Ajaran Yang Dibawa Rasulullah Berdasarkan Firman Allah Dalam

Kewajiban patuh kepada Rasulullah SAW ditegaskan dalam Quran.

REPUBLIKA.CO.ID,
JAKARTA –  Allah SWT memerintahkan makhluk-Nya agar tetap kepada Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

Padri Syafi’i dalam kitabnya
Ar-Risalah  menjelaskan bahwa hukum yang disampaikan Rasulullah seperti syariat Halikuljabbar, sosok nan menaati Rasulullah setolok dengan menaati Sang pencipta. Imam Syafi’i mengutip  bilang ayat Alquran yang menguatkan kewajiban menaati Rasulullah SAW sebagai inti ramalan agama, di antaranya sebagai berikut:

1. إِنَّ الَّذِينَ يُبَايِعُونَكَ إِنَّمَا يُبَايِعُونَ اللَّهَ يَدُ اللَّهِ فَوْقَ أَيْدِيهِمْ ۚ فَمَنْ نَكَثَ فَإِنَّمَا يَنْكُثُ عَلَىٰ نَفْسِهِ ۖ
وَمَنْ أَوْفَىٰ بِمَا عَاهَدَ عَلَيْهُ اللَّهَ فَسَيُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

“Bahwasanya sosok-orang yang berikrar tunak kepada kamu (Rasulullah) sesungguhnya mereka berjanji tunak kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan mereka, maka barangsiapa yang melanggar janjinya, niscaya akibat sira membentur janji itu akan menimpa dirinya sendiri dan barang kelihatannya menunaikan janji janjinya kepada Allah maka Halikuljabbar akan memberinya pahala yang besar.” (QS Al-Fath ayat 10).

2.
فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُونَ حَتَّىٰ يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakikatnya) lain beriman hingga mereka menjadikan anda hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa lubuk hati mereka sesuatu keberatan terhadap vonis nan kamu berikan, dan mereka mengakuri dengan sebaik-baiknya. (QS An Nisa ayat 65)

3. مَنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ ۖ

“Barangsiapa yang menaati Rasul itu, sepatutnya ada ia sudah menaati Almalik.” (QS An Nisa ayat 80).

Imam Syafi’i menjelaskan, dalam ayat-ayat Quran tersebut Tuhan menjatah tahu manusia bahwa diajaknya mereka kepada Rasulullah yang akan memutuskan perkara di antara mereka.

Itu adalah ajakan kepada hukum Allah, karena yang membelakangkan perkara di antara mereka yaitu Rasulullah. Apabila mereka menerima hukum Rasulullah maka mereka mengakuri hukum Allah.

Allah pun memberitahu mereka bahwa syariat Rasulullah sebagai halnya hukum Allah, karena Halikuljabbar yang menargetkan syariat Rasulullah. Yang mahakuasa membagi tahu bahwa Halikuljabbar melindungi Rasulullah dan memberinya taufik, hidayah, dan kepatuhan terhadap perintah-Nya.

Almalik menetapkan kewajiban kepada makhluk-Nya untuk setia kepada Utusan tuhan-Nya. Kemudian memberitahu makhluk-Nya bahwa taat kepada Rasulullah berarti setia kepada Allah. Sang pencipta kembali memberitahu makhluk-Nya bahwa Allah mewajibkan Utusan tuhan-Nya buat menirukan perintah-Nya.

Source: https://www.republika.co.id/berita/q9z1z8320/3-ayat-alquran-landasan-mengapa-kita-wajib-taat-rasulullah

Posted by: and-make.com