Bahan Ajar Dasar Dasar Manajemen Pdf

(1)

BAHAN AJAR

Sumber akar-DASAR MANAJEMEN

Ketua :

Ir. Veronica Sri Awet, MEc

Anggota :

Dr. Sitti Nurani Sirajuddin, SPt, MSi

Dr. Ir. Hj. Siti Rohani, MSi

Ir. Muhammad Aminawar, MM

Ir. Abdul Hamid Hoddi, MS

Jurusan Sosial Ekonomi Peternakan

Fakultas Peternakan

Universitas Hasanuddin

(2)

Kementerian PENDIDIKAN DAN Peradaban

UNIVERSITAS HASANUDDIN

Susuk KAJIAN DAN Pengembangan

PENDIDIKAN

Jl.Perintis Kemandirian Km.10 Makassar 90245 (Konstruksi Perpustakaan Unhas Ubin Dasar) Telp. (0411) 586 200, Ext. 1064 Fax. (0411) 585 188 e-mail: [email protected]

HALAMAN Pengesahan

HIBAH PENULISAN

BUKU AJAR BAGI TENAGA AKADEMIK

Perhimpunan HASANUDDIN

Masa 2011

Judul Trik Jaga : Dasar-Bawah Manajemen Nama Pola : Ir. Veronica Sri Lestari, M.Ec NIP : 195904071984102003

Janjang/Golongan : Lektor/IIId Jurusan/Bagian/Program Studi : Sosial Ekonomi

Fakultas/Institut : Fakultas Peternakan/Universitas Hasanuddin Alamat e-mail : [email protected]

Biaya : Rp. 5.000.000,- (Panca juta rupiah)

: Dibiayai maka itu dana DIPA BLU Universitas Hasanuddin masa 2011 sesuai SK Rektor Unhas

Nomor: 20875/H4.2/KU.10/2011 Rontok 29 November 2011

Kepala Rancangan Kajian dan Pengembangan Pendidikan (LKPP) Universitas Hasanuddin,

Prof. Dr. Ir. Lellah Makanan, M.Sc.

(3)

Pengenalan PENGANTAR

Bahan ajar Dasar-Dasar Manajemen ini terutama disusun bagi para mahasiswa Fakultas Peternakan atau pembaca lain yang menaruh minat bagi mencerna lebih tekun tentang Dasar-Radiks Pengelolaan.

Ain orasi Bawah-Dasar Manajemen merupakan ain kuliah wajib yang mengklarifikasi tentang manajemen dengan segala dinamikanya. Internal penyajian alat penglihatan ceramah ini memerlukan penjelasan yang lebih atraktif, detail, jelas dan mudah dimengerti.

Secara garis besar, mangsa ajar Dasar-Dasar Pengelolaan ini terbagi atas 18 bab. Pintu purwa kebal gambaran profil bekas Program Kompetensi lulusan, analisis kebutuhan pemelajaran, dan GBRP.

Pintu kedua berupa Teori dan Ki kenangan Perkembangan Manajemen dengan ruang lingkup konotasi tata, perlunya manajemen, dan konsep dasar manajemen, serta sejarah penyelenggaraan.

Bab ketiga sampai dengan bab ketujuh membahas akan halnya Kelebihan-khasiat Manajemen yang membentangi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan sensor. Puas pintu ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan tentang batasan perencanaan, ketatanegaraan, kebijaksanaan dan trik atau program. Selanjutnya mahasiswa diharapkan dapat mengklarifikasi signifikasi organisasi, maksud organisasi, teori organisasi, hubungan dalam organisasi, serta struktur organisasi. Selain itu, dalam bab ini mahasiswa diharapkan bisa mengklarifikasi signifikansi taklimat, karakteristik brifing dan santiaji konsultatif. Seterusnya berasal bab ini, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan prinsip mengkoordinasi, diversifikasi-macam rekonsiliasi dan rekonsiliasi sukarela. Sreg bagian terakhir berpangkal bab ini, mahasiswa diharapkan berada mnjelaskan mengenai pegertian, proses dan metode sensor.

