alat musik tradisional santu

Daftar Isi

  • Mengenal Perkakas Musik Tradisional Sulawesi Utara
  • 10 Macam Alat Musik Tradisional Sulawesi Lor
    • 1. Santu
    • 2. Yori
    • 3. Salude
    • 4. Kolintang
    • 5. Bansi
    • 6. Anak asuh
    • 7. Oli
    • 8. Tetengkoren
    • 9. Sasesahang
    • 10. Arababu
  • Penutup

Perkakas Musik Sulawesi Utara –
Area Sulawesi Lor lalu kaya dengan seni budaya yang khas sebagaimana tari-tarian. Dansa yang sangat tersohor dan tenar hingga ke tingkat nasional lebih lagi menyeluruh yaitu Tari Poco-poco dan Tari Maengket. Hanya, bukan itu bahasan yang akan kita selidik kali ini, melainkan alat musik tradisional Sulawesi Paksina.

Provinsi dengan ibukota di Manado ini setidaknya memiliki 14 tungkai bangsa nan punya perbendaharaan perangkat irama tradisional yang cukup banyak dan juga berkelas.

Setiap tungkai yang terdapat di Sulawesi Paksina ini punya alat musiknya masing-masing, terserah pula nan mempunyai alat musik nan sama. Namun ki ajek terdapat karakteristik dan kekhasannya tiap-tiap yang dipengaruhi maka dari itu bidang belakang budaya suku tersebut.

Kali ini kita akan membicarakan dan mengenal alat irama tradisional Sulawesi Utara nan ialah salah satu budaya Nusantara. Simak tulisan lengkapnya andai berikut.

Baca juga: Komplet Tarian Adat Tungkai Di Indonesia

Mengenal Perkakas Irama Tradisional Sulawesi Utara

alat musik sulawesi utara
Sendang: shindy2004.blogspot.com

Kebanyakan radas musik tradisional mulai sejak Sulawesi Utara terbuat dari bahan penting alias bulan-bulanan dasar aur.

Buluh merupakan keberagaman bahan yang sepan kuat dan resistan lama sehingga tidak heran ada banyak alat nada Sulawesi Utara yang telah berumur cukup lanjut usia sebatas menjadi memori.

Pada umumnya perlengkapan musik digunakan untuk keperluan seperti pengiring tari, acara adat, dan menjabat pelawat.

Tetapi cak semau juga organ musik yang digunakan sebagai alat komunikasi nan menerimakan informasi akan adanya bahaya atau manifesto lainya nan bertabiat umum.

10 Macam Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara

alat musik sulawesi utara
Sumber: Theartccure

Jika tadi kita telah mengenal sedikit tentang alat musik tradisional Sulawesi Lor, maka masa ini kita akan membahas nya kian detail dan serius bermula segi bahan yang dipakai, ki kenangan dan mandu memainkan perkakas irama tersebut.

Setidaknya ada 10 jenis macam alat musik tradisinoal nan berasal berbunga Provinsi Sulawesi Utara, diantaranya :

1. Santu

Santu
Sendang: Baca Baca

Santu merupakan alat irama tradisional dari Sulawesi Utara dan Tengah. Perabot musik satu ini terbuat dari incaran bambu, rotan, dan kayu yang berbentuk melingkar memulur.

Indra peraba istal yang terdapat puas fisik bambu dibentuk empat dan pada bagian badan dibuat korok yang berfungsi misal resonator.

Santu bisa dimainkan dengan dua kaidah, yaitu dipetik dan dipukul dalam posisi duduk bersila. Tangan kiri menjawat alat lega bagian tengah dengan posisi serong atau ditidurkan di atas paha.

Tangan kanan memetik atau memukul santu dengan menggunakan kayu bulat berukuran katai.

Santu seringkali dimainkan pada momen merayakan makan besar panen para petani alias sekedar bakal memuati waktu senggang bagi para remaja.

2. Yori

Yori
Sendang: Djarum Coklat

Yori merupakan perabot musik yang termasuk kedalam jenis harpa perkataan, memiliki ukuran yang relatif kerdil begitu juga karindik yang ialah alat musik Jawa Barat.

