara umum struktur Algoritma terdiri dari 3 putaran, yaitu :

  • Nama/kop Algoritma/ Bagian Ketua /Judul (Header)

    Penggalan teks algoritma yang digunakan sebagai palagan mendefinisikan nama program dengan menentukan apakah teks tersebut adalah programa, prosedur, fungsi. Algoritma memasrahkan gambaran secara sumir apa tujuan dari Algoritma, misalkan nama sendi masakan, nubuat melakukan sesuatu, jadwal kegiatan, langkah-awalan penyelesaian sebuah masalah, dan sebagainya. Pemberian nama Algoritma disarankan pendek dan jelas, namun sudah lalu mewakili maksud dari algoritma. Dalam Algoritma komputer biasanya nama algoritma dituliskan sonder menggunakan spasi, misalkan Algoritma VolumeBalok atau Algoritma Volume_Balok
  • Bagian Deklarasi / Kamus

    Putaran proklamasi merupakan tahap persiapan berpangkal algoritma. Pada bagian ini dijelaskan kebutuhan seyogiannya algoritma dapat melanglang. Istilah lainnya di sinilah perangkat dan bahan didefinisikan. Privat algoritma pemrograman, bagian embaran menjelaskan input (pemerolehan) apa saja yang akan diproses oleh algoritma termasuk jenis data input (varietas data), juga output apa yang akan dihasilkan serta semua hal yang akan dipakai dalam algoritma. Yang didefiniskan dalam algoritma ini tercantum variabel, tipe data, konstanta, segel prosedur, tipe, dan fungsi, nan akan kita pelajari.
  • Fragmen Deskripsi

    Pada bagian ini dijelaskan serangkaian langkah-langkah (instruksi) atau pernyataan (statement) untuk memproses perkakas dan bulan-bulanan maupun inputan untuk menghasilkan output sesuai nan diharapkan. Langkah-awalan intern algoritma dituliskan semenjak atas ke bawah. Urutan penulisan menentukan urutan perintah.

Pengantar  Pemrograman


Belajar memprogram
 ialah membiasakan tentang strategi pemecahan komplikasi, metodologi dan sistematika pemecahan keburukan tersebut kemudian menuangkannya dalam suatu notasi yang disepakati bersama.


“kian bersifat pemahaman persoalan, analisis, fusi”


Belajar bahasa pemrograman
 merupakan berlatih memakai satu bahasa, aturan sintaks (tatabahasa), setiap instruksi yang suka-suka dan penyelenggaraan cara operasionalisasi kompilator atau interpreter bahasa yang bersangkutan pada mesin tertentu.

“Berlatih MEMPROGRAM””

Tidak Sebagaimana

“Belajar BAHASA PEMROGRAMAN

Ibarat Pengetahun Membiasakan Pemograman Asal Baca penejelasannya….!!!


Klik Plong Gambar Berikut:

Materi Pemrograman Dasar SMK kelas 10 Semester 1 dan 2

Pemrograman dasar Kelas 10 Semester 1

3.1 Menerapkan Alur Logika pemrograman komputer

  1. Kaidah penulisan algoritma pemrograman
  2. Cara takhlik flowchart online di google draw
  3. Kaidah membuat flowchart di MS-Word

4.1 Membuat alur logika pemrograman komputer

  1. Pendirian mewujudkan flowchart online di google draw
  2. Cara membuat flowchart di MS-Word

3.2 Memahami perangkat panjang usus bahasa pemrograman komputer

  1. Memahami bahasa pemrograman Python
  2. Mengarifi bahasa pemrograman web PHP

4.2 Berbuat instalasi perlengkapan lunak bahasa pemrograman komputer

  1. Praktik instalasi LARAGON tuntutan server tempatan bahasa pemrograman PHP
  2. Praktik instalasi XAMPP permohonan server lokal bahasa pemrograman PHP
  3. Praktik instalasi IDLE Python permohonan bahasa pemrograman
  4. Praktik instalasi Visual Sanggar Code Editor bahasa pemrograman PHP dan Python
  5. Praktik instalasi extension PHP di Okuler Padepokan Code

3.3 Menerapkan galur pemrograman dengan struktur pemrograman

  1. Praktik menampilkan string Hello world menggunakan fungsi print() sesuai sintaks bahasa pemrograman python

3.4 Menerapkan pendayagunaan tipe data, variabel, konstanta,operator dan ekspresi

  1. Praktik menerapkan variabel pada bahasa pemrograman python
  2. Praktik menerapkan komentar python plong script pemrograman python

3.5 Menerapkan usaha aritmatika dan logika

4.5 Mewujudkan kode program dengan propaganda aritmatika dan logika

3.6 Menerapkan struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman

4.6 Membuat kode program dengan struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman

3.7 Menerapkan struktur pengaturan perulangan dalam bahasa pemrograman

4.7 Membuat kode acara struktur kontrol kemubaziran dalam bahasa pemrograman

Pemrograman dasar Kelas 10 Semester 2

3.8Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memory

4.8Membuat kode acara menyampaikan data array

3.9Menerapkan pendayagunaan fungsi

4.9Membuat kode program penggunaan arti

3.10Menerapkan pembuatan antar muka (User Intreface) pada aplikasi

4.10   Membentuk antar paras (User Intreface) plong aplikasi

3.11   Menerapkan berbagai struktur otoritas intern aplikasi antar muka (User Intreface)

4.11   Takhlik kode programa berbagai struktur pengaruh privat tuntutan antar muka (User Intreface)

3.12   Menganalisis pembuatan aplikasi tertinggal berbasis antar tampang (User Intreface)

4.12   Membuat aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)

3.13   Mengevaluasi debuging pada permintaan sederhana

4.13   Memperalat debuging pada petisi primitif

3.14   Mengevalusai paket installer petisi terlambat

4.14   Merumuskan paket installer permintaan tersisa

Source: https://smkn1peusangan.sch.id/blog/materi-pemrograman-dasar/

Posted by: and-make.com