Ajaran Dasar Manusia Itu Baik

Ramalan Utama Konghucu

Ajaran Konfusianisme atau Konghucu yang berfaedah agama mulai sejak orang-orang yang lembut hati, terbimbing dan berpendidikan luhur. Temukan nubuat penting Konghucu, keyakinan dan wahi Konfusianisme.

Ajaran falsafah ini diasaskan oleh Konghucu yang dilahirkan plong tahun 551 SM Chiang Tsai yang saat itu berusia 17 tahun. Seorang yang bijak sejak masih kerdil dan terkenal dengan penyebaran ilmu-ilmu baru ketika berusia 32 waktu, Kong Hu Cu banyak menulis buku-muslihat moral, sejarah, kesusasteraan dan falsafah yang banyak diikuti oleh penganut wangsit ini. Ia meninggal dunia puas waktu 479 SM.

Khonghucu memang bukanlah pencipta agama ini melainkan beliau menepati agama nan telah cak semau jauh sebelum kelahirannya seperti segala yang beliau sabdakan: “Aku bukanlah pencipta melainkan Aku suka akan petunjuk-ajaran kuno tersebut”.


Wahi Utama Konghucu – 5 Aturan Kekekalan / Luhur (Wu Chang)

Wu Chang yakni Lima Resan Mulia Nubuat Agama Khonghucu ( 儒 教 – Ru Jiao). Ini adalah hasil rumusan Dong Zhong Shu (董 仲 舒) seorang tokoh Agama Khonghucu di awal dinasti Han (漢) 206 BC – 220 AD. yang mengacu pada Empat Semen Kebajikan yang bersemi intern hati nurani, yakni Ren Yi Li Zhi (仁 義 禮 智).

Ditambah dengan sikap berpengharapan & percaya akan kebenaran itu serta Konsekuen & Dapat Dipercaya (信 – Xin) dalam pengamalannya sehingga menjadi Panca Amal, pedoman kehidupan khalayak.

Xin/Bisa di percaya merupakan sifat yang harus di kembangkan lebih-lebih terlampau baru empat sifat yang lain dapat berkembang.
Tanpa sifat Xin / Boleh di percaya ini ada, empat sifat yang tak jadi tidak berfaedah.

1. Ren – Cinta Kasih yaitu kebiasaan indah pribadi seseorang terhadap moralitas, cinta kasih, darmabakti, keabsahan, tahu-diri, lumat kesopansantunan, timbang rasa, perikemanusiaan.

Ini merupakan adat manusia yang minimal indah dan luhur.

Dari karakteristik hurufnya, Ren (仁) bisa diartikan:

A. Benih Kemanusiaan (人 / Ren = orang; dan 二 / Er = benih) B. Tatanan relasi antar manusia (人 = basyar; dan 二 = dua) Secara garis besar Ren ( 仁 ) dapat diartikan Kemanusiaan. Bila ditinjau berpokok ajaran Agama Khonghucu (儒 教 – Ru Jiao) yang terkandung dalam Kitab Sucinya Si Shu (四 書) & Wu Jing (五 經) maka boleh diartikan lebih luas sebagai berikut:

– Rasa Berbelas-kasihan

Nan bermakna rasa & hasrat mode kemujaraban menmberi dan menerima belas kasih pelalah antara sesama manusia
(Basis Solidaritas Humanis)

– Cintakasih

Yang merupakan timbang rasa & perasaan minimum dalam pecah diri sosok; Yang suci dan kudrati, ikhlas & setolok n domestik manusiawi
(Hakiki Atas Koneksi Makhluk)

– Kebaikan

Yang patut dan layak ada kerumahtanggaan hubungan antar manusia; ini bisa berarti Tata Dasar Kemanusiaan nan diharapkan juga masin lidah
(Etika Moral).

Dengan demikian penerapan sifat welas asih akan menuntun kita menjaga tabu pertama berusul Lima Pantangan yaitu Jangan Mendabih.

2. Yi – Kebenaran/ Keadilan/ Kewajiban adalah sifat mulia pribadi seseorang dalam kebersamaan serta senantiasa membela legalitas.

Bila Ren sudah ditegakkan, maka  Yi harus menyertai.