Bab kedelapan menjelaskan tentang Motivasi. Dalam gerbang ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan pengetian cambuk, teori-teori motivasi dan prinsip-cara pemberian cambuk.

(4)

Ki kesepuluh menjelaskan adapun Tata Menggalas. Apabila dilihat berusul ruang lingkup kegiatannya, maka tata komersial dapat dibagi menjadi 4 ialah mungil, menengah, besar dan jagat rat. Makanya karena itu, diakhir bab ini mahasiswa diharapkan dapat menguraikan konsep pengelolaan komersial secara global.

Bab kesebelas menjelaskan tentang Kepemimpinan. Diharapkan dalam bab ini mahasiswa bisa menjelaskan tentang pengertian kepemimpinan serta hakikat kepemimpinan.

Bab kedua belas menjelaskan tentang Etika Dagang dan Tanggung Jawab Sosial. Privat bab ini diharapkan mahasiswa boleh menjelaskan tentang etika privat berbisnis dan tanggung jawab sosial.

Bab ketiga belas mengklarifikasi tentang Lingkungan Organisasi/Bisnis yakni faktor-faktor eksternal nan mempengaruhi komersial.

Gapura keempat belas menjelaskan tentang Tata Perubahan. Privat pintu ini mahasiswa diharapkan dapat mengklarifikasi mengenai definisi manajemen peralihan, perlunya pertukaran, penyebab pertukaran dan pendirian menstimulir perubahan.

Bab kelima belas menjelaskan tentang Konflik. Dalam gerbang ini mahasiswa diharapkan bisa menjelaskan tentang definisi konflik, penyebab konflik, dan cara memintasi konflik.

Bab keenam belas tentang Sistem Informasi Manajemen. Kerumahtanggaan bab ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan pegertian dan kegunaan dari system mualamat manajemen bagi pengambilan keputusan.

Pintu ketujuh belas dan delapan belas menguraikan mengenai Sistem Pemantauan dan Penilaian Pengelolaan (SPPM) dan Sistem Pengawasan Pengelolaan (SPM). Dalam bab ini diharapkan mahasiswa bisa menjelaskan akan halnya denotasi SPPM dan SPM, kegunaannya serta prosesnya.

Kepada yang terhormat Bapak Prof. Dr. Ir. H. Ambo Tuwo, DEA selaku penyedia penulisan Bahan Ajar Universitas Hasanuddin, yang sudah memberikan saran, koreksi dan dukungan, penulis menyampaikan terima rahmat yang sebesar-besarnya.

(5)

DAFTAR ISI

Jerambah BAB 1. PENDAHULUAN 1 Gerbang 2. Rekaman Perkembangan MANAJEMEN 10 BAB 3. PERENCANAAN 16 Portal 4. Aktivasi 23 Ki 5. PENGARAHAN 38 Pintu 6. PENGKOORDINASIAN 44 BAB 7. PENGAWASAN 50 BAB 8. MOTIVASI 55 BAB 9. KOMUNIKASI 63 Gerbang 10. Pengelolaan Komersial 71 BAB 11. KEPEMIMPINAN 80 Gapura 12. ETIKA BISNIS DAN Bahara JAWAB SOSIAL 88 BAB 13. Lingkungan ORGANISASI /Komersial 95 BAB 14. MANAJEMEN PERUBAHAN 101 Portal 15. KONFLIK 106 Bab 16. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 113 BAB 17. SISTEM PEMANTAUAN DAN PENILAIAN MANAJEMEN 120 BAB 18. SISTEM PENGAWASAN Manajemen 124 DAFTAR PUSTAKA 128

(6)

DAFTAR Diagram

(7)

DAFTAR Tulangtulangan

Pekarangan

Buram 1. Struktur organisasi garis 34

Rang 2. Struktur organisasi fungisonal 35

Buram 3. Organisasi garis dan staf 36

Source: https://123dok.com/document/4yrn4kjz-bahan-ajar-dasar-dasar-manajemen-ketua.html

Posted by: and-make.com