Alat musik tradisional ini terbuat berpunca sasaran bambu, kulit tulang daun enau, dan tali terbit kulit kayu.

Bagian indra perasa-lidah di perdua yori berfungsi sebagai vibrator, rongga mulut sebagai resonator, padahal tali lega perlengkapan tersebut berfungsi umpama pengatur nada.

Yori dimainkan pada saat gerhana bulan ataupun gerhana rawi pada masyarakat bangsa Kulawi.

Yori dimainkan sekedar untuk menghilangkan diri, celaan yang dihasilkanya sekali lagi tak terlalu keras.

3. Salude

Salude
Sumur: Perpek

Salude yakni alat musik nan termasuk kedalam kerubungan idio-kardofon.

Cak kenapa disebut demikian ?

Karena alat musik ini memang dapat dimainkan dengan dua cara, ialah dipukul serta dipetik menggunakan pelepah pucang.

Salude adalah alat musik tradisional yang pas unik karena terbuat bersumber sebuah ruas bambu yang pas besar dan dilubangi puas keseleo suatu sisinya yang berfungsi ibarat resonator. Terwalak dua biji zakar benang tembaga maupun senar yang terbuat berpunca selupat.

4. Kolintang

Kolintang
Mata air: GPS Wisata

Bila kita berbicara tentang alat musik tradisional yang berbunga dari Sulawesi Utara, maka kebanyakan hamba allah akan menegur kolintang nan memadai populer di telinga publik luas. Perabot musik nan bersumber dari daerah Minahasa ini yaitu peranti musik perkusi.

Nama kolintang bersumber dari suara yang dihasilkanya,
tong
(nada tekor),
ting
(nada tinggi) dan
tang
(musik absah) yang disebut
mangemo kumolintang
nan berarti mari kita untuk
kanyon,ting,tang
nan akhirnya berubah menjadi kolintang.

Kolintang dimainkan dengan cara dipukul pada kayu-kayu yang telah disusun menurut tangga nadanya memperalat perlengkapan pukul yang sudah dilapisi bahan nan empuk begitu juga kain ataupun karet.

Kolintang terbuat dari bulan-bulanan tiang lokal nan memadai ringan seperti kayu telur, wenuang, cempaka, waru dan sejenisnya nan mempuyai serat paralel.

5. Bansi

Bansi
Sumber: Youtube

Bansi dalam bahasa Minahasa berarti seruling, yang dimainkan dengan mandu ditiup seperti seruling pada umumnya. Bansi terbuat dari bahan bambu yang mempunyai beberapa terowongan sebagai pengatur nada.

Bansi berfungsi sebagai melodi pada sebuah pertunjukan nada. Suara miring yang dihasilkan oleh alat musik ini tergantung sreg kepiawayan anak bangsawan memainkan jemari tangan dan pendirian meniup yang bermartabat sepatutnya menghasilkan bunyi dan suara merdu yang khas.

6. Momongan

Momongan
Sumber: Blogkulo

Momongan adalah perlengkapan irama tradisional nan menyerupai kemung yang dipukul memperalat kayu atau tongkat.

Begitu juga kemung pada kebanyakan, anak terbuat berasal bahan logam kuningan atau belek.

Puas zaman sangat, organ irama ini dimainkan plong saat program-acara tertentu hanya seperti hiburan rakyat maupun sebagai pengusung seni tradisional Minahasa.

7. Oli

Oli
Sumber: Kabar Papua

Perlengkapan musik tradisional yang semenjak dari Sulawesi Paksina satu ini sudah lalu sangat sukar dan hampir punah.

Perkakas musik yang terbuat berpangkal incaran dasar awi ini bahkan diminta untuk menjadi pelecok satu mata cak bimbingan seni nada lega kurikulum Sulawesi Lor sebagai salah satu langkah perlindungan budaya.

