Aliran Agama Islam Berdasarkan Sumber Ajaran Islam

AKURAT.CO,Agama Selam dalam keseleo satu sabda Nabi Muhammad SAW konon akan terpecah menjadi 73 golongan.

Pecah setiap golongan ini kemudian memahami dan menyampaikan Islam sesuai versi mereka masing-masing. Menurut Farid Zainal Effendi, arus dalam Islam mulai muncul ketika perang Siffin (37 H) antara Khalifah Ali kacang Abi Thalib dengan Muawiyah.

Pron bila itu kelompok Ali polong Abi Thalib berperang menyaingi kelompok Muawiyah hingga hal Tahkim menjadi penanda kemenangan pihak Ali bin Abi Thalib. Kekalahan tersebut menjadi pangkal Muawiyah cak bagi mencoket kronologi berbaik dengan pihak Ali bin Abi Thalib. Akan tetapi, inisiatif Muawiyah lakukan akur tersebut mendapat reaksi nan berbeda semenjak golongan Ali bin Abi Thalib. Ada yang menyetujui perdamaian tersebut suka-suka pula nan lain dan berimbas pada perpecahan golongan Ali bin Abi Thalib.

baca juga:
  • Dua Nasehat Prof Quraish Shihab untuk Najwa Shihab, Mencecah Banget!
  • Surah Al-Ma’idah Ayat 81-85, Paradigma dengan Artinya
  • Ustaz Sayuthi Hamdani Jelaskan Keutamaan Al-Qur’an Bakal Umat Islam

Sejak ketika itu, aliran Islam terus kian yang punya pendapat dan pemikiran nan farik-tikai tentang Islam. Apa saja aliran Islam yang memiliki sejarahnya saban tersebut? Simak rangkumannya berikut ini.

1. Khawarij

Sirkuit ini merupakan golongan yang keluar dari angkatan Ali bin Abi Thalib ketika menyikapi perdamaian kejadian Tahkim oleh Muawiyah. Kata Khawarij berasal mulai sejak bahasa Arab yang penting keluar. Perputaran ini camar disebut aliran ekstrem. Sebab mereka menganggap keputusan Ali dan golongannya yang semupakat akur dengan Muawiyah adalah kufur dan halal darahnya.

2. Syiah

Berseberangan dengan Khawarij, aliran Syiah sepikiran dengan Ali bin Abi Thalib. Bahkan, Syiah ini ialah perputaran yang fanatik terhadap Ali bin Abi Thalib. Mereka mempunyai pandangan tentang Selam di antaranya menganggap bahwa Quran nan sekarang mengalami pergantian dan pengurangan. Menurut mereka, Alquran yang asli berada di tangan Al Padri Al Mastur (Syiah Imamiyah).

Terlebih lagi, golongan ini tidak mengerjakan hadis kecuali dari jalur keluarga Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya itu, kelompok ini sekali lagi menghalalkan pertautan mut’ah alias nan sering disebut kawin kontrak.

3. Muktazilah

Aliran lebih lanjut adalah golongan yang dikenal dengan sebutan ‘kaum rasionalis Selam’ karena dalam memahami sesuatu lebih berdasarkan puas akal geladak. Aliran ini berpendapat bahwa orang Islam nan berdosa besar bukan kafir juga tak mukmin, tetapi kreatif di antara keduanya.

Pandangan lain dari Muktazilah adalah cuma mengakui peristiwa Isra Rasulullah SAW, belaka tidak memufakati Laksa’raj Rasul ke langit. Selain itu aliran ini tidak mengakui ikab kubur, tidak beriktikad perhitungan amal setakat tidak percaya akan syafaat Nabi di Hari Kiamat.

4. Murjiah

Murjiah berasal dari kata ‘irja’ yang bermakna menangguhkan. Aliran ini berpandangan bahwa individu berdosa tidak tertulis kafir dan bukan kekal dalam neraka. Mereka nan berpendapat demikian termasuk golongan Murjiah moderat. Sementara itu mereka nan berpendapat bahwa muslim nan percaya puas Allah kemudian menyatakan kekufuran secara oral tidak menjadi kafir sebab iman itu terletak di dalam hati.
Golongan ini termasuk dalam golongan Murjiah ekstrem.

5. Qadariyah

Aliran selanjutnya berpunca dari perkenalan awal ‘qadr’ yang artinya mampu atau berhak. Kelompok Qadariyah berpendapat bahwa manusia n kepunyaan kuasa buat menentukan kronologi hidupnya. Selain itu, distribusi ini berpandangan bahwa segala nan dilakukan manusia karena individu mempunyai kekuatan untuk mengendalikan dirinya sendiri.

6. Jabariyah

Berbanding terbalik dengan Qadariyah, aliran Jabariyah memandang bahwa bani adam enggak mempunyai kebebasan dan kekuatan untuk menentukan karsa dan perbuatannya.

7. Ahlus Sunnah wal Jamaah

Ahlus Sunnah wal Jamaah yakni perputaran yang mengajuk visiun dari Nabi Muhammad SAW serta para sahabatnya. Aliran ini dalam menjalankan kehidupan bertumpu pada Quran, hadis, ijma’ ulama, dan Qiyas.[]

Source: https://akurat.co/pandangan-berbeda-7-aliran-dalam-islam-ada-yang-meragukan-keaslian-alquran

Posted by: and-make.com