bagaimana teknik penilaian tes angkat badan

Squat

  • Awali persuasi
    squat
    dengan posisi berdiri tegak dan bentang tungkai Beliau selebar pinggul.
  • Turunkan tubuh sepanjang yang Anda bisa dengan mendorong jejak kaki ke bokong, berbarengan lengan verbatim ke depan bikin menjaga keseimbangan.
  • Posisi raga fragmen bawah harus seimbang lantai dan dada dibusungkan.
  • Kembali ke posisi berdiri dan bikin propaganda menaiki-terban semampu yang Anda bisa.

Vertical jump

  • Siapkan ujung jari yang sudah diolesi dengan serbuk kapur, kemudian berdiri tegak erat dinding dan papan rasio dengan tungkai yang rapat.
  • Gotong tangan Anda nan rani di sanding dinding dan tempelkan palagan kapur plong papan skala.
  • Lakukan awalan bagi melompat berdiri dengan menekuk lutut dan kedua lengan Anda diayun ke belakang.
  • Loncatlah setinggi mungkin samping menepuk tiang dengan tangan setakat menghindari alumnus kapur.
  • Hitunglah selisih antara keluaran kapur saat samar muka redup dan sehabis meloncat.

2. Verifikasi taktik resistan dalaman dan alat pernapasan

manfaat lari untuk kesehatan

Konfirmasi ketahanan jantung dan paru-paru juga dikenal sebagai tes stres. Pengujian dilakukan bakal mengukur efektivitas jantung dan paru-paru privat bekerja untuk memasok oksigen dan energi ke awak sepanjang aktivitas fisik.

Berikut ini tes sendi tahan dalaman dan paru-paru yang umum dilakukan.

Validasi lari 2,4 kilometer

Pengujian dilakukan dengan
lari jarak jauh, yakni 2,4 kilometer lakukan orang dewasa dan 1,2 kilometer kerjakan taruna dengan waktu tempuh dihitung berpokok noktah tiba hingga finish. Engkau bisa lari semaksimal mungkin atau menyelingi dengan bepergian santai.

Tes VO2 max

Pengujian dilakukan untuk menunjukkan seberapa banyak tingkat konsumsi oksigen (VO2 max) Anda dengan alat sokong pernapasan saat melakukan latihan intens.

3. Pembenaran kesurutan

latihan kelenturan untuk kebugaran tubuh

Pembuktian kelenturan alias fleksibilitas trik adalah bagian validasi kebugaran jasmani cak bagi menentukan apakah tubuh Ia memiliki ketidaksimbangan postur, ketidakstabilan pergelangan kaki, ataupun rentang gerak lainnya.

Berikut ini latihan nan bisa Kamu lakukan kerjakan
mengukur kelenturan badan.

Tes fleksibilitas bahu (zipper test)

  • Posisi jasmani mencacak dengan kaki terbuka selebar pinggul.
  • Letakkan telapak asisten Anda di belakang leher, sementara telapak tangan kiri di belakang punggung.
  • Usahakan menjangkau kedua telapak tangan sebatas ubah bersentuhan dan hitung selisih jarak antara keduanya.

Tes
sit-and-reach

  • Duduk dengan posisi tungkai lurus dan sedikit melenggong pada ubin, kemudian buatlah garis takat antara kedua kaki di lantai dengan menggunakan selotip atau lakban jati.
  • Secara perlahan bungkukkan badan dengan posisi lengan harfiah ke depan.
  • Letakkan jari sreg garis batas selotip ataupun sejauh yang Engkau mampu, lampau tandai jarak yang berhasil Sira capai.

4. Pembuktian kegesitan

latihan pliometrik

Validasi kegesitan berniat untuk menimbang kemampuan fisik Dia dalam mengubah sisi dengan cepat puas waktu bersirkulasi, tanpa kehilangan keseimbangan. Selain itu, latihan ini boleh kontributif Anda meningkatkan kepantasan, pusat ledak, koordinasi, dan keterampilan olahraga tertentu.

Di pangkal ini latihan yang dapat mengukur kecekatan tubuh Anda.

Tes lari bolak-balik (shuttle run)

Lari bolak-balik atau


shuttle run


adalah bentuk latihan kecepatan dan kelincahan paling dasar. Latihan ini mudah dilakukan dan banyak diterapkan pada atlet bola kaki alias basket. Sira sepan larik bolak-balik dengan jarak 5 meter sebanyak-banyaknya privat satu waktu.

Tes pliometrik

Pliometrik
alias



plyometric


adalah keberagaman latihan jasmani yang mengharuskan Sira nocat dan bergerak aktif bikin meningkatkan refleks pada pergelangan suku. Salah satu les pliometrik yang boleh Anda lakukan merupakan meloncat ke atas boks atau


box

.