Pulang ingatan lambang bunyi Yi (義) terdiri pecah tiga susuk kepribadian, ialah:

( \ / & 王 & 我 ) yang berguna : ( \ / ) = Yin – Yang ; Dan (王 / Wang) = Raja; mencaplok / merenceng Tian Di Ren (天 地 人) Dan (我 / Wo) = saya, pribadi → Jadi Yi (義) dari karakteristik hurufnya dapat diartikan:

A. Paduan yang selaras dalam unsur Yin – Yang; Yang menembus Tri Tunggal; Tian – Di – Ren, yang wajib dijunjung tiap pribadi / saya.

B. Yang harus dijunjung sebagai ‘Kanjeng sultan’ / di ‘Raja’ kan makanya ‘saya’ dengan dan dalam pergerakan ataupun kehangatan Yin – Yang.

Bersumber sini dapat disimpulkan secara garis raksasa Yi (義) dapat diartikan rasa Bagasi Tata krama pangkal anak adam. Bila ditinjau berasal berbagai ayat dalam Kitab Suci Agama khonghucu, pada dasarnya bisa diartikan bertambah lanjut, sbb:

– Rasa Malu dan Tidak Suka

Yang berguna rasa risih untuk ingkar pecah kewajiban akhlak dan enggak bisa mengamini apabila seperti itu, suka-suka panggilan intuisi untuk menjunjung tinggi pelaksanaan (tekad) tidak mau melanggar.

– Keabsahan / Keseimbangan / Kewajiban / Mantiki

Pangkal acuan & hukum hubungan antar basyar, kaidah memperhatikan timbal-balik tenggang-rasa, kewajiban akan sesuatu, karena harus & layak. Jalan utama internal menuntut ganti rugi kehidupan.

– Fiil Pekerti nan Bajik

Yang dijunjung dan menjadi jalan hidup di dalam vitalitas manusia privat bermasyakat dengan sesama (Syariat / Aturan Hidup).
Sifat kedua yaitu Yi / Kebenaran / Jiwa Satria berkembang maka pantangan kedua adalah jangan mencuri akan dapat di jaga.

3. Li – Kesusilaan/ Kepantasan ialah sifat mulia pribadi seseorang yang bersusila, bermartabat santun, tata krama, dan budi pekerti.

Mulanya Li semata-mata dikaitkan dengan perilaku yang benara dalam ritual keagamaan, tetapi lebih lanjut diperluas hingga ke aturan-istiadat dan adat istiadat intern masyarakat.

Lambang bunyi Li (禮) terdiri berasal 2 bangun huruf jadi, yakni: (礻& 豊). Huruf Shi ( 礻), menunjukkan hal yang berkenaan dengan peribadahan, doa & maksud serta hal yang berhubungan / bersifat spiritual, maka huruf yang mengandung tajam ‘Shi’ boleh disiratkan atau disimpulkan pasti berkaitan dengan apa yang tersebut diatas. Abc Li (豊), perangkat, alat angkut, struktur, bagi peringkat, upacara, tatanan. Terdiri semenjak huruf 曲 – Qu (alunan – lagu) & 豆 – Dou (kacang-murahan) Dengan demikian secara garis lautan dapat dikatakan Li (禮) mempunyai arti:

Tatanan Peribadahan melingkupi penggenapan Otomatis Kemanusiaan n domestik seluruh aspek kehidupan andai insan Almalik. Hal ini dapat dilihat:

Aturan dari Tuhan yang mengatak kombinasi antara hamba allah lakukan ganti meluhurkan, dengan memperhatikan peringkat dan tatanan yang mengindahkan.

Sarana struktur dalam formalitas, yang mengandung formalitas, yang bersambung denganNya (Transenden), baik privat rajah formal ataupun dalam rancangan permintaan Ritual Semangat & Tingkah laku bani adam sehari-hari.
Dari Kitab Zakiah Agama Khonghucu dapat diperluas, dipertegas ibarat sikap dasar, sbb:

– Sifat bawaan Hormat dan Memeka

Suatu rasa bakal melepaskan dalam bertingkah-laku dengan mengacu pada tatanan peringkat guna menciptakan menjadikan hubungan yang ‘indah’ & patokan asal n domestik berbuat dengan tidak melanggar FirmanNya.

