Aplikasi Open Bo Di Sekitar

Penggodokan Limbah Air Sungai Gajah Wong Yogyakarta Berbasis Umum Menggunakan Aplikasi Teknologi Nano Carbon Dari Bathok Kerambil Terintegrasi Persil Basah Buatan

Authors


  • Asih Melati


    State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga Indonesia

  • Eka Sulistyawati


    State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga Indonesia

  • Ika Nugraheni


    State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga Indonesia

DOI:


https://doi.org/10.14421/jbs.1152

Keywords:


Nano carbon, Lahan basah bikinan, Limbah air bengawan

Abstract

Pencemaran limbah air sungai Gajah Wong Yogyakarta privat taraf memprihatinkan, menengah masyarakat sekitar belum pulang ingatan akan bahaya mileu yang mengintai. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini nan dilaksanakan di perputaran sungai Gajah Wong desa Papringan RT 07 RW 2 Sleman Yogyakarta. Dengan data penekanan awal penanda kualitas air yang meliputi BO, DOD, Ph, Pb, dan adanya ketersedian Patogen Escheria Coli ditemukan dibawah baku mutu standar. Pemanfaatan air sungai Gajah wong untuk keperluan sehari-hari masih sangat banyak ditemui di bantaran sungai ini. Pamrih pecah pelaksanaan pengabdian ini adalah memberikan inovasi baru yang murah untuk pengolahan limbah air batang air dari limbah bathok kelapa yang disintesis menjadi ukuran nano terintegrasi dengan pembuatan lahan basah imitasi sehingga daya kegunaannya lebih efektif. Tanah basah buatas ini juga berfungsi memperindah pengelolaan ii kabupaten dan hasil sampingannya sebagai pakan ternak dan sayuran daun nan boleh dikonsumsi. Upaya ini melibatkan BLH (Tubuh Lingkungan Semangat) Yogyakarta, Komunitas Peduli Gajah Wong (KPGW). Penduduk mahajana selingkung sungai, komunitas studi club mahasiswa Water Forum Kalijogo dan studi Club Fisika Material. Hasil dari pengabdian ini berupa sistem penggarapan limbah permanen yang efektif sehingga diperoleh air sungai yang tidak tercemar dengan eskalasi parameter kualitas air lain pula dibawah halal loklok tapi sesuai dengan baku mutu dan tak bau serta terwujudnya sanitasi sungai dengan demikian berlimpah kondusif program Pemda Yogyakarta.

How to Cite

Melati, A., Sulistyawati, E., & Nugraheni, I. (2017). Pengolahan Limbah Air Bengawan Gajah Wong Yogyakarta Berbasis Awam Menunggangi Aplikasi Teknologi Nano Carbon Dari Bathok Kerambil Terintegrasi Lahan Basah Buatan.
Kronik Bakti Saintek: Buletin Pengabdian Mahajana Bidang Sains Dan Teknologi,
1(2), 47–54. https://doi.org/10.14421/jbs.1152


Source: https://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/jbs/article/view/1152

Posted by: and-make.com