Bahan Ajar Kd 3.8 Dasar Desain Grafis

RPP Dasar Desain Grafis kelas bawah X Komplit semua kd rpp bawah desain grafis 1 lawai rpp dasar desain ilustratif daring rpp dasar desain grafis kurikulum 2013 pdf rpp desain grafis 1 lembar rpp desain grafis doc rpp daring dasar desain grafis semester 1 perangkat pembelajaran pangkal desain grafis rpp desain ilustratif percetakan

Rangka PELAKSANAAN Pengajian pengkajian (RPP)

Satuan Pendidikan : SMKN

Mata Kursus : Sumber akar Desain Grafis

BidangKeahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Program Kepiawaian : Teknik Komputer jinjing dan Informatika

Paket Keahlian : TKJ 1 (Teknik Komputer dan Jaringan)

Kelas / Semester : X / Gasal

Tahun Pelajaran : 2017/2018

Materi Pokok : Lembaga Berbasis Vektor

Persuaan ke : 5

Alokasi Musim : 5 x 45 Menit

A. Kompetensi Inti

Bopeng 1. Meresapi dan mengamalkan ilham agama yang dianutnya.

Capuk 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku ( jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan proaktif) dan menunjukkan sikap misal bagian dari solusi atas berbagai persoalan nasion dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan tunggul serta dalam menempatkan diri sebagai gambaran nasion dalam pertalian dunia.

KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pemberitaan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa mau tahunya tentang guna-guna pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan human iora dengan wawasan manusiawi, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban tersapu fenomena dan kejadian, serta menerapkan publikasi procedural sreg bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk menguasai kelainan.

Gapura 4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah riil dan nyenyat niskala tersapu dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan kaya mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan spontan.

B. Kompetensi Pangkal

3.6 Menerapkan organ lunak pengolah gambar berbasis vektor

3.7 Menerapkan manipulasi kerangka vektor dengan menggunakan fitur efek

3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis rancangan vektor

4.6 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor

4.7 Menggelapkan rang vektor dengan memperalat fitur surat berharga

4.8 Membuat desain berbasis rang vektor

C. Parameter Pencapaian Kompetensi

1. Memintal perkakas lunak pengolah gambar berbasis vektor

2. Menguji gawai lunak pengolah gambar berbasis vektor

3. Mematok radas kepala dingin pengolah gambar berbasis vektor

4. memadukan perabot lunak pengolah tulangtulangan berbasis vektor

D. Intensi Pembelajaran

1. Dengan praktek dan urun pendapat gerombolan pelajar tuntun dapat memilih radas lunak pengolah buram berbasis vektor

2. Dengan praktek dan diskusi kelompok siswa asuh boleh Menguji perangkat lunak pengolah lembaga berbasis vector

3. Dengan praktek dan urun rembuk kerubungan murid didik dapat Menjadwalkan instrumen lunak pengolah rangka berbasis vector

4. Dengan praktek dan sawala gerombolan peserta jaga dapat memadukan perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor

E. Materi Pembelajaran

1. Pesuluh dapat memintal gawai lunak pengolah gambar berbasis vektor

2. Pesuluh dapat Menguji perangkat panjang hati pengolah bentuk berbasis vektor

3. Siswa dapat Menetapkan perlengkapan sabar pengolah gambar berbasis vector

4. siswa dapat memadukan perangkat panjang hati pengolah gambar berbasis vektor

F. Metode Penelaahan

Pendekatan : Saintifik

Transendental Penerimaan : discovery

Metode : Diskusi kerumunan, wawanrembuk, dan penugasan

G. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 : 5 JP (5 x 45 menit)

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Hari

Kegiatan semula

Apersepsi :

1. Menitahkan salam pembuka dilanjutkan berdoa bersama.

2. Mengabsen peserta didik.

3. Mereview materi sebelumnya, dilanjutkan dengan memberikan uraian singkat tentang materi yang akan dibahas lebih jauh.

30 Menit

Kegiatan Inti

1. Mengaibkan

– Suhu menjelaskan tujuan dan proses penelaahan, Guru mengajukan permasalahan memilih perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor

– Guru membagi siswa internal beberapa kelompok

– Peserta didik memberikan tanggapan atas permasalahan nan diajukan oleh temperatur.

2. Bertanya

– Temperatur memotivasi peserta ajar puas masing-masing kelompok untuk menanyakan berkaitan dengan memilih peranti lunak pengolah gambar berbasis vektor.

– Master menanyai hasil kerja peserta didik

3. Mengumpulkan informasi

– Guru memerosokkan dan membantu petatar didik lakukan mengumpulkan deklarasi (mengeksplorasi) melembarkan alat lunak pengolah gambar berbasis vektor.

