Apa Dasar Nya Kita Perlu Mempelajari Geografi Sumber Daya

Halo Sobat Zenius! Elo tau gak takdirnya selebaran dan pengelolaan sumber daya alam Indonesia terserah berbagai diversifikasi lho.

Hal ini karena sumber siasat pataka Indonesia yang produktif berpokok berbagai sektor dan tersebar di seluruh penjuru daerah.

Nah, dalam artikel ini gue akan mengajak elo semua buat ceratai di mana saja tebaran dan manajemen sumber daya Indonesia itu.

Sobat Zenius luang nggak, sih, kenapa kita perlu mempelajari perigi trik alam? Yap, mudah-mudahan kita sebagai orang boleh memaklumi pendirian mengelola, menjaga, dan melestarikan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Karena termasuk materi yang penting untuk dipelajari, gue akan mengupas tuntas bukan hanya akan halnya sumber daya pataka Indonesia tapi sekali lagi neko-neko sumber kancing tunggul baik di wilayah perairan maupun daratan, serta mandu ekoefisiensi dan juga prinsip pembangunan berkelanjutan.

Selain karena embaran akan sumber daya pataka itu sendiri berfaedah untuk kita sepadan-sama ketahui, materi ini lagi akan elo temui di alat penglihatan pelajaran Ilmu permukaan bumi kelas 10.

Yuk sekarang gue tiba aja periksa satu per suatu akan halnya materi sumur ki akal alam Indonesia ini.


Pengertian Sumber Muslihat Alam

Ilustrasi sumber daya alam Indonesia (Dok. kerestes/Pixabay)
Ilustrasi perigi ki akal duaja indonesia (Dok. keesstes/Pixabay)

Bentang alam yang suka-suka di tampang mayapada ini memiliki karakteristik yang sangat bermacam rupa, dari segala bentuk bentangan alam di muka mayapada ini, dan salah satu komponennya ialah sumber daya tunggul (SDA).

Kata “sumber daya” sendiri yaitu poin potensi suatu materi dalam usia, nan berarti jika perigi sosi alam berjasa ponten potensi suatu materi internal kehidupan yang berasal dari pan-ji-panji.

Atau dapat didefinisikan pun sebagai skor kekayaan yang terdapat di alam cak bagi memenuhi kebutuhan hidup insan.

Sebelum gue bahas seterusnya mengenai materi sebaran dan pengelolaan sendang muslihat umbul-umbul Indonesia, gue n kepunyaan info berarti nih buat elo semua.

Materi internal Matpel Ilmu permukaan bumi yang suatu menjadi pelecok satu materi nan memadai cinta keluar di UTBK lho.

Kalo elo ingin tau gimana caranya melakukan persiapan menghadapi UTBK SBMPTN yang baik dan benar, Sobat Zenius bisa download aplikasi Zenius bagaikan persiapan UTBK, lho! Sebab, di sana ada banyak fitur dan materi abstrak yang bisa elo gunakan buat belajar UTBK.

Klik banner di radiks ini, ya, kerjakan download aplikasinya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK bagi kejar kampus impian? Persiapin diri elo lampau pembahasan video materi, ribuan contoh tanya, dan koleksi try out di Zenius!

icon download playstore

icon download appstore

download aplikasi zenius app gallery

Keberagaman-macam Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam ataupun SDA sendiri dikelompokkan menjadi berjenis-jenis macam berdasarkan sifat, diversifikasi, dan lagi kegunaannya.

Sumber Sosi Pan-ji-panji (SDA) Berdasarkan Sifat

Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam (SDA) dibagi menjadi:

  1. Sumber Daya Pan-ji-panji nan terbarukan,

Ini berarti sumber daya bisa diperbaharui dan dibudidayakan, sehingga enggak terbatas, contohnya flora dan fauna.

  1. Sumber daya pan-ji-panji nan tidak terbarukan,

Yang berarti mata air daya alam ini enggak bisa diperbaharui, dibentuk lewat lambat, dan suplai terbatas, misalnya minyak manjapada, batu bara, tabun bendera, dan alamat bakar lainnya.

Selain itu, mandu memakai ulang biasanya digunakan kerjakan sumber daya alam yang tidak terbarukan. Sebab, SDA ini terbatas jumlahnya di kalimantang dan hasil penghabisan berusul pemakaian SDA ini masih bisa digunakan juga.

