Alat Peraga Atau Media Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar

MEDIA DAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN IPA PERTEMUAN 9 Dr. Harlinda Syofyan, S. Si.

Media DAN Instrumen PERAGA DALAM PEMBELAJARAN IPA Perjumpaan 9 Dr. Harlinda Syofyan, S. Si. , M. Pd PENDIDIKAN Suhu SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN Ilmu pendidikan

KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN 1. 2. 3. 4. 5. Menjelaskan media Menjelaskan prinsip media

KEMAMPUAN Akhir YANG DIHARAPKAN 1. 2. 3. 4. 5. Menjelaskan alat angkut Menjelaskan mandu media Mengidentifikasi media bakal pembelajaran IPA di SD Merancang alat peraga pembejaran IPA di SD Memanfaatkan gawai peraga bikin pembelajaran IPA di SD

PENGERTIAN MEDIA • Media adalah Saluran komunikasi, yaitu segala sesuatu yang membawa informasi dari

PENGERTIAN MEDIA • Ki alat adalah Sungai buatan komunikasi, merupakan segala sesuatu yang membawa informasi dari mata air keterangan bakal disampaikan kepada pemeroleh wanti-wanti.

TUJUAN PENGGUNAAN MEDIA 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Meningkatkan kualitas dan efektivitas

Intensi PENGGUNAAN Alat angkut 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran, Memudahkan temperatur privat melaksanakan pembelajaran, Memberikan didikan akan halnya tujuan yang akan dicapai, Menyediakan evaluasi mandiri, Memberi rangsangan kepada guru bikin kreatif, Menyorongkan materi pendedahan, Mendukung pebelajar yang memiliki kekhususan tertentu.

PRINSIP PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA Dalam merencanakan dan menyelenggarakan pembelajaran perlu melakukan hal-hal berikut,

PRINSIP PEMILIHAN DAN Pendayagunaan MEDIA Kerumahtanggaan merencanakan dan menyelenggarakan pendedahan teristiadat melakukan hal-hal berikut, yaitu : § memaklumi karakteristik peserta, menentukan maksud pembelajaran, § menentukan geretak maupun penghubung antara pengetahuan, § keterampilan, dan prilaku murid dengan intensi yang akan dicapai melewati pembelajaran, § menetukan metode dan matra media yang cocok atau tepat, menggunakan alat angkut, § menyertakan siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran, dan § mengerjakan evaluasi dan revisi terhadap pendedahan.

PRINSIP PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA (2) Format media adalah bentuk fisik yang berisi pesan

PRINSIP PEMILIHAN DAN Eksploitasi Alat angkut (2) Format wahana adalah bentuk fisik yang berisi pesan bagi disampaikan atau ditunjukan, misalnya : kasatmata § clip charts, § slide, § audio, § film video, alias komputer multimedia, § nan dapat berkepribadian visual tidak bergerak, § visual berputar, pengenalan-alas kata yang tercetak, § atau kata-kata yang disimpan secara oral.

PRINSIP PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA (3) q Setiap format memiliki kelebihan dan kekurangan; nah

PRINSIP PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN Media (3) q Setiap format memiliki kelebihan dan kekurangan; nah kerjakan memilih format kita harus memperhatikan : 1. Situasi atau setting pembelajaran (misalkan gerombolan kecil, kerubungan ki akbar, atau bani adam) 2. Plastis siswa (seperti kecenderungan perumpamaan pembaca, tak pembaca) 3. Atau sifat dari maksud pembelajaran seperti psikologis, efektif, psikomotor, maupun interpersonal.

PRINSIP PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA (4) q Dalam menyediakan media pembelajaran , guru dapat

PRINSIP Pemilahan DAN Pemakaian MEDIA (4) q Privat meluangkan media penataran , temperatur boleh dihadapkan pada 3 kondisi yaitu : a. Memilih dari bahan wahana nan sesuai bermoral dengan tujuan pembelajaran nan akan dilakukan b. Mengidas semenjak bahan media nan invalid sesuai dengan tuuan sehingga perlu dimodifikasi, atau c. Mereka cipta media baru

MENGGUNAKAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN Untuk menggunakan media pembelajaran seorang guru haruslah memperhatikan : a.

MENGGUNAKAN MEDIA Kerumahtanggaan PEMBELAJARAN Buat menggunakan media penataran koteng hawa haruslah memperhatikan : a. Mengetahui media yang akan digunakan dengan menyajikan dan mengumpulkan warta sebanyak siapa tentang media yang akan digunakan. b. Menyiapkan kendaraan dan mencobanya sebelum digunakan di depan kelas c. Mengatur akomodasi dan lingkungan nan tersapu dengan pengusahaan media, begitu juga kancah duduk, ventilasi, penerangan, suasana dan kondisi inferior d. Menyiapkan pelajar, ibarat dengan menyampaikan garis besar materi pelajaran, latar belakangnya, keuntunganmempelajarinya, atau penggalian terhadap hal-situasi penting e. Menyediakan pengalaman membiasakan bagi siswa.

MENGGUNAKAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN (2) Media pembelajaran antara lain : a. media tidak diproyeksikan

MENGGUNAKAN Wahana DALAM Pendedahan (2) Media pembelajaran antara lain : a. media enggak diproyeksikan b. media diproyeksikan c. Audio d. Wahana gerak e. Komputer jinjing f. Media radio dan televisi

MENGGUNAKAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN (3) 1. Media tidak diproyeksikan a. Objek nyata adalah benda

Menunggangi Media Privat Pendedahan (3) 1. Media tidak diproyeksikan a. Objek nyata adalah benda nan digunakan sebagai radas bantu intern pembelajaran. b. Model representasi benda murni n domestik rajah tiga ukuran c. Mangsa tercetak yakni majalah, alias bahan bacaan lain yang sakti penjelasan dan ilustrasi adapun topik-topik privat penerimaan IPA d. Bahan ilustrasi boleh maujud fotografik dan yang berwatak nonfotografik

MENGGUNAKAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN (4) 2. Media diproyeksikan a. Transparansi untuk memakai alat overhead

MENGGUNAKAN Sarana DALAM PEMBELAJARAN (4) 2. Media diproyeksikan a. Transparansi untuk memakai alat overhead projector b. Slide adalah suatu dimensi kecil transparansi fotografi nan secara tunggal dipasangkan pada alat proyeksi. 3. Audio Alat angkut audio merupakan rekaman dan transmisi suara minor manusia maupun suara lainnya berisi informasi atau penjelasan akan halnya tofik pembelajaran, kerjakan diperdengarkan oleh peserta. media audio bisa berbentuk kaset, rekaman fonograf, compact disk, audio cards. 4. Wahana Gerak Media gerak ialah tulangtulangan kendaraan nan menyajikan topik pembelajaran dalam kerangka narasi dan gambar nan bersirkulasi. Bentuk media gerak ini boleh berupa komidi gambar atau video.

MENGGUNAKAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN (5) 5. Komputer Untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Contoh program praktikum

Menggunakan Sarana DALAM Pendedahan (5) 5. Komputer jinjing Lakukan membantu kegiatan pendedahan. Contoh programa praktikum IPA, pembelahan kerangkeng, petunjuk keselamatan di laboratorium, dan sebagainya. 6. Media Radio dan Televisi • Radio sajian kritik insan maupun suara lainnya weduk pengetahuan atau penjelasan tentang topik pembelajaran nan disampaikan secara bertepatan maupun melangkaui proses perekaman, disiarkan melampaui radio untuk diperdengarkan makanya petatar. • Televisi adalah pendar gambar yang bergerak nan disertai dengan suara manusia atau suara miring lainnya yang relevan dengan tulang beragangan yang disajikan terkait dengan topik oembelajaran yang disampaikan secara langsung atau melalui proses perekaman.

ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN IPA q Alat peraga merupakan sesuatu yang digunakan untuk mengomunikasikan

ALAT PERAGA DALAM Pengajian pengkajian IPA q Alat peraga yaitu sesuatu yang digunakan kerjakan mengomunikasikan materi pembelajaran agar terjadi proses membiasakan. q Suatu teknik untuk menyampaikan pesan sehingga alat peraga sebagai teknologi pembawa informasi maupun pesan pembelajaran. q Komponen sumber sparing di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa kerjakan belajar.

TUJUAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA a. memperjelas informasi atau pesan pembelajaran b. memberi tekanan pada

Maksud Memperalat Perlengkapan PERAGA a. memperjelas informasi atau pesan pembelajaran b. memberi impitan pada episode-bagian yang berjasa c. memberi jenis dalam pengajaran d. memperjelas struktur pencekokan pendoktrinan e. memotivasi pesuluh belajar.

BENTUK ALAT PERAGA a. Buku, koran, majalah (bahan-bahan cetakan) b. Alat-alat audio dan visual

BENTUK Instrumen PERAGA a. Rahasia, koran, majalah (objek-bulan-bulanan gemblengan) b. Perkakas-alat audio dan okuler c. Sumber-sumber umum( monumen, candi dan warisan sejarah lainnya) d. Koleksi benda-benda seperti benda-benda mata uang kuno e. Prilaku guru ketika mengajar yang dicontokan kepada siswa

MENDESAIN ALAT PERAGA IPA DI SD v Mendesain alat peraga IPA di SD meliputi

MENDESAIN Radas PERAGA IPA DI SD v Mendesain perkakas peraga IPA di SD meliputi merancang, memintal dan membuat alat peraga IPA yang sesuai kerjakan mengajarkan suatu konsep, cara dan teori-teori IPA di SD. v Mendesain alat peraga dapat pula berarti menampilkan buram kudus maupun memodifikasi benda steril menjadi sebuah model tertentu. v Sebelum kita membuat alat peraga sederhana apalagi dahulu kita harus menganalisis materi IPA. v Sarana utama berasal menganalisis materi IPA yakni : 1. Terjabarnya tema/materi pokok/taktik bahasan 2. Terpilihna pendekatan dan metode nan efektif dan efisien 3. Terpilihnya alat peraga alias sarana pendedahan yang tepat atau sekata 4. Terjadinya alokasi yang sesuai.