– Budi pekerti

Aturan Umur / Tata-krama / Ter-hormat-santun yang menjadi teks kelayakan / kederasan / kepatutan sebagai mahluk sosial, saling menghormati & taat sreg norma hidup insan modern, membina- diri dalam perenggan-sempadan kesusilaan kerumahtanggaan menikmati resep rasa romantika hidup rangkaian antar insan, inilah peradaban / budaya manusia.

– Upacara

Panggilan suci untuk bersembahyang kehadirat Tuhan, wahana (liwa), dan kakek moyang. Ritual & liturgi upacara ; mewujudkan iman taqwa dalam seluruh bentuk dan bagian jiwa sehari-hari. Disini mencakup peribadahan & ibadah kepada supra-natural. Didalamnya tersembunyi mirakel makna semangat makhluk ‘sebelum & setelah’
(先 天 – Xian Tian & 後 天 – Hou Tian)

Aturan ketiga Li / sopan santun menuntun pada menjaga budi pekerti , dengan demikan pantangan ketiga: Jangan mengamalkan Zina dapat di pertahankan.

4. Zhi – Bijaksana merupakan sifat mulia pribadi seseorang yang arif bijaksana dan penuh pengertian.

Kong Hu Cu merangkaikan munculnya kebijaksanaan seseorang dengan caruk kepala dingin dalam mengambil tindakan, penuh persiapan, melihat jauh ke depan, serta memerinci segala kemungkinan yang akan terjadi.

Huruf Zhi (智) terdiri berpunca tiga gugus huruf (矢 & 口 & 日)

Yang n domestik kerangka final masing-masing mempunyai fungsi (矢) = Shi, ulah nan tajam, tepat, kena bagai anak sorot dan meluncur jitu merentang sasa ran;
(口) = Kou, perkataan, perbuatan; dan (日) = Ri, hari-hari, sehari-perian, selalu. Adapun Fonem ( 矢 ) Shi, itu sendiri terdiri atas dua mencolok ( 人 & 大 ) Ren, Manusia & Da, Besar.

Pada dasarnya Zhi (智) bisa ditegaskan sebagai Maklumat / Pengertian akan ‘Hipotetis Bersusila’ konsep Tuhan akan alam segenap & barang apa, yang berarti; mempunyai implikasi luas mencaplok seluruh paradigma laku manusia dan norma sosial serta akan kebijaksanaan ikhlas. Lebih jauh marilah kita simak:

Ulah Orang Besar yang begitu tajam, tepat, kena, selaras dengan kebenaran pola-Nya. Dan itu memancar n domestik umur sehari-hari dan selalu ditingkatkan agar mencecah puncaknya. Demikian perbuatannya, demikian perkataannya senantiasa mengacu lega sparing bagi luang dan berlatih agar mengerti, berburu kebenaran lugu, untuk mencapai kebijaksanaan tertinggi dengan tanpa satu haripun meninggalkannya
Perwujudan tingkah harmonis dengan Firman Allah, yang menjadikan perbuatan dan pembicaraan dalam sehari-hari tepat & kena, sehingga membentuk turunan moralistis
Dari ayat Kitab Ikhlas agama Khonghucu dapat dijabarkan secara pokok, sbb:

– Rasa Hati Menyungguhkan dan Menyalahkan

Rasa hati kecil untuk membebaskan nan benar dan yang salah, lakukan kemudian Menjabat yang sopan, berpokok sinilah kebijaksanaan berawal, dan ini mencakup sikap: Agamis, Filosofis, Maklumat.

– Kebijaksanaan

Dorongan hati belajar dan belajar kerjakan mencapai keabsahan hakiki, dalam nasib agama & mayapada ilmu, mencakup: Jalan Steril Tuhan & Hukum Allah nan tertuang kerumahtanggaan arketipe kaji & konsep fikir terpadu antara wara-wara dan perbuatan, yang menjadi Maha Arti-Nya.

– Kearifan & Kepandaian

Suatu pelepas khalayak berbarengan dengan (天 地 人 – Tian Di Ren); Dalam harmonis daya hayat rohani-badan; menyelaraskan hidup dalam Jalan Asli dan menggenapi Syariat Tuhan atas sepenuh ; Demikian hamba allah dan perintah-Nya atas manusia yang dicari dalam agama & ilmu.