Contohnya adalah pemakaian ulang plastik. Kalo elo tau, plastik itu terbuat berpokok bahan bendera seperti selulosa, batu bara, tabun umbul-umbul, garam dan petro mentah melalui proses polimerisasi atau polikondensasi.

Waktu ini sebagian ki akbar plastik terbuat semenjak bahan bakar sisa purba. Minyak mentah dan tabun bendera dimurnikan bagi diubah menjadi beberapa barang yang berbeda. Termasuk etana dari petro yunior dan propana dari tabun standard.

Nah, bayangin aja kalo plastik gak digunakan pula, mau berapa banyak minyak dan gas alam yang digunain dan akhirnya menjadi sampah?

  1. Sumber daya alam yang selalu tersuguh, bintang sartan perigi daya alam ini akan selalu suka-suka intern hayat, misalnya mega, sinar mentari.

Sumber Rahasia Alam (SDA) Berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan jenisnya, sumber buku alam (SDA) dibagi menjadi:

  1. Sumber anak kunci alam hayati, sumur pokok yang berasal dari makhluk kehidupan contohnya tumbuhan sato dan beraneka ragam mikrob.
  2. Sumber daya alam non hayati, sumber daya alam yang lain semenjak mahluk hidup atau benda tidak spirit contohnya tanah, udara, air, bahan tambang.

Sumber Daya Liwa (SDA) Berdasarkan Kegunaannya

Berdasarkan kegunaannya, sumber daya pataka (SDA) dibagi menjadi:

  1. Sumber taktik alam pelaksana objek formal, yakni benda yang boleh digunakan lakukan menghasilkan ponten gunanya lebih tinggi, misalnya flora dan satwa yang diolah lagi menjadi bahan makanan, dan sebagainya.
  2. Perigi daya kalimantang penghasil energi, yang berhubungan dengan tenaga. contohnya sinar matahari untuk energi turunan, udara buat bernapas, air dan target makdan untuk pembangkit listrik.

Sebaran Mata air Daya Pan-ji-panji (SDA) Perairan

Kita telah mengetahui ada berbagai macam sumber sentral umbul-umbul, yang tersebar di banyak tempat, kini kita kerjakan bahas sumur daya alam Indonesia yang suka-suka di wilayah perairan apalagi dulu.

Seperti nan kita senggang bahwa Indonesia merupakan negara maritim di mana sebagian besarnya adalah laut.

  1. Perikanan, umumnya adanya perikanan ini dipengaruhi oleh suhu, dan pun kedalaman laut. Selain itu Kedalaman laut, ikan banyak berkumpul di laut cangkat.
  2. Kekayaan pesisir, yang berada 12 mil dari garis tepi laut, di mana proses sumber dayanya masih dipengaruhi oleh daratan, contohnya terumbu karang, mangrove.
  3. Padang biarpun, yaitu pohon monokotil yang ada di laut tohor, yang muncul di meres laut tapi dasarnya tertutup laut.
  4. Pariwisata atau Panorama Sani di rantau, hal ini biasanya dikembangkan sebagai pariwisata pesisir atau stereotip dinamakan wisata maritim.
  5. Energi dan pertambangan, kerumahtanggaan hal energi air laut bisa dimanfaatkan umpama pembangkit listrik yaitu penyemangat listrik tenaga gelombang laut (PLTGL), n domestik hal pertambangan, seperti mineral, asap bumi, terletak pada di bawah laut. Seperti patra marcapada dan gas liwa yang terdapat pada endapan cekungan tersier, dan juga menjadi penyelenggara garam.

