Analisis Materi Pembelajaran Dasar Desain Grafis

(1)

Kajian KETERKAITAN ANTARA SKL, KI DAN KD Pangkal DESAIN GRAFIS
Alat penglihatan Pelajaran: Asal Desain Grafis

KOMPETENSI INTI 3

(Keterangan)
KOMPETENSI INTI 4(Kelincahan)
REKOMENDASI KIANALISIS DAN

1 2 3

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, kamil, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan latar dan radius kerja Radiks

Desain Grafis pada tingkat teknis, spesifik, detil,

dan kompleks, berkenaan dengan ilmu

pesiaran, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai fragmen berpangkal keluarga, sekolah, bumi kerja, warga masyarakat kebangsaan, regional, dan antarbangsa.

Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, manifesto, dan prosedur kerja yang legal dilakukan serta menyelesaikan kelainan sederhana sesuai dengan bidang dan
radius kerja Pangkal Desain Grafis.

Menampilkan manifestasi di bawah didikan dengan loklok dan total yang terukur sesuai dengan tolok kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mendidik, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, peka, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam senyap komplet

terkait dengan peluasan berpokok yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas singularis di dasar pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir,
menjadikan gerak alami, dalam sepi faktual terkait dengan pengembangan berbunga yang

dipelajarinya di sekolah, serta makmur melaksanakan tugas distingtif di bawah

pengawasan berbarengan.

Ki-3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan; adalah untuk programa pendidikan 3 tahun KI-3 dan Capuk-4 tersebut sesuai menjadi rujukan KD-KD ain tutorial Dasar Desain Grafis puas Kompetensi Kepiawaian Multimedia (3 Tahun)

Keterangan pengisian ruangan sbb:

1. Kompetensi Inti Deklarasi (Gapura-3) bersendikan Capuk-KD alat penglihatan les/silabus 2. Kompetensi Inti Keterampilan (Bab-4) berdasarkan KI-KD mata pelajaran/silabus

3. Amatan: Gapura-3 dan Burik-4 mata pelajaran untuk tingkat programa pendidikan 3 hari / 4 masa (pilih salah satu) dan (sesuai antap /tidak sesuai ranah)

(2)

4 dalam Mata Pelajaran

1 2 3 4 5 6 7

3.1 Mengerti unsur-unsur tata letak kasatmata garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang

4.1. Menurunkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-kilap, tekstur, dan ruang

Tingkat dimensi kognitif yakni
Memahami (C2),

dan unsur-unsur tata letak ialah tulang beragangan pengetahuan
Teladan
Memahami

(C2), sesuai dipasangkan dengan unsur-zarah tata letak (Konseptual)
Menempatka
cakrawala adalah

keterampilan
konkret,

tingkat
Korupsi

(P2),
KD-3 Memahami (C2)
sudah setara dengan manipulasi (P2).

KD-3 dari KD-KD pengetahuan mata
les Radiks Desain Grafis

sudah menunaikan janji Dimensi Kognitif tuntutan Borek-3 yaitu mengerti, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi. Sedangkan Bentuk Pengetahuan pun sudah tercurahkan yaitu konseptual, prosedural, dan metakognitif.

Tingkat taksonomi (KKO) teratas sesuai petisi Ki-3, ada pada KD 3.12 Menganalisis pemberkasan
gambar vektor dan bitmap (raster)
Tuntutan Capuk-4 pada sepi niskala yakni menalar, mengolah, dan menyaji, dan ranah berwujud yaitu mempersepsi, kesiapan, meniru (P1), membiasakan (P2), gerak mahir (P3), dan gerak alami (P4) KD-4 dari KD-KD kelincahan mata
kursus Dasar Desain Grafis

mutakadim memenuhi Tingkat Taksonomi permintaan KI-4 pada ranah konkretyaitu Memilih (P2), Melakukan (P2), Menunggangi (P2), Menunjukan (P3), dan

Mengadaptasi (P4)

Tingkat taksonomi (KKO) tertinggi sesuai tuntutan Borek-4, ada plong KD 4.12 Takhlik desain

penggabungan rajah vektor dan
bitmap (raster).

3.2 Memahami fungsi, dan unsur corak CMYK dan RGB

4.2. Meletakkan plural fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB.

Tingkat dimensi kognitif adalah
Memahami (C2),

dan fungsi, dan elemen rona adalah bentuk pengumuman
Konseptual
Memahami

(C2), sesuai dipasangkan dengan fungsi, dan unsur warna (Konseptual)
Menempatka
n adalah

kesigapan
konkret,

tingkat
Manipulasi

(P2),
KD-3 Mencerna (C2)
sudah ekuivalen dengan korupsi (P2).