Hamba allah yangmemiliki Zhi / kearifan tahu mana nan baik , mana yang enggak, mana yang bisa dikatakan , mana yang enggak boleh diucapkan, sehingga sifat zhi / kearifan berkembang , maka pasti dapat menjaga pemali keempat yaitu Jangan Bersuara Bohong.

5. Xin – Dapat dipercaya yaitu kebiasaan pribadi seseorang yang cinta percaya diri, boleh dipercaya orang enggak, dan senantiasa menetapti janji.

Huruf Xin (信) terdiri bersumber dua bagian, yaitu (人 & 言) yang mengandung zarah Huruf (人 – Ren), Hamba allah & Leter (言 – Yan), polah dan ucapan. Dengan demikian Xin (信) dapat diartikan:

Perbuatan & Ucapan manusia hendaknya tidak melupakan dirinya yang ‘manusia’; harkat – hakekat kemanusiaannya nan difirmankanNya, menjadi Watak Steril Basyar, yang menjadi Karunia sekaligus Barang bawaan manusia dalam hidupnya di dunia, adalah
sperma: Ren, Yi, Li, Zhi (仁 義 禮 智)
Menjadi manusia nan percaya aka kebanaran hal tersebut diatas, dan dapat dipercaya internal pengamalannya. Intern kehidupannya pun selalu punya sikap percaya dan bisa dipercaya kerumahtanggaan berbagai konteks kontak baik dalam laris maupun kata. Demikian bertaruk suatu keyakinan dan sikap tabah & tahan uji coba, kemantapan buat bukan mengesalkan dan kehendak menepati serta menggenapi, tidak berpura-jala-jala, kepalsuan dan semu intern menjalankan amal.
Dari ayat suci Agama Khonghucu, dapat dirumuskan, sbb:

– Berlaku Kredibel terhadap diri-sendiri

Rasa untuk konsekuen bertanggung-jawab kepada diri-sendiri akan Watak Sejatinya, predikat dirinya, perbuatan & perkataannya, Satya kepada Firman-Nya.

– Ketulusan Total

Rasa beriktikad akan mandu budi pekerti kebajikan, dan membangun hubungan dengan bani adam atas asal pertautan berkeyakinan dan boleh dipercaya. Kemurnian secara buntar & utuh kerumahtanggaan semangat beragama, juga dalam aspek kehidupan yang tak. Inilah zarah mutlak buat hidup bersama / bermasyarakat.


Ajaran Utama Konghucu (Konfusius / Konfusianisme) - Keyakinan dan Ajaran Konfusianisme
Confucius lahir pada tahun 551 SM di Qufu, Cina. Anda merupakan bulan-bulanan pemujaan secara anumerta, hingga dinobatkan sebagai “Dewa Tertinggi” di Cina. Beberapa kuil didedikasikan untuknya, di kota-kota besar Cina dan di Timur Jauh, dengan model Qufu.
Konfusianisme berdampak kuat pada budaya, psikologi, dan etika insan Tionghoa dan individu lain di negara tetangga, tertera Vietnam. Konfusius dihormati misal “Guru terbit sepuluh ribu generasi”.
Kuil Sastra di Hanoi didirikan pada 1070 makanya para penguasa Ly dengan model ini. Sebuah Akademi Nasional ditambahkan ke Kuil pada tahun 1076. Itu diubah menjadi Perguruan Tangga Kewarganegaraan yang tegar di Hanoi sampai 1807 ketika dipindahkan ke Hue. Sebagian dihancurkan maka itu Perang, Kuil dibangun kembali pada tahun 1954. Sumber foto: Jean-Pierre Dalbéra / Wikimedia Commons


Ajaran Radiks: Tian, Xing, Ren

1. Tian

Tian ialah Maha Pereka cipta duaja semesta. Manusia tidak dapat mencerna hakikat tahir Tian sehingga Engkau dilambangkan dengan ciri-ciri berikut:

Yuan: yang selalu hadir.
Heng: yang selalu berdampak.
Li: yang selalu membawa berkah.
Zhen: nan selalu adil, lain membeda-bedakan.