MENDESAIN ALAT PERAGA IPA DI SD (2) v Dalam menganalisis tersebut perlu dikembangkan pertanyaan-pertanyaan

MENDESAIN Perkakas PERAGA IPA DI SD (2) v Internal menganalisis tersebut perlu dikembangkan pertanyaan-cak bertanya bagaikan berikut 1. Metode dan pendekatan seperti segala yang sesuai ? 2. Apakah diperlukan alat peraga ? 3. Bagaimana penyelenggaraan papan bawah bila mengamalkan metode percobaan ? 4. Bagaimana prinsip mendesain gawai peraga ?

MENDESAIN ALAT PERAGA IPA DI SD (3) q Dalam mendesain alat peraga perlu memperhatikan

MENDESAIN Perkakas PERAGA IPA DI SD (3) q Dalam mendesain alat peraga terlazim memperhatikan konsep yang memedomani kegunaan alat atau pendirian kerja alat tersebut. q Ada tiga kelayakan untuk memilih alat peraga yang baik : 1. Kelayakan Praktis a. Pembukaan dan pemahaman temperatur dengan jenis alat peraga b. Kesiapan alat peraga dilingkungan belajar setempat c. Ketersediaan waktu untuk mempersiapkannya d. Ketersedian kendaraan dan kemudahan pendukungnya e. Keluwesan, yaitu: mudah dibawa serta mudah dipergunakan pada waktu kapan digunakan maka dari itu siapa pun.

MENDESAIN ALAT PERAGA IPA DI SD (4) 2. Kelayakan Teknis/ Pedagogis a. Relevan dengan

MENDESAIN Radas PERAGA IPA DI SD (4) 2. Kelayakan Teknis/ Pedagogis a. Relevan dengan harapan penerimaan yang ingin dicapai b. Semok lecut terjadinya proses belajar yang optimal 3. Kelayakan biaya Gawai dan mangsa yang kita butuhkan untuk membuat alat peraga IPA nan sederhana seharusnya boleh diperoleh dari mileu sekitar rumah dan sekolah.

CONTOH ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN IPA v Standar Kompetens i: Mengidentifikasi fungsi organ tubuh

Hipotetis ALAT PERAGA Plong PEMBELAJARAN IPA v Barometer Kompetens i: Mengenali fungsi perkakas tubuh khalayak dan binatang v Kompetensi Asal : Mengidentifikasi khasiat organ pernapasan bani adam v Mata Kursus : IPA v Kelas bawah/Semester : V/I v Jenis peranti peraga yang kami coba untuk adalah ”Acuan Fotosintesis Plong Manusia”. v Tujuan pembuatan alat peraga ini yaitu untuk memafhumi proses pernapasan manusia yang di ajarkan lega Materi pembelajaran tentang Sistem Pernapasan sreg Manusia di papan bawah V semester Suatu.

CONTOH ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN IPA (2) Alat dan bahan yang di butuhkan :

CONTOH Perkakas PERAGA Sreg Penerimaan IPA (2) Alat dan bahan yang di butuhkan : 1. Jambangan jebolan air mineral 2. 2 ( dua ) Cak hisapan plastik tamatan 3. Sumbat dari plastik 4. Korek api 5. Karet bilang-bilang 6. Solasiban / lakban 7. 3 ( tiga ) biji pelir balon cemping

CONTOH ALAT PERAGA

Teoretis Perabot PERAGA

CONTOH ALAT PERAGA

CONTOH Perlengkapan PERAGA

CONTOH ALAT PERAGA

Pola Perangkat PERAGA

UJI KOMPETENSI 1. Apa beda Alat Peraga dan Media? 2. Apa tujuan penggunaannya? 2.

UJI KOMPETENSI 1. Barang apa beda Perabot Peraga dan Wahana? 2. Apa tujuan penggunaannya? 2. Buatlah arketipe Perabot Peraga dan Ki alat nan bisa dipakai kerumahtanggaan pembelajaran IPA (sendirisendiri 3)!

SEMOGA BERMANFAAT

Hendaknya BERMANFAAT

Source: https://slidetodoc.com/media-dan-alat-peraga-dalam-pembelajaran-ipa-pertemuan/

Posted by: and-make.com