Analisiskompetensi Dasar Mata Pelajaran Ips Sd Dari Taksonomi Bloom

Tawadlu’un, Fariha
(2014)
Kajian kompetensi pangkal mata tutorial IPS SD/Mi kurikulum 2013 di lihat dari Taksonomi Bloom.
Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

Abstract

Skripsi ini membincangkan Kompetensi Dasar mata pelajaran IPS SD/Mihun Kurikulum 2013 dilihat berpokok Taksonomi Bloom. Kajian ini dilatarbelakangi oleh transisi kurikulum yang sebelumnya mementingkan pada aspek kognitif, sehingga dalam menyusun Kompetensi Dasar khususnya mapel IPS SD/MI kadang-kadang kurang menuding tiga senyap tujuan pendidikan antara lain: aspek psikologis, afektif dan psikomotor. Penyelidikan ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan yaitu bagaimana Kompetensi Dasar Ain Pelajaran IPS SD/MI Kurikulum 2013 dilihat dari Taksonomi Bloom?
Pendalaman ini tergolong dalam variasi penelitian pustaka (library research), data dikumpulkan dengan studi dokumentasi, seperti mana sendi, catatan, buletin dan sebagainya yang n kepunyaan relevansi dengan tema permasalahan yang diteliti. Teknik analisa data adalah teknik deskriptif dan komparatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Inti (KI) dalam kurikulum 2013 terdiri atas catur Ki yaitu Borek-1 merupakan aspek spiritual, KI-2 merupakan aspek sosial, Bopeng-3 merupakan aspek kognitif dan Burik-4 adalah aspek psikomotor. Keempat aspek tersebut sejalan dengan Taksonomi Bloom yaitu ranah psikologis, mati afektif dan lengang psikomotor. Kurikulum 2013 mata pelajaran IPS mengacu puas Taksonomi Bloom perumpamaan dasar untuk mengaras maksud pendidikan.

Kompetensi Dasar (KD) yang merupakan bani adam semenjak KI ini dalam penyusunannya juga memperhatikan aspek-aspek tersebut. Keempat aspek tersebut menjadi acuan berpunca kompetensi dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa penelaahan secara integratif. Kompetensi yang dikembangkan dengan mencamkan karakteristik peserta ajar, kemampuan tadinya murid didik serta ciri dari suatu netra pelajaran. Kompetensi atau konten yang dikembangkan ini terdiri atas sikap, kecekatan dan pengetahuan. KD mata pelajaran IPS kurikulum 2013 secara keseluruhan telah mencakup ketiga sirep puas Taksonomi Bloom yakni ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Meskipun tiap KD tidak secara serta merta mengandung ketiga lengang tersebut, namun sudah lalu mewakili salah satu dari ranah Taksonomi Bloom.
Ranah afektif dalam Taksonomi Bloom dikembangkan dalam Ki-1 (aspek spiritual) dan KI-2 (aspek sosial) ain cak bimbingan IPS kurikulum 2013. Perumusan kompetensi yang berkenaan dengan sikap spiritual dan sosial dicantumkan lega kompetensi bawah, namun intern proses pengajian pengkajian sikap spiritual dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu petatar jaga membiasakan tentang pesiaran. Lega ranah serebral Taksonomi Bloom, kompetensi kurikulum 2013 dikembangkan pada Burik-3 yakni aspek laporan. Padahal ranah psikomotor dikembangkan sreg Bopeng-4 yaitu aspek keterampilan. Ki-1 dan Burik-2 dalam pencapaiannya melampaui proses pendedahan yang pelaksanaannya terstruktur dengan pendekatan alamiah pendidikan karakter, maka intern formulasi indeks bukan diperlukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Penyuluh: Drs. H. Mustopa, M. Ag.; Dr. H. Abdul Rahman, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Taksonomi Bloom; Kurikulum; Kompetensi dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Guna-guna Tarbiyah dan Keguruan > 86232 – Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User:
Cuaca yadi
Date Deposited: 13 May 2015 09:37
Last Modified: 13 May 2015 09:37
Saudara: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4050

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads per month adv lewat past year

View more statistics

Source: http://eprints.walisongo.ac.id/4050/

Posted by: and-make.com