Serakan Sendang Daya Pataka (SDA) Daratan

Ilustrasi sumber daya alam (Dok. unsplash.com)
Ilustrasi sumber siasat standard (Gudi. unsplash.com)

Kalau tadi yang daerah perairan sekarang kita gantian bahas sumber siasat alam nan tersebar di daratan, meskipun Indonesia didominasi oleh lautan, pamflet sumur taktik bendera (SDA) di daratan kembali gak kalah banyak

  1. Pertanian, Indonesia terkenal dengan negara agraris, kenapa karna karakteristik persil indonesia semupakat cak bagi bidang agraria. Contonya, huma, tegalan, sawah (baik sawah pengairan dan sawah tadah hujan), kebun maupun pertanian pabrik. Selain faktor fisik, faktor teknik kembali mesti diperhatikan kerumahtanggaan persawahan, contohnya rotasi tanaman.
  2. Peternakan, di mana kampanye ternak dibagi menjadi 3 merupakan ternak hewan besar (sapi, kuda, munding), hewan kerdil (wedus, domba), dan unggas (itik, ayam dan tidak-lain). Contohnya di jawa barat banyak peternakan itik, di Sulawesi Selatan banyak peternakan kerbau, dan di nusa tenggara banyak peternakan aswa.
  3. Kehutanan, ibarat negara dengan iklim tropis, dengan curah hujan angin yang tinggi, oleh karena itu Indonesia cocok ditumbuhi hutan hujan tropis, yang berfaedah sebagai paru-paru dunia dan juga ekspor kayu.
  4. Pertambangan, bukan hanya di provinsi perairan, pertambangan pula ada di distrik daratan, contohnya sisa tanaman dan hewan yang mati yang terkubur di kerumahtanggaan tanah sehingga membentuk batuan, dan menghasilkan minyak bumi, batu bara dan enggak-lain.
  5. Pariwisata, Indonesia adv amat gemuk dengan kenampakan tunggul seperti pegunungan, lembah, air terjun, dan lain tak nan dapat dimanfaatkan menjadi ajang pariwisata.
  6. Perikanan Darat, atau boleh disebut juga perikanan air batal ataupun air masin, kebanyakan penangkapannya bisa dilakukan di wai, rawa, waduk, dan lain-lain atau dibudidayakan.

Prinsip Ekoefisiensi

Pengelolaan sumber daya alam Indonesia memakai bermacam ragam keberagaman prinsip. Salah satu keadaan yang terlazim diketahui oleh Sobat Zenius yaitu prinsip ekoefisiensi.

Eksploitasi sumur trik liwa berlandaskan mandu ekoefisien berjasa mengelola perigi daya standard secara efisien.

Prinsip ekoefisiensi, merupakan mandu nan bertujuan menyeimbangkan antara efisiensi ekonomi dengan efisiensi ekologi maupun lingkungan sehingga meminimalisir limbah yang terbuang.

Nah, tebak-kira nih kalo gue punya soal kayak gini: Jelaskan bahwa pemanfaatan SDA harus sesuai dengan prinsip ekoefisiensi!

Kira-kira jawabannya barang apa guys?

Kaprikornus, karena prinsip ekoefisiensi yaitu prinsip yang menekankan mata air daya alam yang diambil itu dapat digunakan secara universal, maka cara yang harus diikuti internal mengurus SDA adalah bak berikut:

  1. Pemanfaatan SDA yang dapat diperbaharui,
  1. Minimalisasi penggunaan bahan biasa,
  2. Mengurangi limbah berbahaya ke lingkungan, serta
  3. Menghasilkan produk yang bisa daur ulang

Selain prinsip ekoefisiensi ini, ada juga prinsip lainya nan akan kita periksa di dasar ini.

Prinsip Pembangunan Membenang

Kita memanfaatkan sumur daya bendera harus didasari oleh pembangunan berkelanjutan. Tujuan dari pembangunan membenang adalah menumbuhkan sendang anak kunci umbul-umbul buat menghidupi mutakhir sonder membahayakan generasi mendatang kerjakan memenuhi kebutuhannya.

Di mana prinsipnya adalah bak berikut:

  1. Equity, pemerataan guna untuk menyeimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan mileu di semangat awam.
  2. Ekonomi, keahlian dan performa pegiat nan perlu ditingkatkan sepatutnya daya saingnya semakin meningkat demi mendapatkan pencahanan yang pas, meningkatkan infrastruktur dasar, serta menerapkan kerjasama ekonomi strategis.
  3. Energi, meminimalisir mata air yang digunakan ataupun memanfaatkannya dengan efektif sehingga limbahnya bisa menyusut
  4. Ekologi, menempatkan pembangunan itu diwilayah nan sesuai dalam aspek ekologis, pembangunan nya juga tidak melebihi pecah produktivitas lingkungan itu sendiri.
  5. Engagement, pentingnya peran dari awam itu sendiri kiranya upaya ini dapat optimal, di mana pemerintah harus berperan perumpamaan fasilitator yang memukul aspirasi umum.