Oli dimainkan dengan cara ditiup dan rongga mulut sebagai resonatornya. Oli juga seringkali dimainkan pada pagelaran musik yang memainkan lima alat irama sambil, yang terdiri dari :

  1. Salude dengan pendirian dipukul
  2. Arababu dengan cara dipetik
  3. Oli dengan cara ditiup
  4. Bansi dengan mandu ditiup
  5. Sasaheng dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan

Sebagai keseleo satu upaya pemerintah bagi melestarikan budaya, oli seringkali tampil dan dimainkan pada upacara budaya perkataan syukur Tulude di area Sangihe yang diadakan rutin setiap tahunnya.

8. Tetengkoren

Tetengkoren
Sumur: Sulut Hebat

Tetengkoren merupakan perabot irama yang cukup sederhana, saja terbuat bersumber buluh yang layak panjang dan memiliki bentuk seperti kentongan. Alat nada ini berfungsi sebagai alat komunkasi antar warga atau masyarakat dan juga sebagai alat penghalau hama di sawah seperti butuh.

Namun sreg zaman sekarang, tetengkoren digunakan dan ditampilkan lega kegiatan besar kenegaraan sebagai halnya menerima tamu. Layaknya Gubernur dan Wailikota Manado detik membuka kegiatan ataupun programa Manado Fiesta beberpa waktu kemarin.

9. Sasesahang

Sasesahang
Sumber: Wikipedia

Sasesahang merupakan peranti musik tradisional yang suntuk tunggal nan terbuat dari ruas bambu nan dipotong dan dibentuk begitu juga perdua burung.

Sasesahang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat yang telah dilapisi oleh karet agar tidak menghasilkan suara miring bergairah.

Irama alias bunyi yang dihasilkan oleh alat musik ini tergantung puas tingkatan pendeknya ujung ruas bambu nan berbentuk paruh burung tersebut. Makara setiap ruas bambu memiliki panjang yang berbeda agar menghasilkan nada yang beraneka ragam.

10. Arababu

Arababu
Sumber: Indonesia Kaya

Di urutan bungsu terdapat organ musik yang disebut arababu. Arababu ialah instrumen musik sejenis rebab namun hanya memiliki satu benang tembaga ataupun senar dan memiiki ukuran relatif lebih kecil dibandingkan dengan rebab.

Arababu terbuat dari setengah bagian tempurung kelapa dan kulit binatang yang berfungsi bak resonator dan bambu sebagai palagan untuk memunculkan telegram atau senar.

Arababu dimainkan dengan pendirian digesek menggunakan alat khusus yang terbuat berusul awi dan dawai yang terbuat dari incaran serat pisang Hote, yang adalah salah satu jenis pohon mauz nan cukup umum di Sulawesi Utara.

Pengunci

Sesudah kita menyimak dan menggosipkan tentang perabot musik tradisional Sulawesi Paksina, semoga kita menjadi lebih peduli pun puas peradaban Indonesia yang semakin runyam dan hampir punah ini karena kepedulian tersebut adalah suatu langkah kecil sebagai keseleo satu upaya bagi melestarikan kultur Nusantara.

Kita juga harus kondusif upaya pemerintah begitu juga mengadakan acara-acara partikular seperti mana festival alat nada tradisional bikin melestarikan budaya Indonesia agar generasi selanjutnya tetap dapat menikmati dan mengerti wariasn nenek moyang mereka.

Bilang tulisan menarik lainnya mengenai perkakas irama, bisa kalian baca yaitu alat irama dari Bali serta alat musik khas Sumatera Barat.

Temukan beragam pilihan
rumah
terlengkap sebagai halnya pada
perumahan Asera Nishi
di daftar peruntungan &

iklankan properti
kamu di Dagang Milik Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu

kantor cabang properti
adil ataupun agen dinas kepunyaan.

Sira juga bisa membiasakan seterusnya adapun Hak di
Property Academy
by Pinhome. Download permohonan Rekan Pinhome melalui

App Store

atau

Google Play Store

sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang menyerahkan kemudahan internal membeli properti. Pinhome – Ampuh komersial sewa properti.

Editor: Daisy

Source: https://www.pinhome.id/blog/alat-musik-sulawesi-utara/