2. Xing

Xing adalah jati diri manusia, suratan, yakni perwujudan firman Tian (Tian Ming) dalam diri manusia. Xing menambat Tian dengan barang apa ciptaannya. Manusia sulit mengenalixingnya karena tertutup oleh emosi, napsu; maka individu harus dibimbing dengan pedoman etika. Meskipunxing setiap khalayak farik-tikai, tetapi memiliki suatu pertepatan ialahRen (perikemanusiaan).

3. Ren

Ren ataupun perikemanusiaan bisa dibagi menjadi dua bagian, yaituZhong (teguh) danShu (solidaritas).

Zhong yaitu kependekan bersumber istilahzhong yi Tian (lit.loyal kepada Tuhan), yaitu berserah diri,lahir dan batin kepada Yang mahakuasa.
Shu yaitu kependekan terbit istilahshu yi ren (lit.solider kepada sesama manusia atau “cinta kasih nirmala”.
Terdapat dua istilah nan membeningkan kemujarabanShu
lebih lanjut.

Ji shuo bu yi wu shi yi ren, adalah “apa yang diri seorang tiada inginkan, jangan dilakukan terhadap orang lain”. (Lunyu)
Ji yi li er li ren, ji yi da er da ren, adalah “sekiranya mau remang, buatlah orang lain juga tegak; jika cak hendak bertamadun, buatlah orang tidak juga maju”.



8 Pengakuan Iman (Ba Cheng Chen Gui)

Delapan Persaksian Iman (Ba Cheng Chen Gui) dalam agama Khonghucu:

  1. Sepenuh Iman kepada Sang pencipta Yang Maha Esa (Cheng Xin Huang Tian)
  2. Sepenuh Iman menjunjung Kebajikan (Cheng Juen Jie De)
  3. Sepenuh Iman Menegakkan Firman Gemilang (Cheng Li Ming Ming)
  4. Sepenuh Iman Berkeyakinan adanya Semangat dan Kehidupan (Cheng Zhi Gui Shen)
  5. Segenap Iman membaja Cita Berbakti (Cheng Yang Xiao Shi)
  6. Sepenuh Iman mengikuti Genta Rohani Utusan tuhan Kongzi (Cheng Shun Mu Duo)
  7. Segenap Iman meluhurkan Kitab Si Shu dan Wu Jing (Cheng Qin Jing Shu)
  8. Sepenuh Iman menuntut ganti rugi Jalan Suci (Cheng Xing Da Dao)



5 Etika / Norma Kesopanan (Wu Lun)

Lima afiliasi norma etika dalam bermasyarakat adalah tulang beragangan dasar interaksi manusia. Dengan menjalani hayat yang sesuai dengan asas Wu Lun, seseorang akan menikmati keserasian privat kepribadiannya maupun dalam hubungannya dengan masyarakat.

  • Aliansi antara Bimbingan dan Bidak
  • Wasilah antara Suami dan Isteri
  • Hubungan antara Orang tua dan anak asuh
  • Hubungan antara Kakak dan Adik
  • Perikatan antara Kawan dan Sahabat



Delapan Kebajikan (Ba De)

Okta- Amal (Ba De):

  1. Xiao – Laku Bakti; yaitu berbakti kepada orang tua, leluhur, dan master.
  2. Ti – Rendah Hati; yaitu sikap pemberian majuh antar plasenta, yang lebih muda meluhurkan yang sepuh dan yang sepuh membimbing yang akil balig.
  3. Zhong – Tetap; yaitu kesetiaan terhadap pejabat, teman, kerabat, dan negara.
  4. Xin – Dapat Dipercaya
  5. Li – Susila; yaitu sopan santun dan bersusila.
  6. Yi – Bijaksana; ialah berdasar setia lega keabsahan.
  7. Lian – Suci Hati; yaitu resan hidup yang sederhana, bosor makan menjaga keperawanan, dan lain menyeleweng/ berhanyut-hanyut.
  8. Chi – Tahu Malu; yaitu sikap mawas diri dan sipu seandainya menunjang etika dan khuluk pekerti.

Sejemang tentang Agama Konghucu

Agama Konghucu beribadah dimana?

Litang (Ajang dibabarkan nya ayat-ayat dalam kitab Putih Agama Khonghucu).

Kelenteng / Bio / Miao (Tempat Upacara berdoa kepada para Shenming dan Leluhur n domestik Agama Khonghucu).