Pembangunan terus-menerus cak bagi tujuannya tercapai memiliki 2 syarat, merupakan pertambahan potensi sda dengan tata yang ramah lingkungan, dan dengan menjamin kesempatan yang bebas dan merata disetiap masyarakat.

Pemanfaatan Mata air Sosi Alam (SDA)

Eksploitasi SDA yang ada di lingkungan bikin pembangunan yang kontinu:

  1. Reklamasi, bertujuan untuk memperluas kapling dengan reka cipta lahan baru. Yang dapat dilakukan dengan berbagai pendirian keseleo satunya dengan pengeringan paya dengan cara menciptakan menjadikan parit air atau tanggul, selain itu mengerjakan perbaikan tanah keluaran lombong, dan juga pengeringan laut.
  2. Peningkatan lahan garapan, tidak semua persil bisa dijadikan pertanian jadi diperlukan kondisi tubuh nan mendukung, seperti ketersedian air dan rawi. Selain itu topografi ataupun relief lagi wajib diperhatian dan pula tingkat kesuburan tanah.
  3. Meningkatkan persediaan pangan, di mana pangan merupakan kebutuhan resep sosok,ialah dengan peningkatan hasil panen maupun sirkulasi hijau, yaitu dengan cara intensifikasi pertanian, diversifikasi, ekstensifikasi pertanaman, rehabilitasi pertanian, dan yang anak bungsu dengan otomatisasi perkebunan.
  4. Ekspansi transportasi, sebagaimana sepeda, pedati yang ditarik binatang , dan juga bendi, namun dengan seiring perkembangan zaman, puas awal abad ke-19, ditemukan mesin uap yang diterapkan puas kereta uap dan terus berkembang hingga ditemukan sasaran bakar buat kendaraan bermotor dan transportasi udara

Biarpun merupakan upaya buat memaksimalkan penggunaan sumber trik duaja (SDA) dan mengurangi adanya limbah, nyatanya mandu pembangunan bersambung-sambung ini menimbulkan bermacam ragam dampak yang tidak namun berdampak positif namun juga dampak negatif.

Dampak Positif

Tingkat keberhasilan berusul suatu pembangunan dibagi menjadi 2 penanda, ialah indikator ekonomi dan indeks sosial.

Indikator Ekonomi,

berkaitan intim dengan faktor finansial peristiwa ini dapat dilihat terbit
:

  1. kenaikan produk nasional bruto (PNB). menunjukkan biji seluruh produk dan jasa nan dihasilkan suatu negara kerumahtanggaan setahun.
  2. Kemudahan transportasi dan komunikasi. Maujud pembangunan urut-urutan, tol, bandara dan tidak-bukan menunjukkan pembangunan dengan peningkatan aksesibilitas, sementara lakukan komunikasi momen ini telpon tidak lagi memakai kabel melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik yang berbentuk Hp.
  3. Konsumsi energi, dalam pembangunan memerlukan banyak energi, termasuk energi listrik yang dihasilkan bahan bakar fosil dan juga batu bara. Semakin meningkatnya konsumsi energi hal ini berarti meningkatnya pembangunan.
  4. Karyawan di sektor pabrik, eskalasi pembangunan pecah segi karyawan dapat dilihat bersumber peningkatan tenaga kerja di industri tersier dan sekunder.

Indikator Sosial
, berkaitan dengan kualitas hidup manusia

  1. Pertambahan melek huruf, berkaitan dengan tingkat pendidikan, yang menunjukkan meningkatnya pembangunan di daerah tersebut.
  2. Kesehatan dan kesentosaan nan dicerminkan dengan angka harapan roh dan lagi poin kematian jabang bayi.  Selain itu kembali dicerminkan dari angka kehilangan gizi, kasus kelaparan dan lain-tak.

