Apa Yang Menyebabkan Anak Belum Siap Belajar Masuk Sekolah Dasar

Jakarta
– Dapat-boleh sekadar jika ayah bunda hendak menjaringkan sang momongan di preschool. Namun, ketika anak asuh belum siap ‘sekolah’ tapi dipaksa, ada dampak negatif yang bisa dirasakan anak.

“Selain rentan kaprikornus mangsa bullying anak siapa malas belajar, dia anggap belajar itu proses yang amat enggak menyejukkan,” kata psikolog anak dan tanggungan Anna Surti Ariani MPsi atau akrab disapa Nina.

Dalam perbincangan dengan
detikHealth, Nina menambahkan, sreg bilang kasus, ketika anak belum siap sekolah saja dipaksa, beliau justru bisa seperti menghindar bersumber kegiatan belajar mengajar misalnya sengaja kabur dari sekolah. Atau lebih lagi, momongan bisa berusaha tidak menaiki kelas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut pengalaman Nina, cak semau kliennya yang mengaku tidak naik kelas saat kelas 1 SD. Saat itu, si klien mengatakan dirinya memang sengaja tidak mendaki kelas karena sebetulnya dia lain demen dengan sekolah itu dan bukan mau bersekolah di situ.

Baca juga:


Begini Awalan Agar Anak Happy di Perian Pertamanya Masuk Sekolah

“Jadi memang orang-bani adam nan seperi itu dapat berusaha nggak naik kelas dan jikalau bisa kamu dikeluarkan dari sekolah,” lanjut Nina.

Saat anak tidak siap sekolah, ditambah dengan hawa nan tidak terlalu ingatan padanya, momongan dapat sibuk sendiri. Sekiranya begitu keadaannya, Nina mengatakan bahwa seyogianya guru mencoba mengegolkan si anak ke kelompok anak asuh yang tidak, supaya si momongan masih bermain sendiri-seorang. Tapi sedikitnya, dengan sedemikian itu momongan bisa mesti ada di internal gerombolan.

Karena, lanjut Nina, seperti mana diketahui pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Sehingga, bersosialisasi pula terdepan dilakukan termaktub di sekolah. Teradat diingat pula bahwa peran keluarga juga penting bakal memberi stimulasi buat tumbuh kembang momongan.

“Jika gurunya membiarkan namun, terus di keluarga lagi stimulasinya kurang oke, dapat jadi anak yang tadinya memang tidak siap, lebih lagi mengalami keterlambatan dan bertunas kembangnya juga bisa kaprikornus lebih buruk,” pungkas pemilik akun twitter @AnnaSurtiNina ini.

Baca juga:


Seberapa Terlazim Ortu Antar Anak asuh di Hari Pertamanya Turut Sekolah?

(rdn/vit)



Source: https://health.detik.com/ibu-dan-anak/d-3254821/begini-dampaknya-jika-anak-belum-siap-tapi-dipaksa-sekolah

Posted by: and-make.com