5. Verifikasi kecepatan

lari jarak pendek

Sesuai dengan namanya, tes kecepatan bertujuan cak bagi menyukat kecepatan Engkau untuk mengerjakan suatu gerakan kerumahtanggaan waktu singkat. Selain itu, tujuan dari kursus ini juga untuk menentukan akselerasi, kederasan lari maksimum, dan ketahanan kelancaran tersidai berbunga jarak lari.

Tes lari sprint

Verifikasi
lari jarak pendek (sprint)
dapat dilakukan pada jarak nan berlainan-beda mulai 50 meter, 100 meter, 200 meter, hingga 400 meter. Penentuan saringan jarak tergantung puas faktor yang diuji dan relevansi dengan kebutuhan. Dalam tes ini, Anda diharapkan berlari dalam kecepatan penuh berpunca start hingga garis finish.

6. Tes komposisi tubuh

cara menghitung indeks massa tubuh body mass index

Selain kelima pengujian di atas, validasi kebugaran awak sekali lagi dalam dilakukan dengan menakar tata letak tubuh. Validasi komposisi tubuh boleh menggambarkan bermacam rupa komponen penyusun jumlah langka badan Sira, tersurat otot, benak, dan lemak.

Metode yang umum dilakukan, antara lain


body mass index


(BMI),


bioelectrical impedance analysis


(BIA), dan pengukuran lingkar pinggang.

Body mass index
(BMI)

Pengujian


body mass index


(BMI) atau dikenal juga sebagai
indeks massa bodi (IMT)
boleh menunjukkan apakah Anda mempunyai terik badan yang sehat atau tidak sehat. Pengukuran ini bukan menunjukkan seberapa banyak lemak tubuh yang Anda miliki.

Bioelectrical impedance analysis
(BIA)

Tes


bioelectrical impedance analysis


(BIA) dapat mengukur persentase
garis hidup gurih tubuh
dengan mengalirkan aliran listrik ke seluruh raga Dia dan menguji ketahanan atau resistensi. Semakin tinggi tingkat resistensi, semakin banyak lemak awak nan Anda miliki.

Pengukuran lingkar pinggang

Pengukuran ini boleh dijadikan gambaran terhadap enak


visceral


yang ada di seputar rezeki.
Format lingkar pinggang sehat
enggak lebih dari 35 inci (89 centimeter) pada wanita dan 40 dim (102 centimeter) pada pria. Sekiranya ukuran Anda berada di atas itu, maka berisiko tinggi terkena stroke, komplikasi jantung, maupun glikosuria spesies 2.

Intensi melakukan tes kesehatan tubuh

Setidaknya suka-suka tiga tujuan dan manfaat utama yang bisa Anda dapatkan setelah mengerjakan tes kebugaran jasmani, seperti dikutip dari laman


Healthline


.

  • Pertama, Anda dapat mengerjakan tes ini kerjakan seleksi pekerjaan tertentu. Lulus tes kebugaran dapat memastikan Anda kaya melakukan pencahanan tersebut, langsung mengurangi risiko cedera nan mungkin terjadi.
  • Kedua, tes kebugaran jasmani memiliki tujuan pribadi, sebagai untuk menentukan macam latihan dan rancangan penurunan berat jasmani mana yang sesuai dengan kondisi Anda. Pasalnya, Engkau bisa membandingkan hasil pengujian terhadap sosok lain dengan gerombolan usia dan variasi kelamin yang setimpal.
  • Ketiga, Beliau dapat menggunakan hasil pengujian untuk menunjukkan kemungkinan cedera ataupun risiko kesehatan tertentu. Sehingga Engkau boleh mencekit tindakan pencegahan sebelum merasakan gejalanya.

Selain bakal orang dewasa, pengecekan kebugaran badan juga mahajana dilakukan di mileu sekolah yang dikenal sebagai

Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI)
. Melangkaui pembenaran ini, pembimbing dapat mengawasi seberapa afiat dan bugar peserta, serta prospek risiko kesehatan nan dimilikinya.

Dia harus memahami terlebih dahulu berjenis-jenis latihan cak bagi pembenaran kebugaran badan jauh-jauh tahun. Saat hari H, pastikan kondisi tubuh Ia segak, cukup istirahat, dan bikin pemanasan apalagi dulu.

Selalu sediakan air minum buat menghindari raga dehidrasi sesudah melakukan bilang latihan. Pastikan Anda majuh didampingi imbangan atau pengajar agar bisa segera memberikan bantuan pertama apabila terjadi hal yang tidak Kamu inginkan.

Source: https://hellosehat.com/kebugaran/olahraga-lainnya/tes-kebugaran-jasmani/