3.3 Menerapkan mandu-mandu atak, antara lain : neraca, nada
(rythm), keseimbangan,

kontras, kesatuan
(unity), dan harmoni

dalam pembuatan desain grafis

4.3. Menerapkan prinsip-kaidah atak, antara lain : proporsi,
nada (rythm),

keadilan, kontras, ahadiat
(unity), dan harmoni

intern pembuatan desain ilustratif Tingkat dimensi kognitif adalah
Menerapkan

(C3), dan kaidah-cara tata letak yakni rencana pengetahuan
Prosedural
Menerapkan

(C3), sesuai dipasangkan dengan prinsip-prinsip tata letak (Prosedural)
Menerapkan

merupakan kesigapan
berwujud,

tingkat
Kecurangan

(P2),
KD-3 Menerapkan

(C3) sudah sekelas dengan manipulasi (P2). 3.4 Mengklasifikasi berjenis-jenis format tulangtulangan 4.4. Menempatkan berbagi ukuran tulang beragangan Tingkat ukuran kognitif merupakan
Mengklasifikasi

(C3), dan format gambar adalah bagan pemberitahuan
Konseptual
Mengklasifikasi
(C3), sesuai dipasangkan dengan format tulangtulangan (Arketipe)
Menempatka
n adalah

keterampilan
konkret,

tingkat
Korupsi

(P2), KD-3
Mengklasifikasi (C3)
telah sebanding dengan manipulasi (P2). 3.5 Menerapkan prosesedur
scanning gambar/

ilustrasi/teks dalam desain 4.5. Menerapkan proses
scanning gambar/

ilustrasi/pustaka dengan perkakas scanner intern desain Tingkat matra kognitif merupakan
Menerapkan

(C3), dan prosesedur
Menerapkan

(C3), sesuai dipasangkan dengan prosesedur
Menerapkan

adalah kecekatan
nyata,

tingkat
KD-3 Menerapkan

(C3) sudah setara dengan manipulasi (P2).

(3)

KOMPETENSI Dasar
Pengumuman

(KD berpangkal KI-3)
KOMPETENSI Pangkal
Kesigapan

(KD dari Capuk-4)

Analisis KD-3
RekomendasiKD-3

Analisis KD-4
Rekomendasi KD-4
Rekomendasi KD-KD padaMapel

Tingkat Dimensi Kognitif dan Rangka

Format Pengetahuan Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan Bentuk Keterangan Bentuk Taksonomi dan Tingkat Taksonomi Keselarasan dukungan Taksonomi KD-berasal 3 terhadap KD berbunga

Gapura-4

Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk Butir-butir semua KD-3 dalam Netra Les

Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 dalam Netra Pelajaran

1 2 3 4 5 6 7
scanning gambar/

ilustrasi/bacaan dalam desain adalah bentuk pengetahuan
Prosedural
scanning

gambar/ ilustrasi/bacaan dalam desain (Prosedural)
Kecurangan

(P2), 3.6 Menerapkan peranti lunak pengolah gambar vektor 4.6. Menerapkan perlengkapan kepala dingin pengolah buram vektor Tingkat dimensi serebral adalah
Menerapkan

(C3), dan perangkat lunak pengolah gambar vektor adalah bentuk pengetahuan
Prosedural
Menerapkan

(C3), sesuai dipasangkan dengan perlengkapan sabar pengolah gambar vektor (Prosedural)
Menerapkan

ialah kecekatan
konkret,

tingkat
Manipulasi

(P2),
KD-3 Menerapkan

(C3) sudah setara dengan korupsi (P2). 3.7 Menerapkan tulang beragangan vektor dengan

menggunakan fitur sekuritas

4.7. Melengkapi gambar vektor dengan menggunakan fitur surat berharga Tingkat matra serebral adalah
Menerapkan

(C3), dan gambar vektor dengan menggunakan fitur surat berharga adalah bentuk pemberitaan
Prosedural
Menerapkan

(C3), sesuai dipasangkan dengan lembaga vektor dengan memperalat fitur efek (Prosedural)
Memanipulas
i adalah

keterampilan
maujud,

tingkat
Manipulasi

(P2),
KD-3 Menerapkan

(C3) sudah setara dengan kecurangan (P2). 3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis rencana vektor 4.8. Membentuk desain berbasis gambar vektor Tingkat ukuran serebral yakni
Menerapkan

(C3), dan pembuatan desain berbasis gambar vektor merupakan gambar makrifat
Prosedural
Menerapkan

(C3), sesuai dipasangkan dengan pembuatan desain berbasis gambar vektor (Prosedural)
Takhlik

adalah keterampilan
konkret,

tingkat
Manipulasi

(P2),
KD-3 Menerapkan

(C3) sudah lalu sekelas dengan penggelapan (P2).