Tidak namun itu ada kembali Indikator lainya seperti sebagai berikut:

  1. Eskalasi investasi, dengan adanya peningkatan bangunan akan cak semau eskalasi pendapatan di suatu area.
  2. Potensi wilayah, dengan adanya pembangunan, maka meningkat sekali lagi pengetahuan mengenai potensi dari area mereka seorang.
  3. Mengurangi dependensi dengan negara asing, yaitu mempunyai sektor pabrik yang lebih melimpah, sehingga  bukan lagi mengelepai dengan barang-barang impor bakal memenuhi nyawa publik.

Dampak Negatif

Tidak tetapi dampak berupa, doang pembangunan berkesinambungan ini ajuga menerimakan dampak subversif

  1. Deforestation alias penggundulan hutan, yang disebabkan oleh pembangunan pemukiman, perluasan kapling pertanian, penggunaan alamat bakar kayu, pembalakan maupun pemlontosan liar nan tidak terselesaikan, penambangan membengang.
  2. Penggersangan lahan, disebabkan oleh proses alamiah, kegiatan perkebunan yang terus menerus, jumlah fauna ternak yang meningkat, pendayagunaan teknologi irigasi modern, dan juga vegetasi yang berkurang.
  3. Pencemaran, disebabkan maka itu sampah, pupuk kimia, pembakaran alamat bakar fosil, dan juga bineka limbah yang mencemari tanah, air, dan juga udara. Bakal kian detailnya kalian bisa baca artikel

    polusi lingkungan
    .
  4. Pemanasan global atau


    Global warming

    , yang disebabkan makanya efek apartemen kaca nan menjebak panas nan terjaga di bumi dan menyebabkan temperatur bumi semakin meningkat dan menyebabkan melelehnya es di antiwirawan, untuk lebih jelaskan bisa dibaca di artikel

    peralihan iklim
    .

Terlampau, bagaimana cara kita memaksimalkan kekuatan sumber pusat alam di Indonesia tanpa merusak alam?

Dari penjelasan di atas, kita harus menjaga SDA di perairan dan daratan secara maksimal moga konsisten bertahan dalam jangka waktu nan strata.

Sendang trik alam yang enggak dapat diperbaharui harus diperhatikan lebih karena SDA-nya adv minim dan juga bermacam rupa dampak nan ditimbulkan akibat konsumsi orang terhadap SDA kita.

Oke, demikian penjelasan gue mengenai materi Geografi tebaran dan pengelolaan mata air daya alam Indonesia ini ya guys~

Hendaknya dengan adanya artikel ini jadi perhatian spesial bagi kita semua, ya, dalam menjaga pan-ji-panji Indonesia sambil!

Oh iya, selain materi Geografi, elo juga bisa belajar mata tuntunan lainnya lho bareng Zenius, kayak Ekonomi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah, dll.

Elo bisa gabung ke kemasan Zenius Aktiva Sekolah nan boleh bantu elo #GantiCaraBelajar materi sekolah khusus TA 2022/2023 dengan live bersama Hawa Tutor!

Selain itu, di tahun ajaran yunior ini, elo pun boleh dapet korting hampir 80% lho. Elo bisa langsung pilih jenis paket Zenius Aktiva Sekolah sesuai kebutuhan dengan klik banner di radiks ini ya!

Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia - Materi Geografi Kelas 11 9

Dan buat elo yang masih merasa kurang terkait penjelasan lewat kata sandang, elo bisa banget, kok, belajar sumber daya alam melewati video pengajian pengkajian dari tutor Zenius.

Di sana, elo akan disajikan video pembelajaran yang mudah dimengerti dengan beberapa gapura demi bab. Nggak cuman pembahasan, di sana lagi terserah contoh soal yang boleh elo pelajari.

Terlampau klik banner di bawah ini, semua materi sumber daya alam boleh elo pelajari dengan cara yang menyejukkan.

Sampai sini dulu ya kata sandang edaran dan pengelolaan sendang anak kunci alam Indonesia sampai jumpa di artikel selanjutnya Sobat Zenius! Selamat membiasakan!

sumber daya alam indonesia


Baca pun Artikel Ilmu permukaan bumi Lainnya:


Dinamika Hidrosfer

Dinamika Planet Bumi

Sistem Informasi Geografis

Originally published:
March 18, 2021


Updated by:
Maulana Adieb


dan Sabrina Indah Rhamadanty

Source: https://www.zenius.net/blog/sumber-daya-alam-indonesia

Posted by: and-make.com