Analisis Karakteristik Jenis Penilaian Berdasarkan Obyek Sasaran Target Belajar

Farida, Ida
(2017)
Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional.
Cetakan kedua, 2 (2). PT. Mulai dewasa Rosdakarya, Bandung. ISBN 978-602-446-032-7

Abstract

Riuk satu upaya bikin meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar laksana bagian semenjak peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui sistem penilaian. Dalam proses penilaian proses dan hasil belajar siswa di Madrasah, aspek-aspek yang berkenaan dengan penyortiran jenis organ penilaian yang sesuai dengan sasaran atau target belajar yang diukur sangat berwibawa terhadap kualitas kelulusan.
Internal penulisannya buku ini mengakomodasi Patokan Penilaian puas Permendikbud No:23 Tahun 2016 nan merupakan perbaikan dari Kurikulum Nasional sreg perian 2013 agar sesuai dengan kebutuhan praktis di lapangan. .
Materi nan disajikan dalam pusat ini mencakup : prinsip-pendirian dasar penilaian, jenis-diversifikasi penilaian, obyek penilaian hasil belajar, langkah-langkah penyusunan instrumen penilaian, pengolahan dan analisis data, pemanfaatan informasi hasil penilaian pendedahan bikin meningkatkan kualitas pembelajaran serta mengkomunikasikan/ melaporkan hasil penilaian.
Tujuan mempelajari evaluasi pembelajaran adalah agar mahasiswa boleh mengetahui makna dan kedudukan evaluasi/ penilaian kerumahtanggaan pembelajaran dan mengembangkan kemampuan mengekspresikan perangkat penilaian proses dan hasil belajar peserta sesuai dengan prinsip-kaidah dan prosedur evaluasi serta mengaplikasikannya dalam penelaahan di Madrasah. Kompetensi dasar yang diharapkan bisa dicapai mahasiswa bagaikan berikut :1)Memahami perbedaan konsep dasar penilaian, cara-pendirian penilaian dan menganalisis karakteristik variasi-varietas penilaian hasil membiasakan.2) Mengaplikasikan kognisi mengenai sasaran penilaian proses dan hasil sparing: ukuran proses kognitif taksonomi Bloom revisi kerjakan menganalisis dan menyusun perangkat penilaian tertulis/validasi.3) Mengaplikasikan pemahaman mengenai perkakas penilaian tercatat berbentuk pemeriksaan ulang obyektif dan uraian untuk mengukur hasil belajar petatar.4)Mengaplikasikan pemahaman mengenai keterampilan proses sains (KPS) untuk menyusun perangkat penilaian nan sesuai dengan karakteristik pengajian pengkajian.5) Menyusun perangkat penilaian performa, proses dan komoditas yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran IPA. 6)Mengaplikasikan kognisi tentang macam-keberagaman dan prinsip portofolio privat penyusunan rubrik penilaian portofolio.7) Mengaplikasikan pemahaman mengenai kaidah dan rajah penilaian format afektif: sikap intern penyusunan perangkat penilaian sikap.8) Menganalisis kebenaran, kredibilitas perangkat penilaian dan analisis butiran soal berdasarkan data empirik/hasil uji coba.9)Mematangkan dan menginterpretasikan data hasil penilaian untuk penentuan ketuntasan sparing dan pembaruan kualitas pengajian pengkajian kimia.
Plong setiap kegiatan sparing disajikan kompetensi bawah dan indikator nan menjadi target pencapaian mahasiswa. Materi disajikan secara eksemplar dengan disertai rangkuman, daftar istilah dan sejumlah soal-soal cak bimbingan plong setiap gerbang.

Item Type: Book
Subjects: Adult Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Acara Penajaman Pendidikan Kimia
Depositing User:
Dr Ida Farida
Date Deposited: 04 Aug 2018 03:55
Last Modified: 19 Jan 2021 16:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11631

Actions (login required)

View Item View Item

Source: http://digilib.uinsgd.ac.id/11631/

Posted by: and-make.com