4. Mengasosiasi

– Menganalisis data hasil diskusi

– Membuat kesimpulan hasil diskusi

5. Mengkomunikasikan

– Wakil masing – masing kelompok mempresentasikan hasil dari fungsi dan bentuk warna serta praktek di labkom dengan mengidas perangkat lunak pengolah rang berbasis vektor.

180 menit

Kegiatan Akhir

1. Guru dan siswa merefleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan

2. Guru mengakhiri kegiatan berlatih dengan doa bersama

15 enit

Pertemuan 2 : 5 JP (5 x 45 menit)

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Kegiatan awal

Apersepsi :

1. Menitahkan salam pembuka dilanjutkan beribadat bersama.

2. Mengabsen peserta didik.

3. Mereview materi sebelumnya, dilanjutkan dengan memberikan jabaran singkat tentang materi yang akan dibahas selanjutnya.

30 Menit

Kegiatan Inti

1. Mengamati

– Suhu menguraikan tujuan dan proses pembelajaran, Suhu mengajukan persoalan Menguji perangkat sabar pengolah rancangan berbasis vektor

– Guru membagi siswa dalam bilang kerumunan

– Peserta didik memberikan tanggapan atas permasalahan yang diajukan oleh hawa.

2. Menanya

– Guru memotivasi peserta didik lega tiap-tiap keramaian bakal menanyakan berkaitan dengan Menguji organ panjang hati pengolah tulangtulangan berbasis vektor .

– Master memeriksa hasil kerja peserta didik

3. Mengumpulkan informasi

– Master mendorong dan membantu peserta tuntun kerjakan mengumpulkan kabar (mengeksplorasi) Menguji perangkat lunak pengolah rajah berbasis vektor

4. Mengasosiasi

– Menganalisis data hasil diskusi

– Membuat konklusi hasil urun pendapat

5. Mengkomunikasikan

– Konsul masing – masing kelompok mempresentasikan hasil dari Menguji gawai lunak pengolah gambar berbasis vektor .

180 menit

Kegiatan Akhir

1. Master dan siswa merefleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan

2. Hawa mengakhiri kegiatan membiasakan dengan takbir bersama

16 Menit

Pertemuan 3 : 5 JP (5 x 45 menit)

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Hari

Kegiatan mulanya

Apersepsi :

1. Mengucapkan salam pembuka dilanjutkan berdoa bersama.

2. Mengabsen petatar didik.

3. Mereview materi sebelumnya, dilanjutkan dengan menerimakan jabaran ringkas tentang materi yang akan dibahas seterusnya.

30 Menit

Kegiatan Inti

1. Mengamati

– Guru menjelaskan tujuan dan proses pembelajaran, Guru mengajukan permasalahan Menetapkan perlengkapan lunak pengolah buram berbasis vector

– Suhu membagi siswa dalam beberapa kerubungan

– Peserta ajar memberikan tanggapan atas permasalahan nan diajukan maka dari itu master.

2. Menanya

– Guru memotivasi peserta jaga sreg masing-masing kelompok untuk meminta berkaitan dengan Menetapkan peranti lunak pengolah gambar berbasis vector

– Temperatur menanyai hasil kerja siswa jaga

3. Mengumpulkan informasi

– Guru mendorong dan membantu siswa didik untuk mengumpulkan kenyataan (mengeksplorasi) Menguji perangkat panjang usus pengolah gambar berbasis vektor

4. Mengasosiasi

– Menganalisis data hasil diskusi

– Takhlik kesimpulan hasil urun pendapat

5. Mengkomunikasikan

– Wakil masing – masing kelompok mempresentasikan hasil dari Menguji perangkat sabar pengolah bagan berbasis vektor .

180 menit

Kegiatan Penghabisan

1. Guru dan siswa merefleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan

2. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan takbir bersama

17 Menit

H. Organ, Ki alat dan Sumber Berlatih

· Proyektor

· Laptop

· Slide show Materi

· Resep sumber yang terkait

· Papan Tulis

· Internet

I. Evaluasi / Penilaian

1. Teknik Penilaian : Pengamatan, dan Validasi Termaktub

2. Prosedur Penilaian

J. Lampiran – lampiran

· Instrumen/butiran Soal Proklamasi (untuk persuaan 1)

Point

KeteranganAspek Yang Dinilai

layout

Tulang beragangan

dandan

Sinkronisasi

1

Kurang rapi

Abnormal sesuai

Abnormal tepat

Rendah harmonis

2

Cukup rapi

Cukup sesuai

Memadai tepat

Cukup harmonis

3

Rapi

Sesuai

Tepat

Harmonis

4

Sangat segeh

Lalu sesuai

Sangat tepat

Sangat harmonis

Source: https://www.bukesi.my.id/2021/02/rpp-dasar-desain-grafis-kelas-x-komplit.html

Posted by: and-make.com