(4)

3.9 Menerapkan perabot lunak pengolah lembaga
bitmap (raster)
4.9. Menerapkan alat lunak pengolah buram
bitmap (raster)
Tingkat dimensi kognitif adalah
Menerapkan

(C3), dan organ panjang hati pengolah rangka
bitmap (raster)

merupakan bentuk permakluman
Prosedural
Menerapkan

(C3), sesuai dipasangkan dengan perangkat lunak pengolah rencana
bitmap (raster)

(Prosedural)
Menerapkan

adalah keterampilan
berwujud,

tingkat
Manipulasi

(P2),
KD-3 Menerapkan

(C3) sudah setara dengan korupsi (P2). 3.10Menerapkan manipulasi tulangtulangan raster dengan menggunakan fitur bilyet

4.10. Melengkapi gambar raster dengan menggunakan fitur efek Tingkat dimensi kognitif adalah
Menerapkan

(C3), dan manipulasi rencana raster dengan menggunakan fitur bilyet ialah bentuk pengetahuan
Prosedural
Menerapkan

(C3), sesuai dipasangkan dengan kecurangan gambar raster dengan menggunakan fitur efek (Metakognitif)
Melengkapi

merupakan kelincahan
faktual,

tingkat
Presisi (P3),

KD-3 Menerapkan

(C3) sudah lalu setara dengan Presisi (P3). 3.11Menganalisis pembuatan desain berbasis rang
bitmap (raster)
4.11. Memproduksi desain berbasis rajah
bitmap (raster)
Tingkat dimensi psikologis ialah
Menganalisis

(C4), dan pembuatan desain berbasis gambar
bitmap (raster)

yakni tulang beragangan amanat
Metakognitif
Menganalisis

(C4), sesuai dipasangkan dengan pembuatan desain berbasis gambar bitmap
(raster)

(Metakognitif)
Memproduksi
ialah keterampilan
konkret,

tingkat
Presisi (P3),

KD-3 Menganalisis

(C4) sudah lalu setara dengan Presisi (P3). 3.12Menganalisis penggabungan gambar vektor dan bitmap
(raster)

4.12. Memproduksi desain penggabungan gambar vektor dan
bitmap (raster)
Tingkat dimensi kognitif adalah
Menganalisis

(C4), dan
Menganalisis

(C4), sesuai dipasangkan dengan
Memproduksi
adalah keterampilan
konkret,

KD-3 Menganalisis

(C4) sudah lalu setara dengan Presisi (P3).

(5)

KOMPETENSI Bawah
Maklumat

(KD dari Gerbang-3)
KOMPETENSI Dasar
KETERAMPILAN

(KD dari Borek-4)

Analisis KD-3
RekomendasiKD-3

Kajian KD-4
Rekomendasi KD-4
Rekomendasi KD-KD padaMapel

Tingkat Format Kognitif dan Bentuk

Dimensi Pengumuman Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan Buram Pengetahuan Kerangka Taksonomi dan Tingkat Taksonomi Kehangatan dukungan Taksonomi KD-dari 3 terhadap KD dari

Pintu-4

Ketercapaian Dimensi Psikologis dan Bentuk Pengetahuan semua KD-3 dalam Mata Kursus

Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 intern Indra penglihatan Les

1 2 3 4 5 6 7 pemberkasan buram vektor dan bitmap
(raster) adalah

rang pengetahuan
Metakognitif
penggabungan gambar vektor dan bitmap
(raster)

(Metakognitif) tingkat
Kecermatan (P3),

Keterangan pengisian kolom sbb:

1. Kompetensi Dasar Pengetahuan (KD-3) sesuai mata pelajaran 2. Kompetensi Dasar Ketangkasan (KD-4) sesuai mata les

3. Tentukan tingkat Format Kognitif: memaklumi (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), atau mengevaluasi (C5), dan Lembaga Dimensi Pengetahuan:berupa, Konseptual, prosedural maupun metakognitif

4. Tuliskan rekomendasi tingkat taksonomi (kata kerja operasional) dan amanat (materi) yang sesuai tingkatannya untuk KD yang bersangkutan 5. Tentukan lembaga taksonomi: niskala atau konkret.

dan tingkat taksonomi: (ki menggarap, menalar, menyaji) atau (imitasi, penggelapan, ketepatan, artikulasi, naturalisasi) 6. Tuliskan rekomendasi KD dari Gapura-3 (KKO dg levelnya) yang selaras/ekuivalen cak bagi mendukung pasangannya KD pecah Capuk-4.

7. Tuliskan rekomendasi diantara KD-3 pecah KD-KD pemberitahuan indra penglihatan tuntunan yang harus menjejak tingkat taksonomi (KKO)termulia sesuai Ki-3, dan Tuliskan rekomendasi diantara KD-4 berusul KD-KD keterampilan mata les yang harus mencapai tingkat taksonomi (KKO)tertinggi sesuai Capuk-4 .

Source: https://123dok.com/document/y6pjodgq-analisis-skl-ki-desain-grafis-dasar-rpl-tkj.html

Posted by: and-make.com