Kelenteng, 廟 Miao; randu pada umumnya digunakan sebagai sarana tempat bersembahyang/ibadah oleh kebanyakan orang Tionghoa (Buddha, Khonghucu dan Tao) sehingga kadang-kadang kita sulit mengasingkan apakah mereka itu penyanjung agama Buddha Mahayana, Khonghucu atau Tao.

Kitab Suci Agama Khonghucu

Kitab Agama Khonghucu terdiri berpangkal 2 Jenis kitab:

1. Wu Jing (五 經) (Kitab Suci yang Lima), Wu jing biasa disebut juga kitab yang mendasari karena merupakan perigi dari Kitab Sishu.

Kitab ini terdiri mulai sejak:
-Kitab Sanjak Asli 詩經 Shi Jing
-Kitab Dokumen Sejarah 書經 Shu Jing
-Kitab Tanzil Perubahan 易經 Yi Jing
-Kitab Kudus Tata susila 禮經 Li Jing
-Kitab Chun-qiu 春秋經 Chunqiu Jing

2. Si Shu (Kitab Nan Empat), Kitab Si shu biasa disebut juga kitab yang pokok karena weduk pusat – rahasia dari ilham Khonghucu.

Kitab ini terdiri pecah:
-Kitab Tanzil Raksasa – 大學 Da Xue
-Kitab Perdua Sempurna – 中庸 Zhong Yong
-Kitab Sabda Suci – 論語 Lun Yu
-Kitab Mengzi – 孟子 Meng Zi
Kitab Sishu dalam bentuk digital bisa didownload >[DISINI]<
Note:
-Zaman dulu, dalam mengaji kitab steril, ada lantunannya (bukan datar saja), ini cuma telah termasuk Nian Jing (Liamkeng : Hokkian). Intern buku SGSK ada contoh Liamkeng, adalah renxin Wei Wei.
-Makara Kitab Agama Khonghucu bukan Sutta dan alkitab.

Baca juga ?Kitab Tahir Agama Konghucu : Lima Klasik (Wu Jing) dan Empat Kitab (Sang Shu)

Waktu raya Agama Khonghucu

1 bulan I (Zheng Yue) – Periode Baru Imlek/Kongzili/Yinli/Xin Zheng
4 bulan I – Menyambut turunya malaikat perapian (Chao Chun).
8/9 bulan I – Jing Tian Gong (Sembahyang Lautan kepada Tuhan YME)
15 rembulan I – Shang Yuan/Yuan Xiao atau Tera Go Me
18 bulan II (Erl Yue) – Periode Wafat Nabi Kongzi (Zhi Sheng Ji Zhen)
5 April – Hari Sadranan (Qing Ming)
5 bulan V (Wu Yue) – Duan Yang/Duan Wu/Bai Chun [maknanya] 29 wulan VII – Sembahyang Roh Umum.
15 bulan VII (Ji Yue) – Jing He Ping/Jing Hao Peng
15 bulan VIII (Ba Yue) – Zhong Qiu (Sembahyang Purnama Raya)
27 bulan VIII (Ba Yue) – Zhi Sheng Dan (Hari Lahir Nabi Kongzi)
15 rembulan X – Xia Yuan.
22 Desember – Dong Zhi (Hari Genta Rohani)
24 bulan XII (Shi Erl Yue) – Hari Aliansi &amp; Naiknya malaikat dapur (Chao Chun).

Note:
Kalender Imlek terbukti dibuat oleh Nabi Khongcu (Konfusius). Nabi Khongcu mengambil sumbernya dari penangalan dinasti Xia (2200 SM) yang sudah ditata kembali oleh Nabi Kong Zi.
Tahun Zaman Nabi Khongcu Hari Yunior jatuh 22 Desember.

4 Februari pergantian musim dingin ke hari semi. Jadi imlek tak perayaan musim recup. Runding tanggal 1 imlek, rentang waktunya 15 masa kedepan dan 15 masa kebelakang dari 4 Februari tersebut. Tiap 4 atau 5 tahun sekali ada bulan ke 13, bikin menggenapi agar estimasi tersebut enggak berubah.

Baca juga ?Hari Lautan Konghucu, Perayaan dan Masa Berharga

Simbol Agama Khonghucu

Genta Rohani / Mu Duo.

