Apa Saja Yang Dipelajari Dalam Latihan Dasar Kepemimpinan

Pelaksanaan Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Sebagai Media Menciptakan menjadikan Jiwa Kepemimpinan Siswa (Studi Kasus di OSIS SMKN 1 Yogyakarta Periode 2012-2013)

Abstract

Pelaksanaan kegiatan latihan dasar kepemimpinan sebagai wahana kerjakan membentuk nyawa kepemimpinan siswa masih berada di pangkal kualitas tolok. Banyak siswa mengikuti OSIS semata-mata belum memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dan menaksirkan muatan jawab pengurus OSIS dalam menjalankan amanahnya. Sikap kepemimpinan merupakan sebuah proses yang terus menerus dipelajari dalam tahapan menjadi koteng pemimpin.

Tentang intensi dilakukan investigasi ini bagi mengetahui pelaksanaan kegiatan kursus asal kepemimpinan sebagai wahana untuk membentuk jiwa kepemimpinan siswa. Spesies studi ini adalah deskriptif kualitatif, subyek penekanan ini ialah Pembina OSIS, ketua OSIS dan pengurus OSIS SMK N 1 Yogyakarta, sementara itu yang menjadi obyek ialah pelaksanaan kegiatan tutorial dasar kepemimpinan sebagai wahana bikin takhlik jiwa kepemimpinan pesuluh, adapun teknik reklamasi data ialah soal jawab, observasi dan dokumentasi. Metode kajian data dilakukan dengan deskriptif kualitatif secara induktif dengan pangkat kajian data seperti pengumpulan data, reduksi data,display data, penarikan inferensi dan pembenaran data.Â

Berdasarkan hasil amatan data, pelaksanaan kegiatan tutorial dasar kepemimpinan sebagai media untuk membuat jiwa kepemimpinan peserta, disimpulkan bahwa OSIS sangat berperan umpama sarana dan gelanggang dalam berputra siswa yang punya usia kepemimpinan. Ini terbukti dari kegiatan-kegiatan nan dilaksanakan program kerja OSIS sebagai halnya kegiatan pelatihan kepemimpinan, peluasan minat dan bakat petatar, serta menyerahkan pengaruh dalam menumbuhkan karakter dan kepribadian bagi kepengurusan OSIS. Sehingaa hayat kepemimpinan seseorang itu bertunas dengan adanya proses untuk dibentuk, dilatih, dan dibina melangkahi kegiatan OSIS intern melaksanakan acara kerjanya.

Keywords

latihan dasar kepemimpinan; organisasi siswa intra sekolah; jiwa kepemimpinan

References

Gibson, James L, John M. Ivancevich, James H. Donnely. (1996). Organisasi Perilaku, Struktur, Proses. Jakarta: Erlangga

http.//www.takrif tentang organisasi siswa intra sekolah.com) di unduh pada copot 5 april 2013. Palu 11.30 Wib.

http://kus-pratiknyo.blogspot.com/2009/11/ldk-latihan-sumber akar kepemimpinan.html

Kartono, Kartini. (2011). Pemimpin dan Kepemimpinan.. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki.(2003). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Moleong, Lexy. (2002).Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

P. Robbins Stephen. A. Judge Timothy. (2009). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba empat.

Robbins S. (1996). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi, San Diego State University, diterbitkan oleh PT Prenhalinddo, Jakarta.

UU Nomor 20 Tahun 2003; tentang sistem Pendidikan Nasional

Yayat Hayati Djatmiko. (2005). Perilaku Organisasi. Bandung. Alfabeta

DOI: http://dx.doi.org/10.12928/citizenship.v3i2.10675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Copyright (c) 2021 Rina Aprianti, Triwahyuningsih Triwahyuningsih

Our journal indexed by:




Buku harian Citizenship

is published by Pancasila and Civic Education Acara Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

J.Citizenship Counter

Source: http://journal.uad.ac.id/index.php/Citizenship/article/view/10675

Posted by: and-make.com