Bahan Ajar Fisika Dasar 2


KATA PENGANTAR

Buku ini berisi materi Fisika Dasar II yang diajarkan di semester kedua tingkat pertama fakultas sains dan teknik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Materi terdepan mencakup kelistrikan, kemagnetat, gelombang, kenisbian khsus, dan kata teori kuantum molekul. Materi tentang mekanika dan termodinamika mutakadim dibahas dalam taktik Fisika Pangkal I.

Penulisan ini dimotivasi maka itu ketiadaan ki akal kuliah fisika asal yang ditulis oleh dosen dalam provinsi selama berpuluh-desimal hari. Seperti buku Fisika Pangkal I, bentuk awal buku ini berupa diktat kuliah nan dilengkapi secara terus menerus hingga mencapai kerangka seperti ini.

Farik dengan buku sebangsa, pada buku ini juga dibahas sejumlah fenomena yang dijumpai dalam sukma sehari-musim dengan konsep yang menengah dipelajari. Mudah-mudahan dengan pendekatan sama dengan ini materi ceramah Fisika Dasar menjadi lebih menganjur dan mahasiswa menyadari bahwa tuntutan konsep-konsep fifika dijumpai mulai dari fenomena tersisa yang cak semau di sekeliling kita hingga peralatan teknologi panjang lidah.

Dibandingkan dengan siasat sejenis, dalam buku ini beberapa topik dibahas dengan tingkat kesulitan lebih tingkatan. Hal ini dilakukan mengingat materi les fisika di skeolah menengah di Indonesia memadai tinggi. Takdirnya materi dalam buku fisika dasar memiliki kesulitan yang serupa dengan materi fisika di sekolah menengah maka mahasiswa akan merasa cepat bosan. Karena di sekolah semenjana para pelajar telah diajarkan materi diferensial, integral, dan vektor maka dalam kancing ini banyak dijumpai operasi demikian ini, hanya tetap dalam bagan nan boleh dipahami mahasiswa tingkat satu.

Pada bab intiha juga dikenalkan metode numerik kerjakan menyelesaikan persoalan fisika yang lain boleh diselesaikan atau musykil diolah secara analitik. Software yang digunakan hanyalah
Microsoft Excel
yang dijumpai lega semua komputer. Program
Wolfram Alpha
yang tersedia secara gratis di internet juga diperkenalkan. Materi ini dikenalkan agar puas mahasiswa sadar bahwa penuntasan permasalahan fisika tidak amung-mata dengan metode analitikseperti yang dipelajari sejauh ini. Malah banyak persoalan fisika nan harus diselesaikan secara numerik.

Banyak pihak yang sudah terlibat secara berbarengan atau tidak langsung sepanjang penyelesaian buku ini. Kerjakan itu notulis sampaikan terima hidayah yang luar halal. Terima pemberian secara spesifik kepada Ayutayutan dan anak asuh-anak asuh nan menyerahkan dukungan tanpa henti.

Kampus Ganesa
Mei 2017
Juru tulis

Source: https://fmipa.itb.ac.id/fisika-dasar-ii/

Posted by: and-make.com