Bagaimana Hubungan Antarkerangka Dasar Ajaran Islam



3 Sumber Terdepan Petunjuk Islam dan Keterkaitannya


– Seumpama orang Selam, kita wajib mengetahui sumber rahasia dan utama ilham Islam hendaknya kita bukan tersesat. Nan dimaksud dengan

sumber ajaran Selam

adalah segala apa sesuatu nan boleh dijadikan bagaikan dasar, acuan dan pedoman dalam menjalankan syariat Selam. Adapun perigi utama ajaran Selam itu terserah tiga diversifikasi,  yaitu al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad. Berasal beberapa kalangan Ulama, sendang pokok yang dijadikan pegangan utama itu adalah Qur’an dan Hadits (as-Sunnah). Berikut ini akan dibahas satu persatu dan keterkaitan diantara ketiga sumber tersebut.

 3 Perigi Penting Ajaran Selam dan Keterkaitannya

Sumber nubuat Selam yang pertama ialah Al-Qur’anul kariim, nan kemudian hadits atau sunnah rasul dan bungsu diperkuat dengan ijtihad. Berikut penjelasan selengkapnya.

  • Al-Qur’an

Al-Qur’an merupakan pedoman paling penting bagi Umat Islam. Al-Qur’an ini diturunkan bak sumber ajaran Islam yang diwahyukan kepada Nabiyullah Muhamad SAW sebagai mukjizat yang terala sepanjang masa. Al-Qur’an berisikan kumpulan kalamullah (firman Allah), dimana didalamnya termuat pangkal-dasar aqidah, hukum, ibadah, muamalah, kisah-kisah dan laung serta peringatan buat Umat Nabi Muhammad SAW.

Tuhan berfirman dalam Qur’an surat al-An’am ayat 155 dan az-Zumar ayat 55:

Artinya: “Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah hendaknya kamu diberi rahmat“. (QS. al-An’am ayat 155)

Artinya: “Dan ikutilah selawa-baik segala apa yang telah diturunkan kepadamu dari Tuhanmu sebelum cak bertengger aniaya kepadamu dengan tahu-tahu, sedang ia tidak menyadarinya“. (QS. az-Zumar ayat 55)

  • Hadits

Hadits atau as-sunnah merupakan perigi ajaran Islam yang kedua. As-Sunnah yakni kebiasaan yang dilakukan makanya Rasulullah SAW., baik dari segi perkataan (qauliyah), perbuatan (fi’liyah) ataupun ketetapan atau persetujuan Rasulullah terhadap apa yang dilakukan makanya para sahabatnya (taqririyah).

Menurut ulama Salafussholih, As-Sunnah merupakan petunjuk yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dan para sahabatnya, baik tentang ilmu, i’tiqad (keyakinan), mulut maupun perbuatannya.

3 Sumber Utama Ajaran Islam dan Keterkaitannya

As-Sunnah ini berfungsi lakukan memperjelas, menafsirkan isi maupun kas dapur berpangkal ayat-ayat Al-Qur’an dan memperkuat pernyataan ayat-ayat Al-Qur’an serta meluaskan segala sesuatu yang minus jelas (problematis-taksa) maupun bahkan tak suka-suka ketentuannya di dalam Al-Qur’an.

  • Ijtihad

Ijtihad ialah mengerahkan segala kemampuan berpikir secara maksimal lakukan mengasingkan hukum syar’i dari dalil-dalil syara’ yakni al-Qur’an dan al-hadits. Ijtihad dapat dilakukan takdirnya ada suatu masalah yang hukumnya tak terletak di n domestik Al-Qur’an maupun  hadits, maka dapat dilakukan ijtihad dengan memperalat jalan angan-angan cuma setia mengacu lega Al-Qur’an dan al-hadits.

Hal yang boleh diijtihadkan oleh masalah-kelainan yang cak semau didalam al-Qur’an dan hadits yaitu yang belum ditemukan hukumnya secara jelas dan rinci.

Dari ketiga sumber ajaran Islam tersebut, kita bisa mengetahui bagaimana keterkaitannya bersumber ketiga kejadian tersebut. Dimana kursi as-Sunnah ialah bikin mempererat, memperjelas, penafsir isi atau nafkah nan cak semau didalam Al-Qur’an. Segala apa nan terkandung internal Al-Qur’an diperjelas dan dikuatkan dengan polah Nabi (as-sunnah). Sehingga jelas antara Al-Qur’an dan al-sunnah saling berkaitan. Begitupun dengan ijtihad. Barang apa sesuatu (masalah) yang belum dijelaskan secara tegas didalam Al-Qur’an dan Hadits, maka boleh mengacu puas ra’yu ataupun ijtihad para ulama.

Itulah penjelasan ringkas tentang

3 Mata air Utama Wahyu Islam dan Keterkaitannya

, semoga dapat memberikan guna dan proklamasi baru buat yang belum mengerti dan mengetahuinya. Sekian 🙂

Source: https://www.catatanmoeslimah.com/3-sumber-utama-ajaran-islam-dan-keterkaitannya/

Posted by: and-make.com