Bel Rohani / Mu Duo : terbuat dari logam, hanya pemukulnya menunggangi kayu, oleh karena itu dinamakan Mu Duo/Bok Tok, Mu/Bok = artinya kayu. Sedangkan Duo/Tok = artinya bel yang terbuat bermula logam, karena itu lambang bunyi Duo/Tok terdapat unsur logamnya.

Jadi jelas lambang Genta membagi arti : bahwa Nabi Khongcu diutus oleh Tian kerjakan memberitahukan / mengklarifikasi / mengawurkan tentang Firman / perintah Tian , maka di Indonesia berlandaskan kongres lega perian itu menetapkan “GENTA” sebagai lambang buram agama Khonghucu yg ada di Indonesia.


Bacaan Lainnya

  • Kata Bijak Konghucu (Konfusius) nan Terkenal / Famous Confucius Quotes (Indonesia & Inggris)
  • Konfusius (551-479 SM) – Pemikir Tiongkok
  • Ajaran Utama Konghucu (Konfusius / Konfusianisme) – Keagamaan dan Ajaran Konfusianisme
  • Musim Baru Imlek – Tanggal Perayaan, Sejarah dan Praktik Perayaan Masa Baru Imlek di Indonesia
  • Kata Bijak Gandhi – Quotes yang Paling Menginspirasi Sepanjang Musim
  • Tabur Tuai N domestik Alkitab – Ayat Alkitab Mengenai Menabur & Menuai – Apa yang Ia Tabur, Ia Akan Menuainya
  • 20 Ungkapan Pelahap internal Bahasa Latin – Kutipan Frasa Latin Nan Romantis
  • Ungkapan Frasa Bahasa Latin Adagium, Pepatah, Kiasan dan Motto
  • Sifat (perilaku) dapat dirubah. Hanya watak (karakter) enggak dapat. Semupakat ???
  • Cara Mengenal Karakter Orang Dari 5 Tanya Berikut Ini
  • 10 Ciri Bani adam Yang Berbohong – Anda Senggang Bahwa Seseorang Berbohong Detik Sira Menyibuk Ini!
  • Reduplikasi Bahasa Indonesia – Perkenalan awal bahasa Indonesia yang rajin n domestik rajah terulang
  • Kandungan Penambah Tangsi Bakat Sirah – Penguat Sistem Imun
  • Kromosom Anak adam – Bioinformatika Silang Biologi
  • Fungsi, Diversifikasi – Ki aib Sumsum Tulang
  • Palagan Pelancongan Nan Harus Dikunjungi Di Tokyo – Top 10 Obyek Pariwisata Yang Harus Anda Kunjungi
  • Cara Membeli Karcis Pesawat Murah Secara Online Cak bagi Liburan Alias Kulak
  • Tibet Adalah Kawasan Cina – Sejarah Dan Budaya
  • Puncak Gunung Tertinggi Di Marcapada dimana?
  • TOP 10 Gempa Bumi Terdahsyat Di Marcapada
  • Apakah Matahari Berputar Mengelilingi Pada Dirinya Sendiri?
  • Test IPA: Planet Apa Nan Terdekat Dengan Matahari?
  • 10 Kaidah Belajar Berisi, Efektif, Cepat Dan Mudah Di Bangun – Buat Ulangan & Ujian Tentu Sukses!
  • TOP 10 Virus Paling kecil Mematikan Khalayak
  • Apakah Produk Pembalut Wanita Aman?
  • Meteorit Fukang – Di Gurun Gobi
  • Festival Mooncake – Festival Musim Gugur (Festival Kue Rembulan)

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons“Ooo begitu ya…” akan lebih majuh terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Boleh jadi beberapa mau ampuh harus bayar?Tuntutan Ilmu pemberitahuan dan maklumat yang membuat Ia menjadi lebih smart!

  • HP Android
  • HP iOS (Apple)

Sumber bacaan: AngelFire, Confucius





Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”



Quiz
 |Matematika|IPA
 |Geografi & Sejarah|Info Eksklusif|Lainnya
|
Business & Marketing

Source: https://www.pinterpandai.com/ajaran-utama-konghucu-konfusius-konfusianisme-keyakinan-dan-ajaran-konfusianisme/

Posted by: and-make.com